Samsung Bakal Bikin Sensor Kamera 576MP

Samsung Bakal Bikin Sensor Kamera 576MP

NESABAMEDIA.COMSamsung telah merilis sensor kamera smartphone 108MP yang diproduksi secara massal untuk pertama kalinya di dunia, pada tahun 2019. Pekan lalu, Samsung kembali merilis sensor kamera ponsel 200MP pertama di dunia, ISOCELL HP1. Namun, Samsung memiliki rencana untuk melakukan yang lebih baik lagi. Perusahaan asal Korea Selatan itu mengungkapkan bahwa mereka ingin mengembangkan sensor kamera 576MP.

Kamera 576MP Untuk Kendaraan

Haechang Lee, wakil presiden senior Samsung Electronics Automotive Sensors, menunjukkan slide yang menarik dalam pidatonya di SEMI Europe Summit. Slide itu menunjukkan gambaran umum tentang ukuran piksel sensor kamera dan tren resolusi sejak tahun 2000. Juga, menunjukkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan sensor kamera 576MP pada tahun 2025. Namun, sensor ini mungkin tidak muncul di smartphone tetapi di mobil.

“Untuk sensor gambar 108MP terbaru kami, ISOCELL Bright HM1, kami menerapkan ‘teknologi Nonacell’ milik kami, yang secara dramatis meningkatkan jumlah piksel  untuk mampu melakukan penyerapan cahaya yang lebih baik.

Dibandingkan dengan teknologi Tetracell sebelumnya yang menampilkan susunan 2×2, struktur piksel 3×3 teknologi Nonacell sangat memungkinkan, misalnya, sembilan piksel 0,8μm berfungsi sebagai satu piksel 2,4-μm. Ini juga mengurangi masalah yang terjadi pada pengaturan cahaya rendah di mana cahaya yang dibutuhkan sangat kurang memadai,” ungkap Haechang Lee.

Situs web Samsung menyebutkan bahwa resolusi pencocokan mata manusia adalah sekitar 500MP, dan perusahaan berharap untuk melampaui level ini. Dengan sensor 576Mp-nya, mereka yakin bisa mencapai target ini. Namun, ini tidak berarti akan nyaman digunakan di smartphone. Sebaliknya, sensor semacam itu dapat digunakan di kendaraan otonom, drone, dan peralatan medis. Kendaraan otonom juga membutuhkan chip super kuat untuk memproses gambar dan video dari sensor resolusi tinggi tersebut. Jadi asumsi bahwa sensor seperti itu tidak akan muncul di smartphone cukup logis.

Samsung ISOCELL GN2

Sensor ISOCELL GN2 50MP Samsung akan menjadi pilihan yang baik untuk smartphone karena ukuran pikselnya yang besar (2,8µm), autofokus piksel ganda, pemrosesan HDR yang sangat baik, perekaman video 4K 120fps dan 8K 30fps, dan noise rendah. Galaxy S22 dan Galaxy S22+ dapat menggunakan sensor 50MP ini.

Yang terakhir mampu menangkap foto 100MP dengan mengatur ulang piksel warna menggunakan “algoritma re-mosaik yang cerdas”. Foto 100MP memiliki tiga lapisan 50MP dalam warna Hijau, Biru, dan Merah. Karena algoritme khusus, sensor akan melapisi, meningkatkan, dan menggabungkan gambar untuk menghasilkan fotografi resolusi tinggi.

Selain itu, ini adalah sensor pertama Samsung yang menggunakan Dual Pixel Pro. Yang terakhir adalah solusi PDAF paling canggih milik Samsung. Alih-alih membagi semua piksel merah, hijau, dan biru secara vertikal, piksel hijau dibagi secara diagonal. Bagian atas dan bawah dapat membaca perbedaan bertahap di sisi kiri dan kanan. Ini menghasilkan fokus otomatis yang lebih cepat dan lebih akurat, terutama dalam kondisi sulit seperti lingkungan dengan cahaya redup atau objek yang bergerak cepat.

Leave a Reply

Send this to a friend