Setelah Optimasi 3 Tahun, Google Chrome Kini Lebih Cepat di Windows 10 dan 11

Setelah Optimasi 3 Tahun, Google Chrome Kini Lebih Cepat di Windows 10 dan 11

NESABAMEDIA.COMMenjelajahi web di Google Chrome untuk Windows 10 dan 11 kini akan terasa lebih cepat daripada sebelumnya, berkat peningkatan secara internal dari program browser buatan Google itu. Selama ini, baik Microsoft dan Google terus berupaya untuk mengurangi prioritas dari tab latar belakang dengan menekan JavaScript. 

Sejauh ini, upaya tersebut telah mampu mengurangi penggunaan CPU, GPU dan memori dari browser berbasis Chromium, dan ada lebih banyak memori, CPU dan GPU untuk tab di bagian depan yang aktif digunakan oleh pengguna. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, solusi Google selama ini hanya terbatas pada upaya optimasi tab latar belakang saja. Mereka sebelumnya tidak fokus pada penggunaan latar belakang jendela atau jendela yang diperkecil ke taskbar atau dipindahkan dari layar. Jika jendela itu diperlakukan seperti tab latar belakang, maka kinerja Chrome akan jauh lebih baik lagi. 

Berdasarkan teori dan hipotesa ini, Google mulai mengerjakan sebuah proyek bernama “Native Window Occlusion” untuk mengurangi penggunaan tab latar belakang di jendela yang ‘tersumbat’ yang tidak terlihat oleh pandangan pengguna. 

Google telah mengerjakan proyek ini lebih dari tiga tahun lamanya, dan sekarang diklaim telah mampu mengatasi masalah kompatibilitas dengan pengaturan monitor ganda, desktop virtual dan lainnya. Sebagai bagian dari proyek optimasi ini, Google mengabaikan jendela yang diperkecil, desktop virtual sebagai jendela yang ‘tersumbat’. 

“Thread yang terhambat atau tersumbat itu memberi tahu Windows mengenai apa saja event yang terjadi di Windows. Thread antarmuka akan memberitahu Windows bahwa ia ingin tahu kapan ada perubahan status besar, misalnya ketika monitor dimatikan, atau pengguna mengunci layar,” tulis Google dalam catatannya pada postingan blog resminya. 

Google telah menguji fitur ini cukup lama dan kini telah tersedia untuk semua pengguna Windows. Klaimnya, Chrome kini telah lebih cepat 25,8% saat startup dan diketahui mengalami penurunan penggunaan memori hingga 3,1%. Google juga melaporkan terjadinya rendering bingkai lebih sedikit 20,4% dan crash saat rendering berkurang hingga 4,5%. 

Kini Chrome akan menyimpan sumber daya untuk jendela yang lebih penting, dan perubahan ini utamanya ditujukan untuk mengurangi proses pemuatan dan halaman yang memiliki banyak konten. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend