Rumus Luas Trapesium Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Ketika mempelajari pelajaran matematika maka Anda akan mendapati materi bangun datar. Di dalam bangun datar memiliki banyak bentuk, seperti persegi panjang, segitiga, persegi dan juga trapesium.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai bangun datar trapesium. Yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, yaitu pada bangun datar trapesium memiliki 3 jenis. Yakni trapesium siku-siku, sama kaki, dan sembarang.

Perbedaan pada ketiga bentuk bangun datar trapesium tersebut dapat dilihat dari sudutnya. Pada trapesium siku-siku mempunyai 2 sudut yang terdapat siku-siku atau sudutnya 90 derajat, pada trapesium sama kaki keempat dari sudut-sudutnya tersebut sebesar 360 derajat, sedangkan pada trapesium sembarang besar dari sudut-sudutnya tidak sama.

Pada artikel ini akan membahas mengenai ketiga jenis trapesium tersebut beserta dengan rumusnya.

Rumus Luas Trapesium

Trapesium adalah jenis dari bangun datar berbentuk 2 dimensi yang memiliki 4 rusuk. 2 rusuk pada trapesium tersebut saling sejajar, tetapi panjangnya tidaklah sama. Dan trapesium cuma mempunyai 1 simetri putar saja.

Ada 3 jenis dari teapesium yang harus Anda ketahui, yaitu trapesiun siku-siku, trapesium sama kaki dan trapesium sembarang. Berikut merupakan sifat-sifat dari trapesium :

1. Trapesium adalah bangun datar yang berbentuk 2 dimensi
2. Trapesium ini termasuk ke dalam jenis bangun datar yang memiliki empat segi
3. Trapesium mempunyai 4 buah rusuk. Dan dua dsri 4 rusuk tersebut saling sejajar
4. Trapesium cuma mempunyai 1 simetri putar saja
5. Trapesium tak mempunyai simetri lipat. Hal ini terkecuali pada trapesium sama kaki

Bangun datar Trapesium adalah jenis bangun datar apabila kita mengerjakan perhitungannya, kita bisa menggunakan rumus phytagoras. Rumus phytagoras ini juga dapat dikombinasikan bersama rumus trapesium. Tetapi, Anda dapat menggunakan rumus ini apabila salah satu dari sisi trapesium tersebut belum diketahui.

Berikut adalah rumus dan penjelasan dari jenis trapesium sama kaki, sembarang dan siku-siku :

1. Rumus Luas Trapesium Siku-siku

Jenis trapesium siku-siku merupakan teapesium hang mempunyai 2 sudut sisi atau siku-siku yang sejajar serta tegak lurus dengan rusuk tinggi trapesiumnya. Atau dapat juga dari salah satu sudut dari trapesium ini mempunyai besar sudut yaitu 90 derajat atau yang sering di sebut dengan siku-siku. Pada trapesium jenis ini tak mempunyai simetri lipat.

Sifat dari trapesium sama kaki ini yaitu :

1. Ada 2 diagonal yang tiap-tiap panjangnya memiliki perbedaan
2. Mempunyai 2 sudut dan keduanya berukuran 90 derajat atau siku-siku
3. 2 sudut dari siku-sikunya sangat berdekatan
4. Sisi pada trapesium yang sejajsr memiliki panjang yang berbeda atau tidak sama

Sama dengan bangun datar yang lainnya, pada bangun datar trapesium juga memiliki luas. Dan berukut ini adalah rumus dari luas trapesium siku-siku :

Rumus Luas Trapesium Siku-siku

Terdapat bangun datar trapesium siku-siku pada gambar diatas yang setiap sudutnya di tandai dengan sudut J, K, L dan M. Dari gambar tersebut dapat mendefinisikan rumus luas dari trapesium siku-siku tersebut. Ini adalah rumus dari luas trapesium siku-siku :

Luas Trapesium Siku-siku JKLM = 1/2 x (JK + LM) x t (tinggi)

2. Luas Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki merupakan trapesium yang mempunyai rusuk yang sama panjang dan juga rusuk yang sejajar. Teapesium jenis ini juga mempunyai satu simetri lipat.

Sifat dari trapesium sama kaki yaitu sebagai berikut :

1. Mempunyai hanya satu simetri lipat
2. Keempat sudutnya memiliki jumlah sebesar 360 derajat
3. Memiliki 2 diagonal yang panjangnya sama
4. Kedua sudut yang saling berdekatan memiliki besar yang sama
5. Jumlah dari sudut yang berada diantara garis yang sejajar yaitu sebesar 180 derajat
6. Mempunyai 2 kaki yang panjangnya sama , yang mana satu kakinya besarnya sama
7. Sisi yang sejajar tak memiliki panjang yang sama

Pada trapesium jenis ini juga memiliki rumus untuk menghitung luas bangun datarnya. Berikut adalah rumus luas trapesium sama kaki :

Rumus Luas Trapesium Sama Kaki

Terdapat bangun datar trapesium sama kaki pada gambar diatas yang setiap sudutnya di tandai dengan sudut T, U V, dan W. Dari gambar tersebut dapat mendefinisikan rumus luas dari trapesium sama kaki tersebut. Ini adalah rumus dari luas trapesium sama kaki :

Luas Trapesium Siku-siku TUVW = 1/2 x (TU + VW) x tinggi (t)

3. Rumus Luas Trapesium Sembarang

Trapesium sembarang dapat juga disebut dengan trapesium tak beraturan. Trapesium ini tak mempunyai kekhususan yang spesial, maka dari itu jenis trapesium ini dinamakan dengan trapesium sembarang atau trapesium tak beraturan. Trapesium jenis ini juga tak mempunyai simetri lipat.

Di dalam trapesium sembarang juga memiliki sifat-sifat, yaitu sebagai berikut :

  1. DUa dari diagonalnya memiliki panjang yang berbeda
  2. Besar dari tiap-tiap sudutnya juga tak sama atau dapat dikatakan juga empat sudutnya memiliki besar yang berbeda
  3. Panjang dari sisi yang sejajat tidaklah sama

Pada trapesium sembarang ini juga memiliki rumus untuk menghitung luas banun datarnya. Berikut ini adalah rumus luas trapesium sembarang yang dapat Anda lihat seperti di bawah ini :

Rumus Luas Trapesium Sembarang

Terdapat bangun datar trapesium sembarang pada gambar diatas yang setiap sudutnya di tandai dengan sudut C, D, E fan F. Dari gambar tersebut dapat mendefinisikan rumus luas dari trapesium sembarang tersebut. Ini adalah rumus dari luas trapesium sembarang :

Luas Trapesium C, D, E, F = 1/2 x (EF + DC)  x t (tinggi)

Demikianlah artikel mengenai penjelasan rumus luas trapesium siku-siku, sama kaki dan sembarang. Dan Anda juga dapat mempelajari ketiga jenis trapesium ini dari rumus-rumus di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam menjawab soal yang berkaitan dengan ketiga jenis bangun datar trapesium ini.

Leave a Reply

Send this to a friend