Apa Itu RSS? Mengenal Pengertian RSS (Really Simple Syndication)

Di masa kejayaannya, icon RSS terpasang hampir di setiap blog. Rata-rata pemilik blog juga berusaha membujuk pengunjung untuk mendaftar menjadi pelanggan melalui RSS. Beberapa lama kemudian, trend mulai berubah. Banyak pemilik blog yang menyingkirkan RSS dan, sebagai gantinya, meminta pengunjung untuk follow akun-akun media sosial mereka.

Biarpun demikian, RSS tak pernah dan mungkin tak akan mati. Buktinya? Lihat saja Feedly dan Inoreader. Keduanya adalah layanan pengelola dan pembaca RSS yang juga menawarkan paket-paket premium. Sampai sekarang, mereka masih eksis. Ini artinya, masih banyak orang yang berminat dengan RSS untuk mendapatkan update dari blog-blog yang rutin mereka baca.

Apa itu RSS?

Menurut W3C Feed Validation Service, RSS adalah format sindikasi konten web.

Jika anda masih belum mendapatkan gambaran mengenai RSS dari definisi tersebut, mungkin definisi di bawah ini bisa memperjelas:

RSS (Really Simple Syndication) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pemilik website untuk mendistribusikan konten kepada pembacanya.

Jika ditinjau dari segi teknis, sebenarnya RSS adalah salah satu format feed. Format lainnya adalah Atom dan JSON. Feed itu ibaratnya sama seperti dokumen Word yang formatnya bisa berbentuk doc atau docx.

Mengenal Apa Itu RSS

Contoh icon RSS

Di tangan pembaca, keuntungan yang diperoleh dari RSS feed adalah kemudahan dalam mendapatkan artikel-artikel terbaru dari berbagai blog. Dengan memanfaatkan RSS, anda tidak perlu mengunjungi semua blog satu-persatu untuk membaca konten karena semua konten terbaru akan otomatis diantarkan kepada anda.

Untuk berlangganan RSS feed, ada dua pilihan. Melalui layanan berbasis web seperti Inoreader atau dengan menggunakan software pembaca feed seperti QuiteRSS.

Paket gratis yang disediakan Inoreader memperbolehkan anda untuk berlangganan hingga 150 feed, tapi anda harus rela berhadapan dengan beberapa iklan di dalam dashboard Inoreader. Sedangkan paket premiumnya yang paling murah (19,99 dolar per tahun) memberi jatah hingga 500 feed.

Mau berlangganan RSS feed sebanyak mungkin tapi tetap gratis? Pakai saja QuiteRSS. Versi portable juga tersedia, jadi tidak perlu install.

Alternatif lainnya, pakai ekstensi Google Chrome yang bernama Feedbro. Gratis. Cepat. Theme yang disediakannya juga lumayan keren.

Feedbro memungkinkan RSS feed untuk langsung dibaca di dalam browser. Selain RSS feed berisi artikel dan berita dari berbagai blog, anda juga bisa menggunakan Feedbro untuk mengikuti update akun Instagram dan berlangganan channel YouTube.

Mengenal Apa Itu RSS

Tampilan channel YouTube di dalam Feedbro

Cara berlangganannya mudah. Kunjungi sebuah channel YouTube, lalu klik pada icon Feedbro yang terletak di toolbar, dan klik pada opsi “Find Feeds in Current Tab”. Setelah muncul daftar feed yang tersedia, klik saja langsung pada tombol “Subscribe”. Selanjutnya, beberapa video terbaru dari channel tersebut akan tampil di dalam FeedBro yang semuanya bisa ditonton tanpa harus mengunjungi YouTube.

Leave a Reply

Send this to a friend