Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor

Memasuki Q1 di 2023 ada banyak prusahaan proudksi Smartphone yang meluncurkan varian ponsel terbaru mereka, seperti Samsung, Oppo hingga Realme. Salah satu Brand asal negeri tirai bambu yaitu Honor juga tak ketinggalan dengan merilis seri ponsel terbaru untuk pasar global mereka melalui Honor Magic Vs.

Meskipun begitu, Honor Magic Vs sendiri bukanlah ponsel varian terbaru tahun ini karena sebelumnya Honor telah merilis versi ini di pasar lokal mereka yaitu Cina. Kemudian memasuki Q1 di 2023 perusahaan mengumumkan bahwa mereka meluncurkan Honor Magic Vs untuk pasar global, Indonesia termasuk diantaranya.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor

Honor Magic Vs mendapatkan banyak sorotan dari konsumen bukan tanpa alasan yang pasti, melainkan prosesor dan juga desain ponsel yang dibawakan oleh Honor.

Nampaknya perusahaan berani menantang perusahaan lainnya untuk berkompetisi akan minat pasar Foldable Phone atau ponsel lipat, di mana Honor Magic Vs hadir dengan mengusung desain tersebut.

Honor Magic Vs diketahui merupakan seri berikutnya dari Honor Magic V, yang mana Honor mengklaim bahwa seri ini hadir dengan peningkatan kamera, layar yang jauh lebih baik dan juga peningkatan engsel yang lebih fleksibel dengan daya tahan yang lebih lama.

Dibekali dengan dimensi layar super lebar hingga 7,9 inci OLED ketika dibuka, kemampuannya masih memberikan dukungan Refresh Rate yang tinggi hingga mencapai 90Hz.

Meskipun begitu, kemampuannya ini masih kalah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold 4. Bagaimana pun juga, Honor Magic Vs berani menantang merek besar lainnya untuk kompetisi yang lebih jauh d tahun ini.

Untuk itu, bagi anda yang mungkin penasaran akan spesifikasi singkatnya berikut kami sajikan sedikit informasi spesifikasi ponsel mewah dari Honor, Honor Magic Vs.

  • Material & Desain: 160.3×141.5×6.1mm, 267g/261g; Glass front, glass back or eco leather back, magnesium alloy frame, titanium alloy folding mechanism.
  • Spesifikasi Layar: 7.9″ Foldable OLED, 1B colors, 90Hz, HDR10+, 1984x2272px resolution, 10.3:9 aspect ratio, 382ppi; Cover display: OLED, 1B colors, 120Hz, HDR10+, 6.45″, 1080x2560px, 431 ppi.
  • Prosesor: Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm): Octa-core (1×3.0 GHz Cortex-X2 & 3×2.5 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510); Adreno 730.
  • Memori: 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM, 512GB 12GB RAM.
  • OS/Software: Android 13, Magic UI 7.1.
  • Kamera Utama: Wide (main): 54 MP, f/1.9, 27mm, 1/1.49″, 1.0µm, PDAF; Ultra wide angle: 50 MP, f/2.0, 13mm, 122˚, AF; Telephoto: 8 MP, f/2.4, PDAF, 3x optical zoom, OIS.
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.5, (wide).
  • Perekaman Video: Rear camera: 4K@30/60fps (10-bit), 1080p@30/60fps, gyro-EIS, HDR10+; Front camera: 1080p@30fps, gyro-EIS.
  • Kapasitas/Kecepatan Baterai: 5000mAh; 66W wired, 5W reverse wired.
  • Misc: Fingerprint reader (side-mounted); NFC; Infrared port; stereo speakers.

Layar super lebar, prosesor yang masih tangguh dan juga kamera yang masih bisa diungguli ini menjadi daya tarik dari Honor Magic Vs. Ulasan lebih lengkap, yuk simak artikel ini!

Honor Magic Vs Packaging

Honor Magic Vs menghadirkan beberapa aksesoris tambahan ketika dibeli, sesuai dengan layarnya yang super lebar maka bentuk dari kotak pembeliannya juga menampilkan ukuran yang lebih lebar. Bahkan lebih lebar dari kebanyakan Foldable Phone pada umumnya.

Saya pribadi sangat suka dengan desain kotak dari ponsel ini, karena menggunakan warna Black Matte yang tentunya tak gampang kotor. Menambah kesan mewah, kotaknya bertuliskan ‘Honor Magic Vs’ yang sekali lagi menurut saya menambah kesan eksklusif dari ponsel ini.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor, Honor Magix Vs box
Kotak dan Aksesoris Pembelian Honor Magic Vs

Ini dia yang sangat saya sukai dari Honor, ketika membeli Honor Magic Vs maka semua konsumennya akan diberikan aksesoris tambahan seperti Case yang dibuat khusus untuk Honor Magic Vs yang mana disesuaikan dengan desainnya, selain itu tak kalah penting nantinya konsumen akan mendapatkan USB-C yang diberikan secara gratis.

Bagaimana dengan adaptor? Ini dia! Honor Magic Vs akan memberikan konsumennya sebuah adaptor USB-C yang diberikan langsung secara gratis ketika membeli (Sepertinya Samsung harus mencontohi Honor).

Berbeda dengan Flagship lainnya yang harus membeli adaptor secara terpisah, Honor Magic Vs akan membagikannya secara cuma-cuma. Konsumen akan mendapatkan satu buah adaptor dengan kecepatan pengisian daya hingga 66W Fast Charging.

Desain & Material Eksklusif Honor Magic Vs

Tak ada yang berubah dari perilisan awal mereka di tahun 2022 kemarin dengan perilisan di Q1 2023 ini, Honor Magic Vs masih memberikan dukungan desain dan Hardware yang sama. Namun tentunya Honor memberikan sedikit perubahan untuk memaksimalkannya.

Honor Magic Vs hadir dengan dua varian warna yaitu Black, Orange dan Cyan yang mana cukup memberikan kontras dari dua warna yang bertabrakan, selain itu material yang digunakan juga berbeda. Varian Black hadir dengan material Glossy yang bahkan bisa menampilkan refleksi seperti menggunakan cermin.

Varian Warna

Sedangkan untuk varian warna Cyan menggunakan material Matte/Doft yang menurut saya akan cocok digunakan bagi mereka yang tidak menyukai kondisi ponsel licin bagi mereka yang mudah berkeringat. Berbeda dengan dengan Cyan, varian Black ini lebih mudah kotor karena bisa memberikan bekas sidik jari.

Honor Magic Vs varian Orange hadir dengan material Faux Leather Rear Panel yang menurut saya lebih mirip antara material Matte dan Glossy. Sayangnya, varian ini tak dirilis di luar Cina dan hanya dihadirkan untuk versi eksklusif di Cina.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor
Varian Orange Hanya Dirilis di Cina

Bagian Inner Screen dari Honor Magic Vs ini menggunakan bahan Titanium, membuatnya 20% lebih Lighter dari sebelumnya. Begitu pun juga berat ponsel yang jika dibandingkan lebih ringan hingga 34%, secara umumnya desain dan materialnya juga tak begitu berbeda dengan seri Honor Magic V.

Daya Tahan Fold

Bagaimana dengan daya tahan lipatan di Honor Magic Vs? Honor memberikan dukungan daya tahan yang lebih tinggi bahkan lebih baik dibandingkan Oppo dan Samsung, kekuatan daya tahan dari lipatan ponsel Honor Magic Vs diklaim mampu dilipat hingga 400,000 kali.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor
Engselnya diklaim tahan hingga 400.000x lipatan

Jika ditotalkan, 400,000 kali lipatan ini membuat Honor Magic Vs mampu bertahan dengan daya tahan hingga 11 tahun dalam penggunaan 100x lipat perhari. Sebagai perbandingan, Oppo Find N2 Flip bertahan hingga 10 tahun dan Samsung yang bertahan hingga 6 tahun.

Salah satu hal yang baru di Honor Magic Vs ialah bagian Hinge yang menurut saya lebih baik, di mana anda akan merasakan lipatan yang lebih mulus dari berbagai macam direksi. Tak akan ada Weird Noises atau bunyi aneh ketika dibuka lipatannya dan sebaliknya, jadi ini merupakan hal yang baru.

Water Resistance

Berbicara mengenai daya tahannya, Honor Magic Vs mendapatkan dukungan daya tahan IP Rating yang mana sebagian besar konsumen Samsung Galaxy tak memberikan dukungan ini. Honor Magic Vs dikonfirmasi mendapatkan IPX8, artinya Honor Magic Vs ini mendapatkan dukungan Water Resistance.

Entah mengapa Honor tak memberikan dukungan anti debu, padahal kombinasi anti debu dan anti air akan memberikan material premium yang tentunya menarik. Namun rasanya Honor Magic Vs sudah cukup membawa pengalaman Foldable Phone yang tentunya berbeda dan berkelas.

Layar OLED Super Lebar

Kesan selama menggunakan Honor Magic Vs menurut saya cukup menarik, misalnya ketika sedang tak dilipat maka ukurannya akan hadir dengan aspek rasio yang menurut saya normal seperti menggunakan ponsel pintar pada umumnya.

Namun jika dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 4 maka ukurannya lebih kecil beberapa ‘cm’ yang mana untuk rasionya mencapai 21:9. Harus saya akui untuk urusan aspek rasio ini, rasanya memang seperti menggunakan ponsel non-lipat.

Honor Magic VS vs samsung galaxy Z fold 4
Honor Magic Vs & Galaxy Z Fold 4

Ketika sedang tidak dilipat, maka Honor Magic Vs akan menampilkan ukuran 7.9 inci dengan 199.5cm2. Jika dibandingkan maka ukurannya tak terlalu berbeda dengan Galaxy Z Fold 4 yang mana hanya berbeda di tingginya saja. 7.9 inci hadir di Honor Magic Vs sedangkan Galaxy Z Fold 4 hadir dengan 7.6 inci yang mana tak terlalu berbeda jika anda coba bandingkan.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor

Honor Magic Vs terbagi menjadi dua layar, Tablet Mode dan Regular Mode yang mana menawarkan Refresh Rate berbeda. 7.9 inci OLED mampu menampilkan resolusi 1,984×2,272px denga Refresh Rate hingga 90Hz. Sedangkan untuk mode regular mampu menampilkan Refresh Rate hingga 120Hz yang sama seperti Galaxy Z Fold 4 dan Oppo Find N2.

Spesifikasi Baterai

Honor Magic Vs menjadi ponsel Flagship yang hadir dengan kapasitas baterai tertinggi, di mana mampu mengisi daya baterai hingga 5,000 mAh. Meskipun begitu, setelah melakukan pengujian Honor Magic Vs hanya bisa bertahan dengan 85H Endurance Rating dari SmartViser.

Namun meskipun secara umum Honor Magic Vs memang tak memberikan daya tahan super hemat untuk baterainya, untuk pasaran Foldable Phone ponsel ini menduduki peringkat kedua setelah Galaxy Z Fold 4 dan lebih tinggi dibandingkan Xiaomi Mix Fold 2 dan Oppo Find N2.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor

Di atas Honor Magic Vs berhasil mencapai angka 85H untuk layar yang terbuka, namun ponsel ini mendapatkan penilaian berbeda ketika hanya menggunakan satu layar saja. Honor Magic Vs berhasil mencapai 100H Endurance Rating untuk Cover Screen yang mana pencapaian tinggi.

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor

Catatan Pengujian: Test carried out in 60Hz refresh rate mode whenever possible. Web browsing test done at the display’s highest refresh rate whenever possible. Refer to the respective reviews for specifics. To adjust the endurance rating formula to match your own usage – check out our all-time battery test results chart.

Untuk kecepatan pengisian daya, Honor Magic Vs mampu mengisi hingga 66W Wired Charging yang mana datang dengan fitur Honor SuperCharge yang diklaim merupakan teknologi Fast Charging dari Honor. Hanya dalam waktu 30 menit, Honor Magic Vs mampu mengisi daya baterai hingga 86%, yang mana lebih tinggi dari Galaxy Z Fold 4.

Sistem Operasi Android 13

Honor MagicOS 7

Honor Magic Vs datang dengan menjalankan sistem operasi Android 13, yang mana bersamaan menjalankan MagicOS 7.1. Secara fungsional Honor Magic Vs mendapatkan dukungan penuh dari Android 13 terbaru, termasuk dukungan untuk integrasi Google Apps.

Berbicara mengenai fitur, Honor Magic Vs dibekali dengan dukungan EMUI Widget yang mampu menampilkan lebih banyak koleksi Widget dari Magic OS. Bahkan pengguna bisa menggabungkan beberapa folder dan membuat Widget khusus seperti di bawah ini:

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor

Prosesor yang digunakan membuat Honor Magic Vs nyaman ketika menjalankan lebih banyak aplikasi. Saya sendiri merasa tak ada hambatan selama berselancar menggunakan browser dan membuka sosial media dengan lancar, bahkan Multi-Tasking yang ditampilan bisa berjalan dengan lebih mulus.

Processor/Chip

Honor Magic Vs hadir dengan ditenagai oleh prosesor yang sama baik pasar lokal maupun pasar global, di mana mereka resmi menggunakan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Meskipun telah merilis Gen 2 namun menurut saya pribadi performanya tak kalah kencang.

CPU Clock yang ditawarkan masih kencang, di mana menggunakan 3.00GHz untuk Cortex-X2, 2.50 GHz untuk Mid-Tier Cluster dari 3x Cortex-A710s dan 1.80GHz untuk 4x Cortex-A510s.

Ngomong-ngomong dengan mengusung teknologi prosesor yang canggih ini membuat Honor berani menghadirkan varian 12GB untuk RAM dan 512GB untuk penyimpanan internalnya. Setelah melakukan pengujian GeekBench Multi-Core, Honor Magic Vs berhasil mengalahkan Oppo Find N2 dan Huawei Mate 50 Pro dalam jumlah Score yang diperoleh.

Honor Magic Vs Multi Core Geekbench

Kisaran Harga Honor Magic Vs

Nesaba Review: Honor Magic Vs, Ponsel Lipat Mewah dari Honor, harga honor magic vs

Honor Magic Vs dirilis secara global atau dirilis diluar pasar Cina, yang artinya juga dirilis di Indonesia sebagai salah satu pasar Asia Tenggara. Meskipun saat ini masih belum banyak toko retail yang menjual resmi seri Honor Magic Vs, namun perkiraan harganya mulai terlihat.

Setelah melakukan Research maka kami menyimpulkan Honor Magic Vs akan dibanderol mulai dari Rp 30.000.000,00 s/d Rp 33.000.000,00 untuk varian dengan 16GB RAM dan 512GB. Harga ini bisa saja turun karena Honor juga memberikan diskon untuk pembeli tercepat.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Hudalil Mustakim - Content Writer - Nesabamedia

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments