• Our Partners:

Samsung Siapkan Gadget Baru Untuk Metaverse

Samsung Siapkan Gadget Baru Untuk Metaverse

NESABAMEDIA.COMSamsung Electronics sedang mengembangkan sebuah gadget Metaverse yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menjelajahi ruang virtual, bergabung dengan Meta dan Microsoft yang mempertaruhkan upaya terbaik mereka dalam teknologi terbaru. 

Saat menghadiri event MWC 2022 di Barcelona, Wakil Ketua dan CEO Han Jong-Hee dari Samsung Electronics membicarakan mengenai rencana mereka untuk merilis perangkat keras terkait Metaverse pada tahun ini. 

“Silahkan menantikan peluncurannya, karena kami saat ini sedang berupaya dengan keras untuk bisa mewujudkan perangkat keras untuk Metaverse, karena sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk ke standar tertinggi,” ungkap Han Jong-Hee. 

Sayangnya, dirinya tidak mengungkap jenis perangkat keras seperti apa yang akan dihadirkan. Sementara sumber orang dalam dari perusahaan mengatakan bahwa perangkat gadget yang dimaksud itu adalah sepasang kacamata pintar (smart glasses) yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR), yang dalam deskripsinya menyebut soal Metaverse. 

Metaverse mengacu pada dunia virtual di mana representasi digital dari pengguna, dalam bentuk avatar, bisa saling melakukan interaksi di dalamnya, secara real-time. Versi lanjutan dari konsep tersebut adalah pencitraan dalam bentuk digital 3 dimensi dari dunia fisik yang mendukung kontinuitas identitas, objek, transaksi pembayaran, dan banyak aspek dari dunia nyata lainnya.

Perusahaan teknologi besar seperti Meta, Google maupun Microsoft telah membuat kacamata pintar AR, baik dalam bentuk prototype atau produk komersial selama bertahun tahun, namun mereka kini mencoba meningkatkan taruhannya dengan konsep Metaverse. 

Beberapa media menduga bahwa Apple juga berada di jalur yang sama untuk mengembangkan produk serupa, dan akan melakukan peluncuran pada awal tahun ini. Apple tidak menyangkal atau mengakui spekulasi tersebut, meskipun CEO Tim Cook telah cukup vokal dengan janji mengenai pasar Metaverse akhir-akhir ini. 

Sebelumnya, Samsung Electronics mencoba menghadirkan headset VR dengan seri Gear VR yang bekerja sama dengan Oculus, sayangnya produk itu gagal diluncurkan dan akhirnya pengembangannya ditangguhkan pada tahun 2019 lalu. 

Selain mengumumkan adanya produk baru untuk Metaverse, Samsung juga memamerkan laptop terbaru dan smartphone Galaxy S22 di MWC 2022 Barcelona. Seri Galaxy Book 2 Pro itu hadir dengan peningkatan keamanan dan fitur yang disesuaikan untuk pengguna yang bekerja di lokasi berbeda. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend