Segalanya Tentang Skin Android Oppo, Color OS

Segalanya Tentang Skin Android Oppo, Color OS

NESABAMEDIA.COMJika anda memiliki ponsel Oppo, perangkat lunak yang anda gunakan itu adalah Color OS. Ini adalah “skin” Android, yaitu sebuah kustomisasi perangkat lunak dengan basis Android. Perangkat lunak Oppo juga muncul di ponsel OnePlus Cina. Sebelumnya, Color OS juga muncul di ponsel Realme juga, tetapi kini mereka telah memiliki skin Realme UI sendiri.

Oppo adalah salah satu merek smartphone terbesar di dunia, sehingga skin-nya digunakan di jutaan perangkat. Jika anda belum pernah menggunakan ponsel Oppo sebelumnya, anda mungkin bertanya-tanya seperti apa rasanya. Bahkan jika anda sudah memilikinya, anda mungkin ingin tahu lebih banyak tentangnya. Bagaimanapun, anda berada di tempat yang tepat! Nesabamedia.com akan memberi anda banyak informasi berguna tentang Color OS.

Sekilas Tentang OS Warna

Skin Android buatan Oppo ini sangat berbeda dari stok Android. Google Pixel UI, OnePlus Oxygen OS, dan bahkan Samsung One UI semuanya masih mempertahankan nuansa umum dan tampilan Android di seluruh sistem operasi. Oppo, memberikan pengalaman yang sangat berbeda.

Seperti yang diperkirakan, hal tersebut menjadikan pro dan kontar. Beberapa pengguna benar-benar menikmati nuansa kartun yang penuh warna dan menghargai kekayaan fitur yang ditawarkannya. Sementara lainnya tidak suka betapa drastisnya Oppo mengubah Android dan menganggapnya membingungkan. Pada akhirnya, anda harus memutuskan sendiri dengan selera anda.

Perhatikan bahwa, di masa depan, Color OS dan OnePlus Oxygen OS akan bergabung jadi satu. Ini akan membuat sistem operasi terpadu yang belum disebutkan namanya yang akan muncul di semua ponsel OnePlus dan Oppo. 

Versi Baru Color OS

Oppo telah menjadi sangat cepat dalam memberikan pembaruan ke smartphone-nya. Mereka meluncurkan banyak ponsel di seluruh dunia, dan beberapa ponsel mendapatkan pembaruan lebih banyak atau lebih cepat daripada yang lain. 

Sampai sekarang, sebagian besar ponsel Oppo yang dirilis dalam satu tahun terakhir ini menggunakan perangkat lunak versi terbaru, yaitu Color OS 11. Seperti namanya, ini didasarkan pada Android 11, yang diluncurkan pada tahun 2020.

Jika anda tidak tahu versi Color OS mana yang ada di perangkat Oppo atau OnePlus Cina anda miliki, anda dapat dengan mudah memeriksanya. Langkah-langkah ini juga akan memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak atau tidak. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Android Settings.
  • Gulir ke bagian bawah daftar dan ketuk bagian Software Update.
  • Ponsel akan secara otomatis memeriksa pembaruan.
  • Setelah pemeriksaan selesai, sistem akan memberitahu dan nomor versi Android dan Color OS saat ini. Informasi tersebut muncul di bawah logo perangkat lunak.
  • Jika Color OS sudah ada versi terbarunya, tetapi anda tidak memiliki versi terbaru itu, berarti ponsel anda belum menerima pembaruan. Mungkin juga ponsel anda terlalu tua untuk mendapatkan pembaruan.

Sejarah Singkat

Versi pertama Color OS diluncurkan pada September 2013. Oppo telah merilis banyak smartphone Android sebelumnya, tetapi perangkat lunak pada perangkat tersebut tidak memiliki judul yang tepat. Itu bukan stok Android, tetapi Oppo tidak memberi label sebagai Color OS. Color OS 1.0 didasarkan pada Android 4 Jelly Bean.

Selama bertahun-tahun, Oppo meluncurkan versi baru skin Android bersama versi resmi baru dari sistem operasi. Pada November 2019, perusahaan membuat hal-hal yang cukup membingungkan dengan mengumumkan bahwa Color OS 6.7 akan ditingkatkan ke Color OS 8. Namun pada akhirnya, perusahaan justru membatalkan rencana ini dan beralih ke Color OS 7.

Untuk membuat segalanya lebih jelas, pada tahun 2020 perusahaan mengungkapkan bahwa mereka akan mengadopsi skema penomoran yang sama dengan Android. Dengan demikian, Color OS melompat dari v7 ke v11 dengan peluncuran Android 11. Tahun ini, kita akan melihat peluncuran Color OS 12 berdasarkan Android 12.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, skin Android Oppo juga muncul di ponsel dari sub-merek Realme. Namun, pada tahun 2020, Realme menghentikan praktik ini dan merilis skinnya sendiri yang dikenal sebagai Realme UI.

Fitur Unik Terbaik Dari Color OS

Setiap skin Android di luar sana memberikan ciri khasnya masing-masing. Berikut adalah empat hal yang dapat dilakukan Color OS yang tidak dapat dilakukan oleh kebanyakan skin lainnya:

Three-Fingers Translation

Sangat mudah menggunakan Google Terjemahan atau Google Lens di smartphone untuk mengonversi teks ke bahasa yang diinginkan. Namun, untuk melakukannya, anda perlu menghentikan apa yang sedang anda lakukan, membuka aplikasi tersebut, dan menavigasi ke apa yang ingin anda terjemahkan.

Dengan Color OS 11, anda cukup menggesek layar dengan tiga jari, di mana pun anda berada. Ini akan menangkap tangkapan layar. Setelah itu terjadi, anda cukup mengetuk tombol terjemahkan yang muncul, dan boom, teks diterjemahkan menggunakan kekuatan Google Lens.

Transisi Home Screen

Pada sebagian besar smartphone, animasi yang terjadi saat menggeser layar beranda cukup standar. Dengan Color OS, anda dapat menyesuaikan ini dengan sangat mudah. “Roll” membuatnya tampak seperti anda sedang memutar gulungan saat anda pindah ke layar berikutnya.

“Cube” membuatnya tampak seperti layar beranda anda adalah panel dari kotak besar dan anda bergerak dari satu sisi ke sisi lain. Ada juga pilihan lain, seperti “Flip”, “Card”, dan “Tilt”. Anda harus mencoba semuanya untuk mencari tahu mana yang paling cocok untuk anda.

Kustomisasi

Color OS menawarkan banyak pilihan penyesuaian. Anda dapat melakukan hal-hal dasar seperti mengubah font seluruh sistem, warna, suara, dan lainnya. Namun, anda juga dapat membuat elemen sistem sendiri. Misalnya, anda dapat membuat nada dering sendiri menggunakan sentuhan dan gesekan pada pengontrol warna-warni. Anda bahkan dapat menggunakan sistem serupa untuk membuat wallpaper dan desain always-on display (AOD) sendiri.

O Relax

Aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya di banyak ponsel Oppo disebut O Relax. Ini menampilkan suara white noise dari berbagai sumber yang dapat anda pilih untuk diputar selama jangka waktu tertentu. Gelombang laut, kebisingan sekitar dari berbagai kota di seluruh dunia, hujan badai, dan bahkan kreasi sintetis seperti “perjalanan ruang angkasa” semuanya tersedia. Tentu, anda dapat mengunduh aplikasi lain semacam ini, tetapi cukup menarik juga bahwa aplikasi ini sudah tersedia secara out-of-the box dari Oppo.

Leave a Reply

Send this to a friend