• Our Partners:

Rekomendasi SSD Sata Terbaik

10 Rekomendasi SSD Sata Terbaik (Terbaru 2022)

Perangkat penyimpanan tetap dicari hingga kini, dan di era modern ini terdapat teknologi digital yang bisa menginovasi perangkat tersebut terhadap berbagai bentuk. Mulai dari disket, bisa menjadi CD-ROM, sampai jadi lebih kecil berbentuk flash disk dan hard disk yang bisa dibawa kemana-mana.

Penyimpanan terbaru sudah bisa ditemui di Solid State Drive atau yang kita kenal dengan SSD. Terdapat SSD Sata terbaik yang bisa dicoba untuk penyimpanan datamu yang lebih maksimal. Karena apa?, dengan adanya ini pasti semua termudahkan dalam hal penyimpanan secara praktis.

10 Daftar SSD Sata Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi dari beberapa SSD Sata yang dianggap baik. Berikut ulasannya.

1. Samsung SSD 860 EVO

SSD Sata Terbaik Samsung SSD 860 EVO

SSD milik Samsung ini dinilai sangat mumpuni dalam hal kecepatan, dimana bisa menerima 100 TB writer. Dilengkapi teknologi 3D NAND, membuat proses penyimpanan jadi lebih cepat tanpa kendala, dan mempermudah kerja, salah satunya di bagian sumber daya industri kreatif.

SSD 860 EVO dipilih untuk menyimpan data penting yang sifatnya rahasia, dilengkapi dengan AES 256 bit dan fitur IEEE 1667 maupun TCG Opal, bisa memenuhi kebutuhan penyimpanan data perusahaan. Bagi gamers, SSD ini sangat disarankan untuk dipakai (PS4). Harga 3 jutaan.

2. Kingston SSD A 400 480 GB

Kingston SSD A 400 480 GB

Kingston SSD A 400 480 GB ini diklaim 10 x lebih cepat dari kinerja HDD. Produknya tidak gampang terguncang dan tahan akan benturan, dengan kapasitas penyimpanan yang pas untuk kebutuhan sehari-hari. Sistem komputer atau laptop tidak akan lemot, walaupun banyak aplikasi yang tersimpan.

Bisa dibilang bekerja secara multitasking, dan bisa bekerja seara efisien entah di rumah maupun kantor. Aplikasi berat seperti software editing maupun game bisa teratasi loadingnya. SSD ini bisa dihubungkan dengan laptop yang memiliki hard disk drive 2,5 inci. Harga 850 ribu-an saja.

3. WD Green SSD 240 GB Sata 3

WD Green SSD 240 GB Sata 3

SSD ini milik Western Digital dan dianggap primadona bagi kalangan IT, mengingat performanya sungguh handal sesuai kualitas (fungsi). Transfer data cukup cepat, apalagi dari hard disk lama ke hard disk baru. Koneksi masih SATA 3 dan tergolong dalam tingkat awal. Harga mulai 560 ribu-an.

Ukurannya hanya 2,5 inci, tetapi bisa menyimpan data cukup banyak. SSD ini bisa diandalkan untuk komputer maupun laptop. Daya tahan produk bisa dijamin, dengan SSD internal-nya bisa untuk 1 juta jam pemakaian. Daya penggunaan rendah dan efisien, sekitar 52 miliWatt.

4. Sandisk Extreme Pro

SSD Sata Terbaik Sandisk Extreme Pro

Sandisk-Extreme-Pro dibilang sebagai produk unggulan bagi para gamers, yang mana performa maupun jenis gamenya tiga dimensi. Memiliki resolusi tinggi, sehingga dalam hal membaca maupun menulisnya bisa cepat. Itu membantu proses penyimpanan data yang efektif.

Kemudian, penggunaan daya juga hemat dan ekonomis, ditambah casing yang terbuat dari alumunium, jadi tidak rentan akan keruakan akibat benturan maupun getaran yang ada. Kapasitas penyimpanan sampai 480 GB dengan harga 3,4 juta-an.

5. SSD WD Blue 3D NAND 500 GB

SSD WD Blue 3D NAND 500 GB

SSD ini memberikan kapasitas besar dalam penyimpanan dengan mampu membaca maupun menulis secara cepat. SSD ini sangat cocok untuk menyimpan file secara besar (size). Performanya sangat baik, dan aksesnya juga cepat.

Kepunyaan Western Digital ini memiliki fitur yang menunjang, dilengkapi dengan daya hemat hingga 25%. Didesain menggunakan papan sirkuit utama agar bisa menjaga dari benturan keras yang ada. Kapasitas penyimpanan hingga 500 GB dengan teknologi SATA 3. Harga 1,1 juta.

6. Vivan SSD Portable

Vivan SSD Portable

SSD Sata terbaik ini terkenal dengan kerja cepatnya, yang mana mempunyai moto juga berupa “Very Fast, Very Tough dan Very Light”. Kecepatan transfer data hingga 550 MB per detik, dan kecepatan dalam membaca juga cukup tinggi. Harga 560 ribu-an.

Respon dalam menanggapi suatu data begitu cepat, hingga dalam mengunduhnya pun, juga memiliki performa yang bagus. Performa juga lebih stabil, dengan dibekali fitur proteksi data terjamin, jadi aman. Enkripsi hardware terlindungi sebesar 256 bit. SSD ini dibuat kokoh dan anti guncang.

7. Crucial MX300

SSD Sata Terbaik Crucial MX300

SSD ini termasuk cepat dan efektif dalam hal kualitas, dengan proses booting-nya maupun penggunaan software-nya hemat. Terbilang hemat listrik, daripada SSD lainnya, kemudian ada garansi kerusakan produk hingga 45 hari. Banyak konsumen yang memilihnya karena harganya tak terlalu tinggi.

Kualitas terjamin sudah ada di awal, jadi banyak konsumen yang tak ragu akan hal ini, jika dilihat dari kualitasnya juga. Akan lebih baik digunakan untuk penyimpanan standar saja, misal menyimpan data, foto, maupun berselancar di dunia maya. Harga sekitar 2,2 juta.

8. Adata SSD SU650 Ultimate 240 GB SATA 3

Adata SSD SU650 Ultimate 240 GB SATA 3

Ukurannya 2,5 inci, dengan fitur SLC yang mewakili dan ECC sebagai teknologi. SSD ini bisa dibilang ideal dengan kebutuhan pengguna yang bisa dipenuhi secara umum. SSD ini menawarkan fitur canggih dengan kecepatan kerja yang baik maupun stabil.

Produk ini tahan guncangan, dan kerusakan yang minim, tahan lama hingga 2 juta jam pemakaian. Terdapat garansi bagi yang membelinya, hingga 3 tahun. SSD ini dibekali dengan software khusus berupa ADATA SSD Toolbox dan Migration Utility. Harga mulai dari 409 ribu-an.

9. Seagate BarraCuda SSD SATA III

Seagate BarraCuda SSD SATA III

SSD ini memiliki ukuran 2,5 inci dengan tebal sebesar 7 mm. SSD ini bisa digunakan untuk komputer atau laptop yang menggunakan port SATA, sebagai tempat penyimpanan data. Bisa juga ditambah dengan SSD Enclosure, sebagai eksternal storage, salah satunya untuk smartphone maupun tablet.

Sudah menggunakan 3D TLC NAND Flash memory dari Toshiba, dengan tahun rilis 2019. Kecepatan dalam membaca 550 MBps dan menulis 520 MBps. Berat produk 50 gram, sehingga bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Harga mulai 165 ribu-an.

10. Adata XPG SD700X

SSD Sata Terbaik Adata XPG SD700X

Adata-XPG-SD700X adalah salah satu SSD yang bisa untuk menemani aktivitas mobile kamu. SSD eksternal ini dianggap tahan air hingga kedalaman 1,5 meter kurang lebih 1 jam. Proses loading dalam mengakses permainan di PS 4 lebih cepat daripada HDD bawaan PS4.

SSD ini memiliki spesifikasi IP168, memang cocok untuk gaming. Kecepatam penyimpanannya 440 mbps per detik, dimana sesuai dengan standar SSD Sata terbaik. Harganya sangat murah, sekitar 1,4 juta-an, dan casing yang dimiliki juga ringan dan kekinian.

Cara Memilih SSD Sata Terbaik

Berikut ini adalah cara dalam memilih SSD Sata terbaik untuk kamu, diantaranya:

1. Pertimbangkan kapasitas penyimpanan SSD Sata

Dalam mencari SSD Sata, pastikan sesuai kebutuhan dan cek kapasitas penyimpanannya. Tergantung dari data yang kamu miliki dan dana yang kamu punya, jadi jangan memaksa, sesuaikan dengan budget. Kecuali kalau kamu memang niat dan ingin menabungnya untuk membeli itu.

2. Cek daya tahan SSD Sata

Cek daya tahan dari SSD Sata yang akan kamu pilih, karena berkaitan dengan pemakaian secara jam. Saat pemakaiannya lama, maka tahan awet untuk digunakan berapa tahun. Cari yang lebih unggul dari HDD, kemudian cari yang tahan akan guncangan, maupun benturan, hingga air maupun debu.

3. Cek kecepatan kerja SSD Sata

SSD Sata identik dengan kecepatan dalam membaca maupun menulis, jadi cari yang cepat dalam kinerjanya, agar tidak mempengaruhi perangkat yang terpasang sedang bekerja, jadi tidak loading lama. pertimbangkan modelnya juga, apakah sesuai dengan kebutuhan.

Itulah penjelasan mengenai SSD Sata terbaik yang bisa dicoba untuk kinerja perangkatmu agar lebih maksimal. Dari 10 pilihan di atas, apakah sudah menemukan?.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend