Seberapa Aman Clubhouse Dibandingkan Aplikasi Sosmed Lain

Seberapa Aman Clubhouse Dibandingkan Aplikasi Sosmed Lain?

NESABAMEDIA.COMClubhouse, aplikasi media sosial berbasis audio yang viral, kini mulai diluncurkan di perangkat Android setelah satu tahun menjadi aplikasi eksklusif di iPhone. Clubhouse menjadi begitu populer meskipun menggunakan sistem undangan antar pengguna, dan tentu saja memang ada beberapa selebritis dan tokoh terkenal seperti Elon Musk dan Oprah Winfrey yang menggunakannya. 

Clubhouse mulai hadir di perangkat Android, namun terbatas hanya di Amerika Serikat saja untuk saat ini, dan sepertinya akan menjangkau sekitar 2 miliar pengguna Android dalam beberapa bulan mendatang. Namun sejak peluncurannya itu dan pertumbuhan pengguna yang juga semakin meningkat, ada kekhawatiran tentang keamanan dan privasinya. 

Seberapa amankah Clubhouse dibandingkan aplikasi media sosial lainnya?

Pada bulan April yang lalu, terungkap bahwa data pengguna termasuk ID, Nama Akun, Nama Pengguna di Twitter dan Instagram bocor secara online dan di unggah ke sejumlah forum bawah tanah. Namun Clubhouse mengatakan bahwa hal ini bukanlah karena adanya pelanggaran, melainkan itu memang informasi yang bisa diakses oleh publik. 

Kebijakan privasi Clubhouse menjelaskan bahwa mereka akan mengumpulkan data personal seperti nama, nomor telepon, alamat email, foto dan dalam beberapa kasus tertentu akan mengumpulkan data mengenai sekolah, kelompok ataupun kelas yang diikuti. 

“Jumlah data yang dikumpulkan oleh Clubhouse lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya. Meskipun sistemnya eksklusif lewat undangan khusus untuk menggunakan aplikasi ini, namun ini adalah sebuah yang sangat berpotensi untuk disalahgunakan. Kemungkinan itu seperti membayar atau menyerahkan data lainnya untuk bisa mendapatkan undangan. Oleh karena, pengguna diharapkan bisa menjaga data pribadi mereka ketika menggunakan Clubhouse” kata peneliti keamanan dari ESET. 

Sementara itu pihak dari Clubhouse mengatakan bahwa mereka meminimalisir pengumpulan data pengguna dan tidak akan melakukan pelacakan termasuk menyimpan riwayat aktivitas pengguna. Mereka juga mengklaim telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan keamanan siber. 

Jadi mengingat beberapa hal di atas, semua kembali kepada pribadi masing-masing namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan saat menggunakan aplikasi ini. Pertama pastikan yang digunakan adalah aplikasi yang benar-benar asli. Lalu hanya terima undangan dari orang yang anda kenal. Kemudian pahami permintaan izin yang diminta aplikasi itu. Terakhir, saat aktif menggunakan Clubhouse, pastikan informasi yang anda bagikan tidak mengganggu dan merugikan orang lain.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend