• Our Partners:

Rufus 3.18 Bantu Pasang Windows 11 di Perangkat Yang Tidak Memenuhi Syarat

Rufus 3.18 Bantu Pasang Windows 11 di Perangkat Yang Tidak Memenuhi Syarat

NESABAMEDIA.COMPengumuman Windows 11 menyebabkan banyak sekali kebingungan dan kritikan karena persyaratan minimal pemasangan yang sangat ketat. Windows 11 secara resmi membutuhkan prosesor Intel generasi ke-8 atau yang lebih baru, RAM 4GB dan penyimpanan 64GB, TPM 2.0 UEFI dan fitur Secure Boot yang diaktifkan. 

Di saat TPM 2.0 bukanlah masalah utama untuk kebanyakan pengguna, persyaratan prosesor untuk Windows 11 telah membuat banyak perangkat tidak bisa mendapatkan pembaruan dari sistem operasi yang baru itu. 

Alasan di balik penerapan persyaratan yang ketat ini disebutkan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan dari sistem operasi baru. Masalahnya, perangkat keras yang relatif modern dan kuat bisa dianggap tidak memenuhi persyaratan. Artinya, hanya prosesor generasi terbaru, yakni minimal generasi ke-8 untuk Intel, yang benar-benar resmi memenuhi syarat pemasangan.

Seperti yang sudah anda ketahui, memang ada banyak cara untuk melewati (bypass) persyaratan minimal Windows 11 ini. Microsoft juga memberikan petunjuk untuk secara resmi melewati persyaratan itu, agar perangkat Windows 10 bisa ditingkatkan ke Windows, meski spesifikasinya tidak memenuhi. 

Metode yang diberikan Microsoft itu mengharuskan pengguna untuk secara manual memodifikasi registry. Jika anda tidak ingin melakukan perubahan registry secara manual, kini anda bisa menggunakan sebuah alat bernama Rufus, untuk melakukan peningkatan ke Windows 11, dengan melewati persyaratan minimalnya. 

Rufus merupakan alat pihak ketiga yang mempermudah anda dalam membuat pemasang Windows menggunakan USD Drive. Selain itu, juga memungkinkan untuk menggunakan Rufus dalam melakukan peningkatan dari versi Windows apapun. 

Mulai Rufus versi 3.18, anda bisa membuat media bootable Windows 11 dan secara mudah melewati persyaratan TPM 2.0. Untuk memulainya, anda bisa memasang alat ini melalui situs Github, mengunduh file ISO Windows 11, memasang perangkat USB, dan kemudian memilih opsi memasang dengan persyaratan TPM 2.0 dan Secure Boot yang telah tersedia di perangkat, atau opsi kedua di perangkat yang belum memiliki TPM. 

Alat pihak ketiga bernama Rufus versi 3.18 ini akan menjadi alternatif baru lagi dalam membantu anda memasang sistem operasi Windows 11 di perangkat yang tidak mendukung. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend