Daftar Rekomendasi RAM DDR3 Terbaik

10 Rekomendasi RAM DDR3 Terbaik (Terbaru 2022)

Dari banyaknya komponen yang harus kamu beli jika ingin merakit PC, RAM menjadi salah satu yang paling penting. Tak selalu mahal, jika budget-mu terbatas, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan RAM jenis DDR3 untuk dibeli.

Harganya tentu lebih murah ketimbang DDR4 dimana kamu bisa membelinya di harga mulai dari 100 ribuan saja. Di pasaran, kamu bisa dengan mudah menemukan RAM DDR3 dari berbagai brand dengan kecepatan, timing, dan latensi yang berbeda-beda.

Daftar Rekomendasi RAM DDR3 Terbaik

Kapasitas yang bisa kamu beli pun beragam, mulai dari 4GB hingga maksimal 8GB, sesuai spesifikasi RAM tipe ini pada umumnya. Bingung mau beli yang mana? Berikut kami rangkum 10 rekomendasi RAM DDR3 terbaik untuk PC maupun laptop yang wajib masuk wishlist-mu!

1. Kingston HyperX Fury 8GB (1600MHz)Kingston HyperX Fury 8GB (1600MHz)

Membeli RAM untuk PC bisa sangat tricky jika kamu masih awam. Salah satu kunci agar tak salah beli adalah dengan memilih produk buatan brand ternama. Seri HyperX Fury besutan Kingston bisa menjadi pertimbanganmu.

Tak hanya memproduksi flashdisk saja, Kingston juga memiliki beberapa line-up RAM untuk PC dengan kualitas yang terjamin. Untuk seri RAM DDR3, Kingston HyperX Fury dipersenjatai kapasitas yang lega, maksimal di 8GB.

Kecepatannya pun sudah mumpuni, 1600MHz dengan Latency CL 11. Ia juga sudah cukup ramah di kantong. Kamu bisa membelinya di harga mulai 300 ribuan saja.

2. V-Gen Resque DDR3 8GB (1600MHz)Daftar Rekomendasi RAM DDR3 Terbaik

Tak kalah terkenal dengan Kingston, RAM tipe DDR3 dengan kapasitas besar 8GB juga bisa kamu dapatkan dengan meminang V-Gen Resque DDR3. V-Gen sendiri merupakan brand yang sudah malang-melintang memproduksi MicroSD dengan berbagai class. Tentu kamu sudah tidak asing, bukan?

Berjalan di kecepatan 1600MHz, V-Gen Resque DDR3 8GB mampu bekerja optimal untuk perangkat komputer berukuran kecil. Voltage 1.5V yang diusungnya membuat produk ini aman untuk digunakan untuk kamu yang sedang merakit PC.

Banderol yang ditawarkan V-Gen juga menarik. Mengingat ia adalah RAM DDR3, kamu bisa meminangnya di harga mulai 300 ribuan saja untuk varian 8GB.

3. Patriot DDR3 8GB (1600MHz)Patriot DDR3 8GB (1600MHz)

Merupakan aksesoris PC buatan Amerika, kualitas dari rekomendasi RAM tipe DDR3 berikutnya ini layak untuk masuk ke dalam keranjangmu. Sama-sama menawarkan kapasitas dan kecepatan yang serupa dengan dua produk sebelumnya, Patriot tampil sedikit lebih pricey.

Di harga 400 ribuan, Patriot DDR3 kapasitas 8GB menjadi produk yang layak pinang. Build-quality yang apik menjadi andalan produk ini.

Dalam paket pembelian kamu akan mendapatkan dual channel RAM yang masing-masing berkapasitas 4GB dengan timing 17.17.17.39.

4. Samsung DDR3 4GB (12800MHz)Daftar Rekomendasi RAM DDR3 Terbaru

Tak hanya untuk PC atau komputer, RAM DDR3 juga bisa diaplikasikan pada perangkat yang lebih kecil alias laptop. Bertipe SODIMM yang memang dikhususkan untuk laptop, Samsung DDR3 4GB adalah salah satu yang paling menarik.

Dengan ukuran yang lebih kecil ketimbang RAM DDR3 khusus PC, kapasitas RAM-nya pun juga mengalami penyusutan. Di harga 100 ribuan, Samsung DDR3 hadir dengan kapasitas 4GB.

Spesifikasi lebih lanjut dari produk ini adalah kecepatan 12800MHz maupun 1600MHz yang dimilikinya. Meski bukan yang tercepat di kelasnya, namun masih tetap optimal untuk menopang kinerja laptop-mu.

5. V-Gen SODIMM Platinum 4GB (1600Mhz)V-Gen SODIMM Platinum 4GB (1600Mhz)

Tak hanya Samsung saja yang menghadirkan RAM DDR3 untuk laptop, namun juga V-Gen. Rekomendasi RAM DDR3 terbaik berikutnya ini pas untuk kamu yang sedang mencari storage tambahan khusus laptop.

Memiliki latensi di CL 11-11-11-28-39, produk ini mampu menunjukkan performa yang apik. Terlebih ia datang dengan kecepatan maksimal khas RAM jenis DDR3, di 1600Mhz.

V-Gen SODIMM Platinum 4GB juga bisa dengan mudah kamu temui di marketplace dalam kondisi baru sehingga kamu masih bisa mendapatkan garansi penuh nantinya. Tertarik? seri RAM besutan V-Gen ini bisa kamu beli mulai dari 200 ribuan saja.

6. KLLISRE DDR3 PC12800 8GB (1600MHz)KLLISRE DDR3 PC12800 8GB (1600MHz)

Mencari RAM tipe DDR3 yang secara khusus disesuaikan dengan prosesor PC yang kamu pakai? Jika PC-mu diotaki oleh chipset besutan AMD, membeli KLLISRE DDR3 PC12800 sangat direkomendasikan. Datang dengan beberapa varian, opsi 8GB layak untuk kamu pilih.

Dibuat khusus untuk board AMD saja, perlu kamu ingat produk ini tidak akan kompatibel dengan board lain seperti Intel.

Kecepatannya sendiri sama seperti produk DDR3 pada umumnya, 1600MHz yang optimal untuk penggunaan harian. Harganya pun kompetitif dimana kamu bisa menemukannya di marketplace dengan harga mulai dari 300 ribuan saja untuk varian 8GB.

7. Imperion HyperZ Flash DDR3 4GB (1600MHz)Daftar Rekomendasi RAM DDR3 Terbaik

Tampil ciamik khususnya untuk para penggemar game, Imperion HyperZ Flash DDR3 4GB menjadi RAM jenis DDR3 yang paling menarik saat ini khususnya jika kamu berencana untuk “menggeber” perfoma PC untuk kebutuhan gaming.

Keunggulan Imperion HyperZ Flash DDR3 4GB ada pada materialnya yang menggunakan heatsink sehingga ia tahan terhadap panas. Produk ini diklaim anti overheating sehingga recommended untuk menjalankan game berat sekalipun.

Di harga mulai 200 ribuan saja, kamu sudah bisa mendapatkan produk yang berkualitas dari Imperion ini. Kecepatan dan latensinya pun mampu bersaing dengan produk serupa di harga yang lebih mahal.

8. ADATA DDR3 4GB (1600MHz)ADATA DDR3 4GB (1600MHz)

ADATA tak hanya menelurkan RAM DDR4 RGB yang kekinian nan memanjakan mata, namun juga seri lebih lawasnya, DDR3 yang masih cukup optimal untuk mempercepat proses olah data pada PC.

Di harga tak sampai 300 ribu, ADATA DDR3 varian kapasitas 4GB dengan kecepatan 1600MHz layak untuk dipinang. Terlebih, brand ini dikenal memiliki build-quality yang apik.

Jika dirasa mahal, kamu masih bisa membeli varian lainnya yang dibanderol lebih murah. Tentu, kapasitas dan kecepatannya tidak sama, ya.

9. G.Skill Ripjaws DDR3 8GB (1600MHz)G.Skill Ripjaws DDR3 8GB (1600MHz)

Banyak direkomendasikan, G.Skill merupakan salah satu produsen RAM terbaik saat ini. Produk RAM berkualitas yang bisa kamu pinang dari brand ini salah satunya adalah seri Ripjaws.

Ripjawas DDR3 hadir dengan beberapa varian yang diklasifikasikan dari besaran kapasitas maupun kecepatannya. Jika kamu mencari yang paling lega dan ngebut, varian 8GB dengan kecepatan 1600MHz wajib masuk ke dalam wishlist-mu.

Mendukung dual channel, dalam paket pembelian kamu akan mendapatkan dua pcs RAM yang masing-masing berkapasitas 4GB.

10. Corsair DDR3 Vengeance Black 8GB (1600MHz)Corsair DDR3 Vengeance Black 8GB (1600MHz)

Berbeda dengan RAM DDR3 lainnya, Corsair membekali seri Vengeance Black dengan balutan desain yang nyentrik. Produk ini merupakan opsi menarik jika kamu mengincar desain yang tak biasa pada sebuah RAM PC.

Dengan warna hitam maskulin, Corsair DDR3 Vengeance Black memiliki timing 9-9-9-24 yang handal untuk pemakaian harian.

Soal harga, Corsair DDR3 Vengeance Black memang terbilang lebih mahal, sebanding dengan apa yang nantinya kamu dapatkan. Di marketplace, RAM satu ini dibanderol mulai 700 ribuan.

Itu dia 10 rekomendasi RAM DDR3 terbaik yang saat ini bisa kamu temukan di marketplace. Jika mengincar performa yang terbaik serta leluasa dari segi penggunaan, pastikan kamu membeli varian yang paling tinggi pada tiap produknya. Membeli varian 8GB dengan kecepatan maksimal 1600Mhz khas RAM DDR3 sangat kami sarankan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments