Sekilas Windows 12, Calon Penerus dari Windows 11

Sekilas Windows 12, Calon Penerus dari Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 baru saja berumur beberapa bulan, namun sudah ada rumor yang mengatakan bahwa Microsoft akan segera memulai pengembangan penerus sistem operasi itu, yakni Windows 12. 

Tahun lalu, banyak orang tidak akan mengira akan ada versi Windows baru. Pasalnya, Microsoft juga sebelumnya telah mengatakan bahwa Windows 10 akan menjadi versi terakhir dari sistem operasi mereka, dan hanya akan menambahkan fitur-fitur baru setidaknya dua kali dalam setahun. 

Namun, Microsoft merombak rencana tersebut dengan meluncurkan Windows 11, yang muncul sebagai konsep abstrak menjadi pengumuman resmi dalam hitungan minggu saja.

Pembatalan Windows 10X juga mempengaruhi keputusan Microsoft, namun Satya Nadella dan rekan-rekannya memang sudah lama memikirkan soal sistem operasi yang baru. 

Dengan tidak adanya jaminan mengenai usia dari Windows 11, sangat logis jika nantinya kita akan mendapatkan penerus dari sistem operasi tersebut. Namun, apakah itu nanti akan hadir lebih cepat dari yang kita bayangkan? Sebab, rumor mengenai Windows 12 juga mulai mengemuka, dan bahkan salah satu sumber terpercaya menyebut pengembangannya akan segera dimulai. 

Windows 12 Sudah Mulai Dikerjakan?

Kemungkinan besar hal ini benar. Windows XP dan Windows 7 terus mendapatkan pembaruan di usianya yang masing-masing telah memasuki 12 dan 11 tahun, sementara Windows 10 akan berusia 1 dekade ketika dukungannya berakhir pada bulan Oktober 2025. Dukungan empat tahun Windows 8 dikecualikan di sini, karena tanggapan luar biasa negatif yang didapatkan. 

Jika Microsoft melanjutkan tren ini, maka Windows 11 akan memasuki masa akhir dukungan antara tahun 2031 dan 2033. Jika kasusnya demikian, maka versi Windows baru akan tersedia lebih awal dari tahun tersebut. 

Akan tetapi, ada beberapa tanda bahwa Windows 12 akan hadir lebih cepat dari yang diperkirakan. Sebelumnya, Deskmodder mengatakan bahwa Microsoft akan memulai persiapan sistem operasi baru itu pada bulan Maret ini.

Kapan Windows 12 Dirilis?

Hal ini masih sangat buram, meski sudah ada laporan dari Deskmodder tersebut. Walaupun hal tersebut benar, OS baru itu masih sangat lama kehadirannya. Pengembangan dari sebuah sistem operasi baru biasanya memakan waktu bertahun-tahun, apalagi jika itu tidak dibangun menggunakan substruktur dari Windows sebelumnya. 

Mengingat bagaimana Microsoft mampu mengejutkan publik dengan peluncuran Windows 11, maka sangat sulit juga untuk memprediksi kapan Windows 12 akan diumumkan. Perusahaan sepertinya mampu untuk secara efektif mencegah terjadinya kebocoran pengembangan internal produk mereka.

Apakah Windows 12 Gratis?

Sangat mungkin. Microsoft menawarkan peningkatan Windows 10 secara gratis, dan masih tersedia sampai sekarang. Begitu juga dengan Windows 11 yang tidak akan menarik biaya apapun kepada anda, asalkan perangkat yang anda miliki telah memenuhi syarat. 

Begitu Windows 12 dirilis, maka itu kemungkinan besar akan ditawarkan secara gratis. Microsoft sangat tertarik dan berambisi untuk membawa semakin banyak orang ke sistem operasi baru secepat mungkin.

Akankah Windows 12 Memiliki Persyaratan Perangkat Yang Berbeda?

Kemungkinan, namun sangat sulit untuk memprediksi seperti apa persyaratan hardware itu nantinya. Di saat banyak perangkat laptop dan PC yang memiliki desain inti yang sama selama beberapa dekade, banyak spesifikasi lain yang berubah dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir. 

Persyaratan minimal pada Windows 11 terbukti menjadi hal yang kontroversial, namun fitur keamanan seperti TMP dan Secure Boot hanya akan menjadi sesuatu yang penting untuk Microsoft saja di masa mendatang. 

Mungkin anda akan membutuhkan chipset terbaru dari Intel, AMD atau Qualcomm, namun saat itu pabrikan chipset lainnya juga akan muncul. Diperkirakan syarat minimal sekarang ini dengan RAM 4GB, penyimpanan 64GB dan layar 720p, pasti akan ditingkatkan. 

Apa Saja Fitur Baru di Windows 12?

Sampai saat ini tidak diketahui apa saja fitur baru yang akan ada di Windows 12, karena masih dalam tahap sangat awal, dan mungkin hal yang sama juga dialami oleh Microsoft.

Deskmodder sebelumnya juga mengatakan bahwa kemungkinan Windows 12 akan dibangun dari nol, ketimbang berbasis pada sistem operasi sebelumnya. Itulah yang terlihat pada Windows 10X, sebelum akhirnya banyak fitur yang ada di sana dipindahkan ke Windows 11.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend