Segalanya Tentang Qualcomm Snapdragon 898

Segalanya Tentang Qualcomm Snapdragon 898

Jika anda adalah seorang penggemar smartphone Android, maka Snapdragon 898 atau juga kadang disebut Snapdragon 895 adalah sebuah hal yang besar, sebab chipset ini bakal mentenagai hampir semua smartphone flagship Android tahun 2022 mendatang. 

Ini adalah penerus dari Snapdragon 888, yang ada di OnePlus 9 dan juga Samsung Galaxy S21, dan menjadi chipset smartphone terbaik Qualcomm. Dan sepertinya, juga akan menjadi chipset smartphone terbaik, karena rivalnya seperti MediaTek dan Exynos dinilai tidak sebagus Snapdragon 898.

Qualcomm Snapdragon 898 kemungkinan akan diumumkan secara resmi pada tanggal 30 November mendatang, yang mengawali gelaran Snapdragon Tech Summit yang berlangsung selama dua hari itu. Kemungkinannya sangat besar, mengingat sejarah Qualcomm sebelumnya yang juga meluncurkan Snapdragon 888 di acara yang sama tahun lalu. Sampai saat ini, Qualcomm sendiri masih belum mengungkap tanggal resmi peluncuran chipset ini.

Tentu saja, meskipun Snapdragon 898 sudah diumumkan, anda mungkin harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa menemukannya di perangkat smartphone. Namun rumor lain menyebutkan bahwa smartphone pertama dengan chipset itu akan diungkap sebelum akhir tahun 2021. 

Sejauh ini rumor dan bocoran yang beredar kebanyakan membahas soal smartphone mana yang akan menggunakan Snapdragon 898. Hanya sebuah benchmark yang mengungkap seperti apa spesifikasi yang dibawa chipset ini. 

Diketahui, chipset tersebut memiliki GPU Adreno 730 yang baru dan delapan inti, sebuah inti kuat Cortex-X2 dengan clock speed 2.42GHz, tiga 2.17 GHz Cortex A710 dan empat 1.79GHz Cortex A510 untuk efisiensi. 

Chipset ini juga dikabarkan akan dibuat dengan proses fabrikasi 4nm, yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 888 dengan proses 5nm. Ini berarti Qualcomm berhasil menjadikannya lebih powerful dan efisien, tanpa secara signifikan meningkatkan ukurannya. 

Akan banyak sekali smartphone yang bakal menggunakan Snapdragon 898, dan hampir semuanya telah beredar rumornya. Termasuk itu adalah Samsung Galaxy S22 yang kemungkinan diluncurkan bulan Februari tahun depan, namun kemungkinan akan didahului oleh Xiaomi 12 di bulan Desember mendatang, walau itu terbatas untuk pasar Cina terlebih dahulu. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend