Windows 10 Bug Start Menu Tidak Bekerja

Start Menu Windows 10 Tidak Bekerja, Pengguna Terpaksa Restore Data Lama

NESABAMEDIA.COMPara pengamat di Techradar kerap melakukan eksperimen dan uji coba dengan pembaruan terbaru dari Windows 10, setiap kali dirilis.

Namun sayangnya, mereka juga kerap menjadi korban dari adanya bug yang dibawa oleh pembaruan tersebut. Seperti yang terjadi pada minggu kemarin, di mana tombol start menu perangkat mereka berhenti bekerja, yang tentunya menjadi masalah yang cukup serius.

Setiap kali tombol Start itu ditekan, maka akan muncul pesan error seperti berikut : “Critical Error: Start menu isn’t working. We’ll try to fix it next time you sign in.” 

Jika melihat dari pesan yang muncul, sistem akan secara otomatis melakukan perbaikan pada tombol Start menu ketika pengguna melakukan login kembali. Namun rupanya, tidak semudah itu. Pasalnya ketika dicoba untuk log out dan login kembali, masalah tidak kunjung teratasi. Minimnya informasi mengenai solusi dari permasalahan Start Menu, menambah kesulitan yang mereka alami.

Start Menu sendiri selama ini menjadi bagian dari Windows 10 yang menghubungkan seluruh fungsi dan fitur yang ada di sistem operasi tersebut. Mulai dari aplikasi, berkas, pengaturan, hingga untuk mematikan perangkat. Meski perangkat Windows 10 masih bisa berjalan tanpa adanya Start Menu, namun pengalaman dalam penggunaannya akan jauh lebih menyusahkan. 

Artikel di internet yang ditemukan mengenai tidak berfungsinya Start Menu ini, kebanyakan berasal dari tahun 2015 silam. Tidak ada informasi resmi dari Microsoft, dan kebanyakan justru datang dari pihak ketiga. Itu pun dengan penjelasan yang tidak relevan dan beberapa hanya menawarkan software yang mereka jual. 

Akhirnya mereka mencari solusi sendiri dengan mencoba mengakses melalui safe mode, mengecek pembaruan driver dan pengaturan, hingga menghapus antivirus dan sejumlah program yang dicurigai. Namun semuanya tidak membuahkan hasil. 

Untungnya, mereka masih bisa mengakses Windows Explorer dan menjadi langkah terakhir dengan memindahkan file-file penting ke penyimpanan lain. Untuk kemudian mereka melakukan recovery dengan menggunakan backup sebelum mereka mendapati masalah tersebut. 

Laporan mereka ke Microsoft mengenai masalah start menu yang tidak bekerja ini, hingga berita ini diturunkan masih belum mendapatkan tanggapan. Dalam hal ini, pelajaran yang bisa diambil adalah selalu sediakan file backup, jika ada masalah yang belum ada solusinya seperti di atas.

Leave a Reply

Send this to a friend