SystemTrayMenu, Alternatif Start Menu Untuk Windows

SystemTrayMenu, Alternatif Start Menu Untuk Windows

NESABAMEDIA.COMKali ini, nesabamedia.com akan membahas mengenai alternatif dari fitur Start Menu yang ada di Windows 11 maupun Windows 10, yakni SystemTrayMenu.

Jika anda ingin mencari dan membuka file serta folder dalam sekali klik, maka folder ini adalah yang anda butuhkan. Anda bisa dengan mudah menjelajah dan membuka dari lokasi yang seringkali anda gunakan dengan alternatif Start Menu ini. Menariknya, ini adalah sebuah freeware, atau software gratisan. 

Sebagai informasi, SystemTrayMenu adalah sebuah alternatif dari Start Menu yang ada di Windows 10 dan 11, dan bersifat open source. Ini adalah sebuah software gratis yang bisa anda gunakan untuk menjelajah dan membuka file serta folder dengan sekali klik. Ini lebih seperti Start Menu yang dipersonalisasi, di mana anda bisa menambahkan direktori root kustom dan mencari file dengan mudah lewat direktori yang dipilih. Anda juga bisa menambahkan folder yang sering anda buka. 

Seperti namanya, software ini akan menetap di system tray dan anda bisa menggunakan kapanpun anda membutuhkannya. Di dalamnya, file, folder dan tautan disusun dengan tingkat yang berbeda dalam bentuk menu drop-down. Kode sumbernya juga sudah tersedia untuk publik yang ingin mengunduh, mempelajari, memodifikasi, dan membongkar kode sumbernya sesuai keinginan. 

sysmenutray

sysmenutray

Cara Penggunaan

Berikut adalah langkah-langkah untuk bisa menggunakan SystemTrayMenu sebagai alternatif dari Start Menu yang ada di Windows:

  1. Unduh file installer SystemTrayMenu.
  2. Ekstrak folder ZIP yang telah diunduh.
  3. Jalankan file exe-nya.
  4. Pilih direktori akar.
  5. Anda bisa mulai mencari file dan folder yang diinginkan.

Pertama, tentu saja anda harus mengunduh terlebih dahulu softwarenya. Baiknya adalah, ini merupakan software portable, jadi anda tidak perlu memasangnya di perangkat komputer anda. Yang harus anda lakukan hanyalah mengunduh file dari github.com di tautan berikut ini. Kemudian ekstrak folder dalam bentuk arsip itu, dan tinggal jalankan file exe yang ada. 

Ketika pertama kali menggunakan software ini, anda akan diminta untuk memilih direktori akar. Anda tinggal memilih di mana anda ingin menjelajah atau membuka folder dan file dengan mudah. Ketika anda memilih, ini akan mulai menampilkan file dalam sebuah hierarki. 

Fitur Utama

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa anda temukan pada software alternatif Start Menu Windows ini:

  • Ini memiliki tautan yang telah dilengkapkan secara otomatis, yang berarti bahwa semua pintasan dan jalur telah diselesaikan untuk menampilkan konten secara lengkap.
  • Mampu menampilkan hingga 50 submenu yang diatur dalam beberapa level sebagai menu drop-down.
  • Program ini berjalan saat startup, yang berarti akan otomatis diluncurkan setiap kali anda menyalakan komputer. Namun tentu anda juga bisa menonaktifkan fitur otomatis ini.
  • Memiliki kotak pencarian dan fitur pengguliran yang praktis.
  • Anda juga bisa menetapkan hotkey khusus untuk membuka software ini dengan mudah dan cepat.
  • Anda juga bisa mengakses menu konteks untuk file dan folder langsung dari antarmuka.
  • Anda juga bisa menyematkan software ini di bagian atas desktop agar tidak kehilangan fokus menu.
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend