Review AOMEI Backupper : Salah Satu Software Backup yang Cukup Powerful, Bisa Dicoba!

Berbicara mengenai sebuah data, maka kita juga membicarakan mengenai waktu. Meskipun data tersebut berukuran 50kb, namun jika nilainya sebanding dengan ratusan jam kerja kita maka hal itu perlu kita pertimbangkan.

Misalkan anda karyawan kantor yang setiap harinya bertemu dengan Microsoft Excel, tentu saja meskipun terdapat ribuan sel pada file Excel, ukurannya bisa jadi tidak sampai 50kb. Namun meskipun begitu, file Excel tersebut kita kerjakan selama berbulan-bulan.

Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan software powerful yang bernama AOMEI Backupper, salah satu software untuk membackup data yang cukup populer.

AOMEI Backupper

AOMEI Backupper salah satu software yang digunakan untuk membackup data pada komputer / laptop anda, bahkan data sistem operasi anda. Tidak hanya membackup dari harddisk, software ini juga dapat melakukan backup melalui SSD. Untuk mencegah suatu saat data atau sistem operasi anda rusak / bermasalah, maka melakukan backup sangat disarankan.

Kapan kita melakukan backup ya tergantung, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Bisa dilakukan secara harian, mingguan maupun bulanan. Berikut ini beberapa menu beserta fitur yang terdapat pada AOMEI Backupper:

1. Home

AOMEI Backupper 1

Pada menu Home, anda dapat melakukan backup dengan cara klik Create New Backup. Kalau bisa, lokasi backup nanti disimpan di harddisk external saja, jangan disatukan dengan partisi / harddisk yang sama. Kalau misal harddisk anda bermasalah atau rusak total, maka file backup yang anda miliki tidak ikut rusak.

2. Backup

AOMEI Backupper 2

Pada menu Backup terdapat beberapa tool seperti System Backup (untuk membackup file sistem operasi pada komputer / laptop anda), Disk Backup (untuk membackup kesuluruhan harddisk dalam bentuk image file), Partition Backup (untuk membackup suatu partisi tertentu pada harddisk dalam bentuk image file).

Selanjutnya ada tool File Backup (untuk melakukan backup pada file atau folder tertentu yang terdapat pada harddisk anda) dan File Sync (melakukan backup yang bisa dilakukan secara sinkronikasi).

3. Restore

AOMEI Backupper 3

Ketika anda sudah memiliki file backup, anda dapat melakukan restore kapanpun. Misal komputer / laptop anda bermasalah, anda dapat melakukan restore file backup sistem operasi anda. Atau misalkan file pada harddisk anda rusak atau tidak sengaja terhapus, itupun dapat direstore dengan mudah melalui menu ini.

4. Clone

AOMEI Backupper 4

Pada menu ini, anda dapat melakukan clonning dari satu harddisk ke harddisk yang lain, dengan opsi pilihan yang sesuai kebutuhan anda seperti Disk Clone, System Clone maupun Partition Clone.

5. Utilities

AOMEI Backupper 5

Yang terakhir adalah menu Utilities. Terdapat cukup banyak tool pada menu ini, diantaranya tool yang digunakan untuk membuat bootable flashdisk, mengecek integrasi data pada image file, menggabungkan beberapa partisi menjadi satu dan lain sebagainya.

Itulah sedikit ulasan kami seputar AOMEI Backupper yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk memilih software backup yang ampuh dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan anda. Oh ya, untuk pengguna biasa / standard atau dengan kata lain yang gratisan, ada beberapa fitur dan tool yang dibatasi seperti tool Merge Image, System Clone dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend