Smartphone Xiaomi dan OnePlus Mampu Jalankan Windows 11

Smartphone Xiaomi dan OnePlus Mampu Jalankan Windows 11

NESABAMEDIA.COMPekan lalu, dikabarkan bahwa Windows 11 akan bisa menjalankan aplikasi Android. Microsoft telah bekerja sama dengan Amazon untuk mewujudkan hal tersebut. Diyakini, akan lebih banyak perkembangan yang akan diperkenalkan dalam beberapa minggu ke depan, utamanya karena lebih banyak pengembang yang telah mulai membawa Windows 11 ke banyak smartphone Android. 

Adalah smartphone dari Xiaomi dan OnePlus yang cukup membuat heboh karena bisa menjalankan Windows 11. Ini bukan merupakan solusi resmi, namun para pengembang menunjukkan bahwa Windows 11 memang sangat mungkin untuk bisa digunakan di smartphone Android. 

Yang diuji coba itu adalah smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 845 dan bisa dipasang Windows 11 ARM64. Ini merupakan sebuah proyek bertajuk Renegade yang dikembangkan oleh Xilin Wu. Lebih lanjut, smartphone yang digunakan untuk menguji Windows 11 itu adalah Xiaomi Mi 8 dan OnePlus 6T. Itu adalah smartphone lama namun bisa melakukan booting Windows dengan sukses. Meski demikian ada masalah, yakni sebagian besar fitur yang ada di sistem operasi itu tidak bisa digunakan.

Sebelumnya juga ada seorang pengembang yang mampu memasang serta menjalankan Windows 11 di perangkat smartphone Lumia 950 XL. Meskipun pihak Microsoft sendiri sudah menyerah dengan smartphone Lumia yang menggunakan sistem operasi Windows itu, pengguna masih penasaran untuk menjalankan Windows di perangkat smartphone. 

Para pengembang itu bahkan mampu menambahkan dukungan Continuum dan juga aplikasi panggilan di smartphone Lumia berbasis Windows. Mereka bahkan mampu memberikan smartphone tersebut kemampuan untuk mendeteksi kartu SIM. 

Mungkin upaya itu sejauh ini masih bisa dibilang belum banyak manfaatnya, namun perlu dicatat bahwa itu masih tahap awal sebuah pengembangan. Setidaknya itu telah memberitahukan bahwa memasang dan menjalankan Windows 11 di smartphone Android bisa dilakukan. Dengan sedikit pengaturan di sana-sini, diyakini smartphone berbasis Windows akan bisa menjadi kenyataan suatu saat nanti. 

Tidak mungkin juga sistem operasi Windows pada perangkat smartphone bisa menjadi resmi, setidaknya dalam waktu dekat, tetapi sangat menarik untuk bisa melihat pengembang membuat kemajuan, meningkatkan pengembangan Windows di proyek ARM.

Leave a Reply

Send this to a friend