• Our Partners:

Apa itu Snapchat

Snapchat Potong Komisi Kreator Konten di Spotlight

Snapchat beberapa bulan yang lalu memang memberikan gaji atau pendapatan bagi para kreator yang membuat konten mereka di Snapchat, sebagai program untuk menyaingi TikTok, Sabtu (29/10).

Persaingan dalam industri digital sekarang ini semakin tinggi, ada banyak perusahaan yang pada akhirnya menggunakan berbagai macam cara agar memikat minat pengguna. TikTok telah menjadi salah satu platform yang patut diperhitungkan, karena memang menggaet lebih banyak pengguna hanya dengan hitungan bulan saja.

Begitu pun dengan Snapchat, yang mana pernah menduduki lima besar platform dengan pemakaian terbanyak di seluruh dunia. Namun, ini tentu tidak membuat Snapchat berhenti untuk terus mengembangkan inovasi mereka.

Snapchat sendiri telah menghadirkan sebuah fitur yang diberi nama Spotlight, sebuah fitur yang mirip dengan TikTok. Kreator di Snapchat bisa langsung mengunggah video mereka ke Spotlight dan ditonton oleh ribuan pengguna Snapchat, kelebihan lainnya yang didapatkan oleh kreator ialah komisi.

Seorang kreator yang bergabung dan turut membagikan konten mereka di Spotlight akan mendapatkan sejumlah komisi bulanan dari Snap, di mana perusahaan akan membayar para kreator yang rajin mengunggah konten mereka.

Dilansir melalui Business Insider, laporan menunjukkan bahwa kreator di Snapchat bisa mengumpulkan penghasilan yang cukup besar per tahunnya. Pada bulan Februari kemarin, pihak Snapchat sendiri mengaku bahwa mereka mendapatkan jutaan konten dari kreator yang mengunggah video mereka di Spotlight.

Farrin Jay selaku juru bicara dari Snapchat mengatakan hal yang sama, di mana mereka Snapchat telah membayar jutaan dolar pertahunya untuk kreator yang mengunggah video mereka di Spotlight.

Sekarang, kabar terbaru menunjukkan bahwa Snapchat memotong komisi yang didapatkan oleh kreator. Sebelumnya, seorang kreator akan mendapatkan sejumlah komisi mulai dari $20.000 USD sampai $50.000 USD. Namun kreator hanya bisa mendapatkan $15.000 USD untuk 150.000 tayangan

Sekarang, Snapchat kembali lagi memotong pendapatan kreator, di mana hanya mendapatkan hingga $15 USD untuk total tayangan yang sama. Kemudian tak lama, Snapchat kembali memperkenalkan fitur Spotlight Challanges yang akan membayar pengguna ketika mereka membuat konten trending menggunakan Sounds dan kegiatan lainnya.

Sementara itu, Snapchat masih memfokuskan diri mereka dalam pengembangan fitur Spotlight yang kini menjadi salah satu fitur yang paling sering diakses di Snapchat.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend