Rekomendasi Soundcard USB Terbaik

10+ Rekomendasi Soundcard USB Terbaik (Terbaru 2022)

PC tak hanya digunakan untuk kebutuhan gaming maupun office saja. Lebih jauh, sebuah perangkat komputer pastinya akan kamu butuhkan untuk keperluan audio, seperti melakukan audio recording. Untuk itu, agar output suara yang dihasilkan lebih optimal, kamu bisa menggunakan perangkat tambahan bernama soundcard.

Soundcard atau juga bisa disebut audio interface merupakan sebuah perangkat yang memungkinkanmu untuk mengubah suara digital menjadi lebih jernih. Inilah mengapa banyak musisi menggunakan soundcard.

Tipenya sendiri bermacam-macam dimana tipe USB adalah yang paling mudah untuk di-setting maupun dioperasikan.

Daftar Rekomendasi Soundcard USB Terbaik

Tertarik untuk menjajal aksesoris handal untuk kebutuhan audio satu ini? Biar tak salah beli, berikut kami rangkum 10 soundcard USB terbaik yang tersedia di marketplace Indonesia.

1. Audient iD4 USB 2 in 2 Audio InterfaceAudient iD4 USB 2 in 2 Audio Interface

Kesulitan terbesar para pemburu soundcard adalah menentukan mana yang cocok untuk kebutuhan mereka, terlebih jika masih awam. Jika kamu mencari yang terbukti berkualitas, masukkan Audient iD4 USB 2 in 2 Audio Interface ke dalam keranjang belanjamu!

Ya, Audient iD4 USB 2 in 2 Audio Interface merupakan soundcard yang sudah menjadi langganan para musisi indie untuk menggarap musik mereka sehingga secara kualitas, ia terjamin. Teknologi Pristine Converter membuat perangkat ini memiliki kualitas AD-DA yang apik.

Untuk konektivitasnya sendiri, Audient iD4 USB 2 in 2 Audio Interface mengandalkan kabel USB-C yang mudah untuk diaplikasikan saat pertama kali menggunakannya. Kamu bisa membeli soundcard besutan Audient ini di harga 3 jutaan.

2. TASCAM US-2X2Rekomendasi Soundcard USB Terbaik

Merasa banderol 3 juta termasuk pricey untuk sebuah soundcard? Tenang, kamu masih punya alternatif lainnya. Di harga tak sampa 2 juta, TASCAM US-2X2 hadir sebagai soundcard yang kaya akan fitur. Jika kamu pengguna multi platform, perangkat ini dijamin akan mempermudah.

TASCAM US-2X2 bisa dioperasikan lewat koneksi USB 2.0. Keunggulan soundcard murah ini ada pada desainnya yang compact dan ergonomis. Sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali menjajal audio interface.

Adanya fitur inaudible noise dan distortion pada TASCAM US-2X2 menghasilkan output suara yang sangat jernih tanpa gangguan suara objek lain sedikitpun. Perangkat ini seperti yang kami sebutkan, kompatibel dengan banyak OS, bahkan MacOS.

3. Behringer U-Control UCA222 Audio InterfaceBehringer U-Control UCA222 Audio Interface

Instalasi yang sulit kerap menjadi hambatan utama bagi pengguna yang baru pertama kali menyicipi soundcard. Buat Anda yang baru sekadar coba-coba, bukan untuk menunjang kebutuhan profesional, Behringer U-Control UCA222 Audio Interface layak untuk dilirik.

Audio interface ini menganut cara kerja “plug n play” dimana kamu tak perlu menggunakan driver tambahan lagi. Cukup sambungkan kabel USB pada soundcard ini ke komputer atau laptop, kamu sudah bisa merasakan kualitas output suara yang jernih saat merekam instrumen musik di kamar.

Simpel untuk digunakan, harga Behringer U-Control UCA222 Audio Interface pun sangat menarik. Kamu bisa checkout perangkat ini di harga 500 hingga 700 ribuan saja.

4. PreSonus AudioBox iTwoSoundcard USB Terbaik

Ingin perekaman stereo berjalan mulus dengan output akhir yang HD? Kamu bisa menjadikan PreSonus AudioBox iTwo sebagai salah satu pertimbangan. Memproduksi instrumen dan vokal bisa diakomodir perangkat audio interface ini dengan baik.

PreSonus AudioBox iTwo merupakan soundcard yang akan mempermudah proses recording-mu. Hadirnya dual mikrofon pada satu produk membuat perangkat ini optimal untuk segala kebutuhan. Kualitas perekaman 24-bit dan 96 Hz bisa kamu buat dengan PreSonus AudioBox iTwo.

Konektivitasnya juga sudah menggunakan USB 2.0 untuk transfer data yang cepat. PreSonus AudioBox iTwo kompatibel dengan Windows maupun MacOS. Berminat? Kamu bisa membelinya di harga 2,5 jutaan.

5. Audioquest Dragonfly Cobalt USB DACAudioquest Dragonfly Cobalt USB DAC

Ingin mengubah smartphone-mu menjadi perangkat audio ala profesional? Berbentuk seperti flashdisk, audio interface Audioquest Dragonfly Cobalt USB DAC adalah opsi menarik untuk kamu yang baru pertama kali menjajal aksesoris audio satu ini.

Merupakan sebuah konverter, Audioquest Dragonfly Cobalt USB DAC didukung amplifier headphone dan soundstage dengan range luas yang mumpuni. Kualitas audio yang prima layaknya hasil rekaman studio bisa kamu dapatkan lewat perangkat ini.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu hanya perlu menyambungkan Audioquest Dragonfly Cobalt USB DAC pada laptop, maupun smartphone. Otomatis, ia tentu akan sangat praktis untuk dibawa bepergian.

6. Mackie Onyx Producer 2.2Mackie Onyx Producer 2.2

Mendambakan output hasil recording yang HD layaknya buatan studio rekaman? Rekomendasi soundcard USB terbaik berikutnya ini tak boleh kamu lewatkan.

Ya, Mackie Onyx Producer 2.2 adalah perangkat audio interface yang mendukung berbagai fitur audio. Melakukan mixing lewat perangkat ini memungkinan kamu untuk mendapatkan kualitas suara yang super jernih.

Tak heran jika Mackie Onyx Producer 2.2 dijagokan banyak musisi. Perangkat ini mendukung apa yang dibutuhkan untuk membuat demo musik terbaik seperti pengaturan EQ, pitch-shifter, delay, compressor atau limiter, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membelinya di harga tak sampai 3 juta, lho.

7. Steinberg UR22CSoundcard USB Terbaik

Konektivitas yang fleksibel menjadi salah satu alasan mengapa Steinberg UR22C layak untuk kamu beli. Tak hanya mengandalkan satu tipe port USB saja, Steinberg UR22C juga sudah dilengkapi port Type-C yang kekinian dan cocok untuk perangkat-perangkat terbaru.

Optimal untuk Windows maupun MasOS, Steinbeirg menawarkan desain yang minimalis pada seri audio interface-nya ini sehingga kamu tak akan kesulitan walau baru pertama kali menggunakannya.

Resolusi audio yang digunakan pun menggiurkan, di 32-bit/192kHz yang cukup langka kamu temukan pada produk lainnya yang bermain di range harga sama, kurang dari 5 juta.

8. UGreen USB Sound CardUGreen USB Sound Card

Untuk kebutuhan standar, hanya memaksimalkan performa audio saja, di harga 100 ribuan pun kamu bisa memiliki soundcard. Adalah UGreen USB Sound Card, salah satu yang terbaik, yang layak untuk kamu pinang.

UGreen sendiri merupakan produsen aksesoris smartphone yang namanya sudah cukup terkenal. UGreen USB Sound Card bisa kamu gunakan tanpa perlu meng-install driver tambahan lagi, cukup “plug and play” saja.

Cara pengoperasiannya yang mudah inilah yang membuat UGreen USB Sound Card cocok digunakan untuk perangkat kecil seperti smartphone. Sistem operasi yang ia dukung pun banyak, mulai dari MacOS, iOS, Windows, bahkan Linux.

9. Focusrite Scarlett Solo 3rd GenFocusrite Scarlett Solo 3rd Gen

Murah namun berkualitas, Focusrite Scarlett Solo 3rd Gen adalah opsi lainnya untuk kamu yang sedang mencari sound card 2 jutaan. Segmentasi pasar produk ini adalah mereka yang membutuhkan perangkat tambahan untuk membuat musik.

So, jika kamu sedang menggarap musik, Focusrite Scarlett Solo 3rd Gen sangat bisa diandalkan. Resolusi audionya sendiri berjalan maksimal di 24-bit/192 kHz.

Kustomisasi suara semakin menyenangkan berkat disertainya berbagai fitur mumpuni pada Focusrite Scarlett Solo generasi ketiga ini. Contoh fitur untuk memonitor volume dan fitur untuk meningkatkan frekuensi suara.

10. Behringer U-Phoria UM2Behringer U-Phoria UM2

Terakhir, di harga yang tak sampai 1 juta, kamu juga bisa meminang Behringer U-Phoria UM2 yang sangat cocok untuk para penggiat home recording. Tanpa perlu menambahkan banyak perangkat lain, Behringer U-Phoria UM2 sudah cukup andal untuk menunjang aktivitasmu.

Berbeda dengan soundcard kebanyakan, Behringer U-Phoria UM2 mengusung desain yang terbilang oldschool alias jadul. Tapi, jika kamu pecinta barang-barang vintage, tak akan sulit untuk jatuh cinta dengan produk ini.

Untuk konektivitasnya sendiri, Behringer U-Phoria UM2 menggunakan port USB 2.0. Bukan yang paling cepat, namun seusai dengan banderol harga yang ditawarkan.

Sudah punya gambaran mau meminang perangkat audio interface yang mana? 10 rekomendasi soundcard USB terbaik di atas siap mengakomodir kebutuhanmu yang ingin memaksimalkan output audio untuk segala macam kebutuhan.

Kualitas audio prima yang HD, minim noise, bahkan bisa bersaing dengan sekelas buatan studio rekaman kini bisa kamu ciptakan dengan mudah.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend