Samsung Tengah Kembangkan Generasi Kedua Kamera Smartphone 200MP

Samsung Tengah Kembangkan Generasi Kedua Kamera Smartphone 200MP

NESABAMEDIA.COMSamsung tahun lalu mengumumkan kamera 200MP pertama di dunia untuk smartphone. Diumumkan pada bulan September tahun lalu, ISOCELL HP1 masih belum menemukan jalan untuk terpasang di perangkat apapun sejauh ini. Namun, Samsung melaporkan bahwa mereka tengah mengerjakan versi generasi keduanya. Mereka tengah mengembangkan peningkatan pada kamera 200MP tersebut dan itu akan bernama ISOCELL HP3. 

Laporan terbaru tidak menjelaskan detail teknis dari sensor gambar resolusi ultra-tinggi tersebut. Jadi tidak begitu jelas apakah itu akan memiliki footprint 1/1,22 inci yang sama dengan pendahulunya atau akan lebih besar. Yang pasti itu tidak akan bisa lebih kecil lagi. Versi generasi pertama sudah memiliki piksel kecil berukuran 0,64 um. Memasang 200 juta piksel dalam sensor yang lebih kecil akan semakin mengurangi ukuran piksel, yang justru akan bisa mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

ISOCELL HP1 menangkap gambar beresolusi 200MP dalam kondisi cerah. Tetapi ketika lingkungan menjadi lebih gelap, ia menggunakan teknologi piksel binning untuk meningkatkan ukuran piksel. Ini memungkinkan lebih banyak cahaya untuk mencapai sensor. Kamera ini bisa menangkap bidikan 50MP dengan binning 2×2 piksel, yang menghasilkan piksel berukuran 1,28um.

Namun jika kondisi terlalu gelap, itu akan menggabungkan 16 piksel (4×4 piksel binning) untuk lebih meningkatkan ukuran piksel menjadi 2,56um. Dengan demikian, sensor akan menerima lebih banyak cahaya untuk output yang lebih baik. Gambar diam keluar sebagai gambar beresolusi 12,5MP. 

Seperti yang mungkin sudah anda duga, tidak ada gunanya untuk terus meningkatkan jumlah megapiksel di kamera smartphone. Karena tidak ada banyak ruang di dalam perangkat untuk membuat sensor lebih besar, sehingga akhirnya produsen memilih piksel yang lebih kecil. Pada akhirnya, kita berakhir dengan gambar beresolusi lebih rendah, karena resolusi penuh hanya berguna dalam kondisi terang untuk menangkap lebih banyak detail.

Samsung juga menjadi perusahaan pertama di dunia yang meluncurkan kamera 108MP untuk smartphone. Namun mereka bukan yang pertama menggunakan sensor itu di produk mereka. Samsung memang memiliki kebiasaan semacam itu, dan akan menjadikan OEM lain untuk melengkapi solusi generasi pertama tersebut. 

Mereka memilih untuk menyempurnakan sensor itu untuk beberapa waktu sebelum menempatkannya di perangkat mereka sendiri. Diyakini, hal yang sama akan mereka lakukan pada kamera 200MP tersebut.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
rohman
rohman
5 days ago

tinggal nunggu, smartphone mana yang pakai duluan

Send this to a friend