Review Xiaomi Pad 5, Tablet Android Yang Good Looking

Review Xiaomi Pad 5, Tablet Android Yang Good Looking

NESABAMEDIA.COMXiaomi Pad 5 merupakan sebuah tablet Android yang menawan, dengan layar berukuran 11 inci yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pekerjaan, penyuntingan foto, bermain game sampai menonton tayangan Netflix.

Anda juga akan mendapatkan baterai dengan jangka pemakaian yang memuaskan, tenaga yang cukup besar dan semuanya itu dibungkus dengan desain yang ringan. Anda tidak akan mendapatkan yang lebih baik, dengan harga yang dibanderol. 

Modern dan ramping, dengan tenaga yang cukup besar baik dari prosesor dan baterainya, ini adalah salah satu tablet terbaik yang bisa anda dapatkan di tahun ini. Memang ini tidak sebaik Apple iPad Air namun ini tetap menjadi alternatif yang bagus bagi para penggemar Android. 

Banyak sekali tablet Android yang dirilis tahun ini, dan kini Xiaomi mencoba bergabung dengan rombongan tersebut lewat Pad 5. Ini adalah tablet Android kelas menengah yang multifungsi, cocok untuk beragam kebutuhan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Harga dan Ketersediaan

Anda bisa mendapatkan tablet Xiaomi Pad 5 secara langsung dari Xiaomi atau lewat toko retail lainnya, mulai dari Rp7 jutaan, dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Meski dirilis untuk global, namun tablet ini masih belum tersedia di Australia dan Amerika Serikat. 

Desain dan Layar

Xiaomi Pad 5 tidak diragukan lagi adalah sebuah perangkat yang good looking. Layar glossy berukuran 11 inci dikelilingi oleh bezel yang tipis dan frame metallic. Bagian belakangnya mirip dengan smartphone Xiaomi kebanyakan, dengan sebuah modul kamera persegi membulat, yang sedikit menyumbul dan kurang enak ketika ditaruh di permukaan datar. 

Ada pilihan warna Pearl White dan Cosmic Gray. Beratnya 511 gram dan dimensinya adalah 254.69 x 166.25 x 6.85 mm, Xiaomi Pad 5 sangat ringan dan ramping, meskipun ini bukanlah tablet paling ringan dan paling ramping yang ada di pasaran. Sedikit agak susah jika digunakan dengan satu tangan, namun apabila memakai dua tangan, segalanya terasa pas dan nyaman. Cukup ringkas juga untuk dibawa kemanapun. 

Di dalam kotaknya, anda akan mendapatkan sebuah adaptor dan kabel USB Type-C. Jika anda berencana menggunakannya untuk bekerja, dan anda butuh alat tambahan seperti stylus atau keyboard, maka anda harus membelinya secara terpisah.

Sayangnya, anda tidak akan mendapatkan colokan audio 3.5mm, jadi jika anda masih menggunakan headphone kabel, maka tidak akan bisa digunakan dan anda membutuhkan headphone nirkabel atau membeli konverter. 

Layar berukuran 11 inci di Xiaomi Pad 5 adalah sebuah keindahan, yang menawarkan resolusi 1600 x 2560 pixel WQHD Plus, dengan puncak kecerahan 500 nits dan kecepatan refresh 120Hz. Menggunakan teknologi IPC LCD, ini tidak begitu efektif jika dibandingkan dengan layar OLED, namun masih terlihat cukup tajam, terang dan berwarna. Xiaomi mengklaim bahwa layar tersebut mampu menghasilkan 1 miliar bayangan yang berbeda. Terdapat juga dukungan Dolby Vision, sehingga semuanya akan tampak lebih vibrant dan menarik. 

Kecepatan refreshnya yang tinggi, membuat pengalaman menggulir terasa sangat halus dan lancar, untuk berselancar di media sosial maupun bermain game. Masalahnya adalah, ini tidak secara otomatis mengatur kecepatan refresh secara adaptif, dan pengaturannya dilakukan secara manual jika ingin menghemat baterai. Ada juga perlindungan mata akan radiasi sinar biru serta kecerahan adaptif.

Kinerja dan Baterai

Otak pengoperasian tablet ini adalah Qualcomm Snapdragon 860 yang disandingkan dengan RAM 6GB dan pilihan penyimpanan internal 128GB atau 256GB. Ini adalah tablet Wi-Fi only, jadi tidak bisa menggunakan jaringan LTE. 

Kinerjanya memuaskan karena saat membuka beragam jenis aplikasi atau program, responnya cukup cepat tanpa ada masalah berarti, dan mampu untuk pekerjaan berat sekalipun. Hasil benchmarknya, tablet ini mendapatkan skor 660 untuk single core dan 2707 untuk multi core. Meski masih di bawah Samsung Galaxy Tab S7 Plus, perangkat ini masih sangat kuat untuk beragam kegunaan. 

Baterainya berkapasitas 8,720mAh dan bisa digunakan sepanjang hari, dan saat dicoba pun dalam sehari mungkin perlu sekali pengisian saja. Xiaomi mengklaim baterai Pad 5 ini bisa bertahan sampai dengan 16 jam untuk memutar video dan 10 jam untuk gaming.

Dalam pengujian untuk menonton film berkualitas HD, dalam dua jam baterainya turun 26%, sehingga setidaknya akan habis sekitar 8 jam, itu pun karena kecerahannya ditingkatkan. Sementara untuk pengisian ulang, membutuhkan waktu dua jam dari 0 sampai 100%. 

Leave a Reply

Send this to a friend