Smartphone Huawei P50 Harmony OS

Smartphone Huawei P50 Mungkin Masih Akan Gunakan Android

NESABAMEDIA.COMAkankah Huawei akan tetap menggunakan sistem operasi Android? Kemungkinan besar iya, karena untuk smartphone Huawei P50 dan P50 Pro yang akan datang, dikabarkan akan tetap menggunakan sistem operasi Android.

Rumor ini muncul dari sejumlah cuitan yang membicarakan detail dari smartphone flagship baru itu yang diunggah oleh Huawei. Sementara di sisi lain, sanksi dagang Amerika masih terus menghantui, meski nantinya akan ada pergantian presiden. 

Sebelumnya diberitakan bahwa Huawei akan membawa sebuah kabar yang besar. Smartphone Huawei P50 Pro dikabarkan akan menggunakan Harmony OS untuk versi Cina maupun versi Globalnya. Sementara untuk model P50, akan tetap menggunakan Android. 

Narasumber juga mengatakan bahwa RAM sebesar 8GB yang terpasang di smartphone itu akan memiliki kompatibilitas dengan teknologi Mobile 5G, Full Netcom dan Unico. Tampilannya akan menggunakan teknologi OLED, sedangkan kapasitas penyimpanan akan hadir dengan dua varian yakni 128GB dan 256GB. Namun tidak ada informasi soal berapa besar kapasitas baterai yang akan digunakan, tetapi hanya diketahui soal adanya dukungan teknologi pengisian cepat dan menggunakan baterai tanam. 

Mengenai penggunaan Android, sejauh ini masih sebatas rumor, namun yang pasti Harmony OS 2.0 akan digunakan untuk Huawei P50. Soal gagasan bahwa Harmony OS 2.0 masih berbasis Android, pihak Huawei sebelumnya sudah memberikan klarifikasi bahwa Harmony OS bukan merupakan salinan dari Android atau bahkan iOS. 

Presiden Divisi Software Huawei, Chenglu menjelaskan bahwa mereka telah mengembangkan sistem operasi Harmony atau yang juga memiliki nama lain Hongmeng, itu sudah bertahun-tahun lamanya, tepatnya mulai bulan Mei tahun 2016 silam. Dia juga mengatakan bahwa Harmony nantinya bisa digunakan secara luas untuk Internet of Things

Huawei sendiri berencana untuk merilis smartphone seri P50 ini ke pasaran setidaknya pada semester pertama tahun 2021 ini. Semuanya akan mulai menggunakan sistem operasi Harmony OS 2.0m dan diperkirakan akan ada sebanyak 200 juta perangkat yang ditargetkan untuk dirilis tahun ini. Namun kemungkinan besar, mereka mampu untuk menembus angka produksi hingga 300 atau 400 juta perangkat. 

Leave a Reply

Send this to a friend