Samsung Exynos Dengan GPU AMD Akan Hadirkan Ray Tracing ke Perangkat Smartphone

Samsung Exynos Dengan GPU AMD Akan Hadirkan Ray Tracing ke Perangkat Smartphone

NESABAMEDIA.COMJika kembali ke bulan Juni lalu dalam acara Computex 2021, AMD mengumumkan kedatangan teknologi grafis RDNA 2 pada Samsung Exynos SoC generasi berikutnya. Dan seperti rumor yang beredar, chipset pertama yang ditenagai oleh AMD adalah Exynos 2200.

Baru-baru ini Samsung Galaxy S22 Plus yang ditenagai oleh Exynos 2200 muncul di Geekbench. Meskipun GPU AMD pada SoC Exynos yang baru itu disebutkan bakal menawarkan ray shading dan juga ray tracing, Samsung juga baru saja mengumumkan bahwa mereka sedang berupaya menghadirkan teknologi ray tracing ke GPU Exynos yang baru. 

Sebuah postingan di situs Weibo oleh Samsung mengkonfirmasi kabar tersebut, namun tidak lama setelahnya, postingan itu menghilang.

Ray tracing akan mensimulasikan perilaku fisik cahaya dan didasarkan pada perhitungan posisi cahaya dan area pantulan. Samsung juga menyebutkan game seluler sehingga mungkin nantinya kita akan segera melihat game yang mendukung ray tracing di perangkat smartphone modern.

Exynos 2200 yang baru-baru ini muncul di Geekbench memiliki fitur CPU octa-core dengan inti CPU utama 2.59GHz, tiga core CPU berkinerja tinggi dengan clock 2.5GHz, dan empat core CPU hemat daya yang memiliki clock 1.73GHz. Meskipun banyak spekulasi menyebut bahwa Exynos 2200 bisa saja menggunakan inti CPU Cortex-X2, Cortex-A710 dan Cortex-A510 berdasarkan arsitektur ARM v9, daftar benchmark menunjukkan inti yang sebenarnya dari CPU ARM v8. Chipset ini hadir dengan modem 5G terintegrasi dan GPU Mobile Radeon berbasis AMD RDNA2.

Beberapa benchmark sebelumnya dari chipset yang sama telah menunjukkan bahwa itu lebih baik daripada A14 Bionic Apple dalam hal kinerja grafis, tetapi daftar terbaru di Geekbench menunjukkan kinerja yang berada di kisaran rata-rata oleh Exynos 2200 yang sama.

Sampai sekarang, belum jelas mengapa chipset yang sama menunjukkan dua hasil yang sangat berlawanan, tetapi sebuah sumber mengklaim bahwa itu mungkin karena Galaxy S22 Plus sedang dalam mode hemat daya saat pengujian dilakukan. Apapun alasannya, sekarang telah dikonfirmasi bahwa kolaborasi erat sedang terjadi antara Samsung dan AMD, yang bertujuan membawa ray tracing ke perangkat seluler dan smartphone flagship akan segera menawarkan hal yang sama kepada para maniak game mobile. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments