Samsung Display Hadirkan Layar Laptop OLED 90Hz

Samsung Display Hadirkan Layar OLED 90Hz Untuk Laptop Gaming

NESABAMEDIA.COMSamsung Display mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan layar OLED 90Hz pertama di dunia yang akan digunakan di laptop gaming, dan perilisan pertama akan dilakukan pada bulan Maret ini.

Teknologi layar perangkat merupakan faktor paling penting bagi pengguna yang hendak membeli smartphone, tablet atau laptop. Dalam hal komputasi, memiliki layar dengan spesifikasi terbaik adalah salah satu hal yang paling diutamakan, khususnya untuk laptop gaming

Samsung Display pun mengungkap rencana mereka untuk menghadirkan teknologi layar laptop ke level berikutnya. Lebih lanjut, divisi yang fokus dalam masalah teknologi layar Samsung ini, akan membuat panel OLED 90Hz. Mereka mengklaim ini adalah teknologi pertama yang pernah ada di dunia. 

Teknologi OLED sendiri sejauh ini mendapatkan sambutan hangat di pasar sebagai teknologi layar terdepan karena mampu reproduksi warna hitam yang sangat baik. Namun, teknologi ini sebelumnya hanya terbatas pada 60Hz saja. Panel OLED baru Samsung untuk laptop dan notebook akan mengubah hal itu.

CEO Joo Sun Choi mengatakan bahwa panel pertama akan mulai diproduksi di bulan Maret dan berukuran 14inci. 

Teknologi ini tentunya akan memberikan dampak sangat besar ke perangkat PC berbasis Windows 10, yang sejauh ini belum memiliki panel OLED dengan performa yang lebih baik. Khususnya di pasar gaming, yang telah menjadi konsumen terbesar dari penjualan perangkat PC Windows. 

Dengan kehadiran teknologi pada layar buatan Samsung ini, nantinya refresh rate 60Hz hanya akan menjadi teknologi standar dan cenderung medioker. Pasalnya, saat ini sebagian besar para gamer juga telah memiliki monitor dengan refresh rate hingga 120Hz atau 144Hz. Namun untuk perangkat laptop, kecepatan sebesar itu untuk layar OLED masih belum ada. 

Memang, refresh rate 90Hz bukanlah kecepatan refresh yang bisa diandalkan untuk sebuah monitor gaming. Namun tetap saja akan memberikan tampilan yang solid untuk sebuah perangkat mobile seperti laptop. 

Pihak Samsung Display sendiri belum mengatakan kapan akan meningkatkan produksi ke ukuran layar lainnya, namun lini produk yang lebih luas untuk tahun 2021 ini tampaknya akan segera diwujudkan oleh perusahaan.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend