Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik

10+ Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik (Terbaru 2022)

Penggunaan laptop yang kian meningkat membuat kamu tak jarang mengalami perangkat menjadi lemot. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya akibat ukuran RAM yang sempit.

RAM atau Random Access Memory sendiri memegang peran penting dalam optimalisasi kecepatan sebuah laptop selain dapur pacunya. Agar performa laptop semakin “ngacir”, kamu bisa mempertimbangkan untuk upgrade RAM.

Daftar Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik

Upgrade RAM mengacu kepada menambah kapasitasnya. Di marketplace, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis RAM beserta kapasitasnya yang datang dari macam-macam brand.

Membeli versi DDR4 sangat direkomendasikan jika kamu mengincar space yang besar serta performa cepat. Bingung mana yang harus dipinang? Simak rekomendasi RAM DDR4 terbaik berikut ini sebagai referensimu, ya!

1. V-GEN Tsunami R 16GB (2666MHz)V-GEN Tsunami R 16GB (2666MHz)

Salah satu pertimbangan utama sebelum membeli RAM DDR4 adalah harganya. Buat kamu yang sedang hemat, membeli V-GEN Tsunami (2666MHz) adalah pilihan tepat. Dengan harga 1 jutaan saja, kamu sudah bisa mendapatkan produk yang berkualitas.

V-Gen sendiri merupakan brand lokal yang cukup terkenal. Punya beberapa seri MicroSD, V-Gen juga memproduksi RAM untuk PC. Seri Tsunami R ini adalah salah satu yang terbaik dengan spesifikasi timing 16-18-18-35 yang diusungnya.

Datang dengan kapasitas RAM 16GB, sesuai namanya, produk ini berjalan di kecepatan 2666MHz. Performa yang ditampilkan cukup apik di kelasnya, cocok untuk mendongkrak PC yang dirasa lemot.

2. T-CREATE Classic 16GB (3200MHz)Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik

Motherboard pada komputer kekinian sudah banyak yang mendukung RAM DDR4. Opsi pilihan produknya pun melimpah. Jika ingin menjajal merek baru alih-alih V-Gen, T-CREATE Classic (3200MHz) layak untuk masuk ke dalam keranjangmu.

Keunggulan T-CREATE Classic ada pada kecepatannya, 3200MHz yang mampu berjalan apik pada apapun jenis prosesor yang dipakai, termasuk Intel.

Timing dengan latensi yang cukup loose di 22-22-22-52 membuat produk besutan Teamgroup ini handal untuk penggunaan harian. Pemprosesan data tentu makin cepat berkat sokongan RAM DDR4 1 jutaan ini.

3. GEIL EVO X II RGB 16GB (3600MHz)GEIL EVO X II RGB 16GB (3600MHz)

Kamu menjadikan desain sebagai pertimbangan utama sebelum membeli aksesoris tambahan untuk komputer, tak terkecuali RAM tipe DDR4? Produk berikutnya ini tampil stylish dengan warna-warni RGB yang cocok untuk para gamer.

GEIL EVO X II RGB menjadi RAM DDR4 selanjutnya recommended untuk dipinang, khususnya jika kamu mencari yang mampu menghasilkan perfoma ngebut.

Kecepatan 3600MHz dengan timing 18-22-22-42 yang dimilikinya menjadikan GEIL EVO X II RGB salah satu yang terbaik di harga 1,3 hingga 1,5 jutaan. Tampilan ekstentriknya mampu membuat PC-mu glow up!

4. Adata Spectrix D80 16GB (3200MHz)RAM DDR4 Terbaik Adata Spectrix D80 16GB (3200MHz)

Punya fungsi utama untuk mempercepat proses data, RAM DDR4 terbaik yang kamu temui di pasaran beberapa di antaranya memiliki fitur pendukung. Sebut saja Adata Spectrix D80 yang kali ini tampil ciamik lewat fitur pendingin otomatisnya.

Hadirnya hybrid cooling system pada Adata Spectrix D80 membuat proses olah data tidak akan membuat PC-mu overheating. Terlepas dari itu, ia juga cepat, di kecepatan 3200MHz yang cocok untuk kebutuhan masa kini.

Dengan harga tak sampai 2 juta, produk ini bisa kamu pinang dimana dalam paket pembelian terdapat dua keping RAM yang masing-masing berkapasitas 8GB.

5. Kingston HyperX Fury 8GB (2666Mhz)Kingston HyperX Fury 8GB (2666Mhz)

Rekomendasi RAM DDR4 terbaik berikutnya datang dari brand yang mungkin sudah tak asing lagi di telingamu. Ya, selain memproduksi aksesoris komputer seperti flashdisk, Kingston juga memiliki beberapa seri RAM untuk handal untuk mendongkrak performa komputer.

Seri HyperX Fury adalah salah satu yang bisa dengan mudah kamu temui di marketplace. Instalasi yang mudah, cukup “plug and play” saja membuat produk ini cocok digunakan oleh pemula.

Tak hanya itu, Kingston HyperX Fury yang memiliki kecepatan 2666Mhz ini juga bisa melakukan overclocking sehingga soal performa, kamu tak perlu meragukannya lagi.

6. Patriot Viper RGB DDR4 16GB (3200MHz)RAM DDR4 Terbaru Patriot Viper RGB DDR4 16GB (3200MHz)

Desain unik nan stylish adalah apa yang akan kamu dapatkan dengan membeli Patriot Viper RGB DDR4, RAM untuk PC game berkecepatan 3200MHz yang hadir dengan akses warna RGB kekinian.

Kesan playful yang kuat tak hanya dilihat dari warna-warni RGB saja, namun juga garis desainnya yang nyentrik. Cukup berbeda dengan produk serupa yang ada di pasaran.

Keunggulan dari Patriot Viper RGB DDR4 selain tentu saja cepat sehingga optimal untuk gaming, warna RGB-nya juga bisa kamu atur sesuka hati. Pecinta kustomisasi wajib punya!

7. G.SKILL Trident Z Royal Elite 16GB (5066MHz)G.SKILL Trident Z Royal Elite 16GB (5066MHz)

Mencari RAM DDR4 yang paling ngebut saat ini? Jatuhkan pilihanmu pada G.SKILL Trident Z Royal Elite yang bisa kamu pinang di harga 4 jutaan.

Masuk ke dalam kategori produk premium, desain yang diusung G.SKILL pada seri Trident Z Royal Elite ini berbeda dengan RAM DDR4 di harga 1 jutaan kebanyakan. Desainnya bak permata dengan aksen warna emas atau perak yang mewah.

Kecepatannya pun di atas rata-rata. Berjalan di 5066MHz, tentu G.SKILL Trident Z Royal Elite yang dalam paket pembeliannya dibagi menjadi 2 keping RAM berkapasitas 8GB dengan timing iming 20-30-30-50 ini tak perlu diragukan lagi performanya.

8. T-force Night Hawk RGB 16GB (4000MHz)T-force Night Hawk RGB 16GB (4000MHz)

Jika RAM DR44 premium dari G.Skill belum sesuai dengan budget-mu, masih ada alternatif lainnya yang tak kalah apik. Sama-sama cepat, kamu bisa meminang T-force Night Hawk RGB dengan kecepatan 4000MHz di harga 2 jutaan saja.

Sesuai namanya, tampilan warna-warni RGB menjadi selling point utama yang Teamgroup lakukan pada seri T-force Night Hawk RGB ini. Tak hanya itu, desainnya dibuat nyentrik, cocok untuk para gamer yang sporty nan dinamis.

Soal timing, ia sudah mumpuni di 18-20-20-44. Model heatsink yang stylish pada T-force Night Hawk RGB ini dijamin membuat tampilan motherboard-mu keren.

9. Team Elite 16GB (2400MHz)Team Elite 16GB (2400MHz)

Tak sampai 1 juta, Team Elite (2400MHz) hadir sebagai alternatif untuk kamu yang mencari RAM DDR4 murah. Di harga 900 ribuan saja, kamu akan mendapatkan RAM 16GB yang dibagi menjadi 2 pcs dalam satu paket pembelian.

Secara desain, Team Elite (2400MHz) tak nyentrik seperti RAM DDR4 2 hingga 4 jutaan. Ia tampil minimalis lewat balutan warna serba hitam dengan sedikit sembrutan warna emas. Di range harganya, kecepatan 2400MHz sudah ideal untuk penggunaan standar.

timing 16-16-16-39 yang dimiliki Team Elite pun terasa memuaskan. Buat kamu yang sedang menghemat budget, produk ini jelas opsi yang menarik.

10. KLEVV Bolt XR 16GB (3600MHz)KLEVV Bolt XR 16GB (3600MHz)

RAM DDR4 dengan kecepatan tinggi tak melulu dibanderol mahal. Di harga 1 jutaan, kamu bisa membawa pulang satu produk besutan brand asal Korea Selatan, KLEVV dengan nama seri Bolt XR varian 16GB di range 1 hingga maksimal 1,5 juta saja.

Dibekali timing 18-22-22-42, KLEVV Bolt XR merupakan RAM tipe dual channel dimana terdapat 2 pcs produk dalam satu paket pembelian dengan kapasitas RAM masing-masing di 8GB.

Meski secara desain, KLEVV Bolt XR terasa kaku, tapi soal performa, aksesoris PC budget-friendly ini sudah lebih dari cukup untuk memaksimalkan proses olah data pada perangkat komputermu.

Itu dia 10 rekomendasi RAM DDR4 terbaik yang layak untuk kamu beli jika berencana untuk upgrade RAM PC dalam waktu dekat. Produk-produk di atas sudah dibekali kapasitas RAM yang besar di maksimal 16GB, cocok untuk kebutuhan masa kini yang serba cepat. Say no more untuk PC lemot!

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend