Seberapa Penting Fitur Kecepatan Refresh Pada Smartphone

Seberapa Penting Fitur Kecepatan Refresh Pada Smartphone?

NESABAMEDIA.COMKini ada tren baru pada industri smartphone, yakni kecepatan refresh layar atau refresh rate. Razer adalah yang memulainya pada tahun 2017 silam, dan sejak saat itu kecepatan refresh layar semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kini setiap pabrikan smartphone memiliki model perangkat dengan kecepatan refresh tinggi pada portofolio mereka, dan fitur ini sepertinya membentuk perilaku pembelian. 

Brand smartphone utama bahkan telah banyak yang mengadopsi kecepatan refresh hingga 120Hz, seperti Apple, Samsung, OnePlus, Sony dan juga Google yang semuanya memiliki produk smartphone flagship dengan layar berkecepatan refresh super. Namun apakah kecepatan refresh layar memang sepenting itu?

Apa Itu Kecepatan Refresh Layar?

Layar smartphone anda terbuat dari piksel berukuran mini yang menampilkan beragam informasi berbeda, sampai warna tertentu. Kecepatan refresh ini adalah jumlah seberapa sering sebuah piksel dalam satuan detik mampu mengubah informasi yang ditampilkan.

Dengan setiap siklusnya, informasi baru dikirimkan dan itulah yang disebut dengan ‘refreshes’. Layar smartphone konvensional rata-rata mampu mengubah informasi yang ditampilkan dalam hitungan 60 kali per detik, dan ini kemudian disebut dengan 60Hz. Hz atau Hertz adalah satuan untuk frekuensi, di mana 1 hertz setara dengan 1 siklus per detik.

Rata-rata mata manusia tidak bisa mendeteksi kecepatan refresh di atas 60Hz, namun kecepatan refresh yang lebih tinggi akan dirasakan secara tidak sadar. Meskipun anda tidak bisa benar-benar melihat semua siklus itu, otak anda akan bisa menerimanya dan menerjemahkannya sebagai tampilan yang lebih halus. 

Mungkin ini akan sedikit kontroversial, namun seorang gamer sejati akan bisa dengan cepat membedakan dan merasakan kecepatan refresh di perangkat smartphone mereka. Perlu dicatat bahwa kecepatan refresh itu berbeda dengan Frame Rate. 

Beda Kecepatan Refresh dan Frame Rate

Jika kecepatan refresh adalah kemampuan untuk menampilkan informasi untuk setiap piksel, maka frame rate adalah perubahan sebenarnya yang terjadi. Jika anda memiliki sebuah gambar statis atau tidak bergerak, katakanlah halaman sebuah buku, maka frame ratenya adalah 0, meskipun kecepatan refresh layarnya 120Hz atau lebih tinggi. 

Oleh karena itu, pabrikan smartphone biasanya akan menerapkan kecepatan refresh layar yang variabel atau beragam, untuk menurunkan kecepatan refresh ketika konten yang ditampilkan sebenarnya tidak membutuhkan kecepatan refresh rate yang tinggi. Dengan kata lain, jika anda melihat sebuah film aksi atau bermain game dengan kecepatan tinggi, frame rate biasanya cenderung tinggi juga, karena segalanya akan berubah dengan sangat cepat di layar, dan itulah di mana kecepatan refresh yang tinggi sangat berguna. 

Jika anda mencoba menampilkan konten berkecepatan tinggi pada layar yang hanya mendukung kecepatan refresh 60Hz, maka gambar akan ditampilkan sangat buruk, karena layar tidak mampu menjaga kecepatan dan memperbarui pikselnya tepat waktu. Berikut adalah video yang mendemonstrasikan kemampuan ini:

Apakah Kecepatan Refresh Tinggi Itu Penting?

Setelah dilakukan pengujian terhadap perangkat smartphone selama beberapa tahun terakhir, ternyata ada persepsi yang berbeda antara layar 60Hz dengan 120Hz, bahkan ketika menggulir halaman media sosial dan teks secara umum. 

Dengan kata lain, jika anda memaksa layar smartphone anda berada pada kecepatan refresh 120Hz secara terus menerus, maka baterai anda akan cepat habis. Namun, jika anda bukanlah seorang gamer, mungkin pengorbanannya akan terlalu besar, mengingat smartphone 120Hz atau lebih tinggi, memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan 60Hz atau 90Hz. 

Dari polling yang dilakukan untuk mengetahui seberapa penting kecepatan refresh pada sebuah perangkat smartphone, ditemukan sejumlah fakta menarik. 

Sebagian besar (36,58%) pengguna menyebut bahwa kecepatan refresh tidak terlalu penting, dan lebih baik kemampuannya dialihkan untuk fitur lainnya. Sementara sebanyak 34,4% menyebut bahwa fitur kecepatan refresh itu penting, namun harus memiliki variasi yang bisa berubah secara otomatis, misalnya dari 10Hz sampai 120Hz.

Kemudian sebanyak 28,29% mengatakan bahwa kecepatan refresh adalah fitur yang sangat penting, karena dianggap akan memberikan tampilan yang jauh lebih baik. Sisanya (0,73%) pengguna mengatakan bahwa mereka lebih memikirkan masalah baterai untuk penggunaan yang tahan lama serta alasan lain seperti tergantung pada kebutuhan penggunaan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend