• Our Partners:

Sinyal Misterius Dari Luar Angkasa

Sinyal Misterius Dari Luar Angkasa Kembali Terdeteksi

NESABAMEDIA.COMPara astronom kembali mendapatkan sebuah sinyal misterius dari ruang angkasa, dengan pola yang sangat teratur. Sinyal dengan kode FRB (Fast Radio Burst) 121102 itu telah dipetakan dengan baik oleh para astronom dari Royal Astronomical Society of Canada (RASC). Dari catatan yang ada, pola teratur sinyal FRB itu diketahui akan dipancarkan setiap 157 hari sekali. 

Para astronom mulai menyadari jika sinyal misterius tersebut memiliki pola yang teratur, dengan membandingkan dengan catatan yang dikumpulkan saat sinyal itu terdeteksi pada Februari yang lalu. Rupanya, sinyal FRB 121102 juga pernah terdeteksi pada tahun 2012 dan kembali muncul pada tahun 2016.

Dugaan paling kuat sementara ini, sinyal misterius FRB 121102 itu berasal dari pancaran gelombang radio yang dihasilkan dari sebuah bintang raksasa, bintang neutron atau juga bisa berasal dari pergerakan orbit pada Black Hole. Dari bumi, jaraknya diperkirakan bisa mencapai 3 miliar tahun cahaya,

Sebagai informasi, bumi sebenarnya setiap hari menerima ribuan sinyal misterius dengan beragam pola dari luar angkasa. Namun sinyal FRB 121102 pada bulan Februari dan yang baru saja diterima ini, dianggap yang paling menarik, karena keteraturan pola yang dimiliki keduanya.

Dengan ditemukannya pola yang teratur pada sinyal FRB 121102 ini, para astronom akan semakin fokus dalam mempelajarinya. Penelitian untuk mengungkap fakta mengenai sinyal FRB 121102 ini dikerjakan oleh tim astronom Jodrell Bank yang ada di Inggris. Mereka mencoba memetakan sinyal misterius tersebut menggunakan teleskop Lovell yang memiliki diameter 76 meter. 

Tim Jodrell Bank telah melakukan pengamatan terhadap FRB 121102 sejak 5 tahun yang lalu. Pola yang diketahui, sinyal ini akan mengirimkan pola semacam semburan atau ledakan selama 90 hari. Kemudian polanya akan berhenti dalam keadaan hening selama 67 hari, dan berulang terus dengan siklus yang teratur.

Hingga saat ini keberadaan sebuah FRB masih sangat misterius, dan bisa dijadikan langkah untuk mengungkap beragam pertanyaan mengenai jagad raya. Setiap kali ada sinyal misterius yang diterima, semakin mendekatkan langkah para astronom untuk mengungkap misteri semesta. 

Namun jangan berpikir dahulu sinyal-sinyal itu menunjukkan eksistensi alien atau kehidupan lain di ruang angkasa. Sebab pada kenyataanya, kebanyakan berasal dari peristiwa alam seperti aktivitas neutron star atau black hole.  [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend