Smartphone Pixel Sering Crash dan Boros Baterai Saat Gunakan Android 12

Smartphone Pixel Sering Crash dan Boros Baterai Saat Gunakan Android 12

Google telah merilis Android 12 beberapa waktu yang lalu dan smartphone Pixel adalah yang pertama menerima versi finalnya. Pembaruan, yang pengujiannya berlangsung selama beberapa bulan, berjanji untuk menghadirkan versi OS yang stabil, mengingat pengembang memiliki cukup waktu untuk mengidentifikasi aspek platform yang bermasalah dan memperbaikinya.

Beberapa masalah pun terdeteksi, namun pengguna tidak dapat mengatasi dan mengakali semua bug yang ada. Sejumlah pengguna yang pertama kali memasang Android 12 mulai mengeluh tentang aplikasi mengalami crash dan baterai cepat habis.

Salah satu pengguna melaporkan bahwa ia berulang kali mengatur ulang ke pengaturan pabrik, tetapi ini tidak membantu menyelesaikan masalah dengan pengoperasian aplikasi yang salah. Pengguna yang lain mencoba mengikuti, tetapi hasilnya serupa.

Pengguna telah menggunakan beberapa langkah perbaikan yang umum, termasuk membersihkan cache dan mem-boot dalam mode aman, untuk memastikan masalahnya tidak disebabkan oleh aplikasi tertentu. Tetapi setelah boot Pixel normal, kerusakan berlanjut. Untuk bagiannya, Google memastikan bahwa masalahnya tidak dapat dikaitkan dengan ketidakcocokan dengan aplikasi pihak ketiga.

Sulit untuk menilai seberapa luas masalahnya. Pada tahap ini, jumlah pengaduan tidak banyak. Juga, tidak ada informasi jika Google akan melakukan sesuatu guna memecahkan masalah dan seberapa cepat pembaruan akan keluar untuk memperbaikinya.

Google Janjikan Pembaruan Sistem Hingga Tiga Tahun Untuk Smartphone Pixel 6

Awal pekan ini dalam kesempatan yang berbeda, Google secara resmi meluncurkan smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, yang ditenagai oleh prosesor Tensor buatan sendiri. Sebelum presentasi, ada desas-desus bahwa pemilik smartphone pixel 6 yang baru akan menerima pembaruan Android selama lima tahun, tapi ternyata tidak demikian. Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan diperbarui hingga Oktober 2024. Ini merujuk pada halaman dukungan Google. Jadi, mereka akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak selama tiga tahun.

“Pengguna akan terus menerima pembaruan sistem operasi setidaknya selama tiga tahun, setelah itu kami berkomitmen untuk selalu memperbarui dan mengamankan smartphone Pixel. Frekuensi dan kategori pembaruan akan tergantung pada kemampuan dan kebutuhan perangkat” kata Google.

Dengan demikian, pengguna Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dapat menantikan tiga peningkatan sistem operasi utama, hingga Android 15. Pada saat yang sama, mereka akan memberikan pembaruan keamanan setelah bulan Oktober 2024. Menurut situs dukungan Google, pengguna bakal menerima pembaruan keamanan hingga Oktober 2026.

Tidak menutup kemungkinan ke depannya perusahaan akan merevisi waktu pendistribusian pembaruan smartphone-nya agar perangkat pengguna tetap relevan untuk waktu yang lebih lama. Misalnya, iPhone 6S yang dirilis sekitar enam tahun lalu baru-baru ini diperbarui ke iOS 15, versi terbaru dari platform perangkat lunak Apple. Mungkin saja Google akan beralih ke strategi serupa untuk mendukung smartphone mereka di masa depan.

Leave a Reply

Send this to a friend