• Our Partners:

Tahukah Kamu? Pentium 5Hz dan 124MB RAM Bisa Jalankan Windows 7

Tahukah Kamu? Pentium 5Hz dan 124MB RAM Bisa Jalankan Windows 7

Microsoft telah lama mengembangkan sistem operasi mereka sendiri, selama puluhan tahun mereka memberikan pengembangan yang lebih baik untuk ekosistem mereka. ternyata, melalui pengujian singkat kamu bisa lho menjalankan Windows Windows di permintaan sistem yang berbeda jauh.

Siapa yang menyangka pada akhirnya Windows 7 kehilangan kekuatannya saat ini, perusahaan atau Microsoft sendiri telah mencabut dukungan pembaruan di Windows 7 sejak lama yang mana kemudian menyusul Windows 8 dan Windows 8.1.

Sekarang, Microsoft memang hanya memberikan dukungan mereka untuk pengguna Windows 10 dan Windows 11 saja karena memang masih termasuk baru dan masih panjang dukungannya. Windows 10 22H2 sendiri akan berakhir pada bulan Oktober 2023 nanti. Sedangkan Windows 11 dikabarkan akan mendapatkan dukungan hingga 2024 sebelum akhirnya Microsoft memperkenalkan Windows 12.

Hal yang sama ialah permintaan System Requirement yang diminta oleh setiap sistem operasi operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Perusahaan terus memberikan minimum sistem yang bisa menjalankan sistem mereka, termasuk Windows 7 itu sendiri.

Namun, apa jadinya jika kita menjalankan sistem operasi yang sudah tidak kompatibel dengan sistem yang ada di PC? Tentu pengguna akan mendapatkan sejumlah masalah dengan gagalnya menjalankan aplikasi dan akses yang terbatas.

Sesuai dengan judul artikel ini, ternyata telah ada seorang pengguna yang mencoba menjalankan sistem Windows 7 di perangkat yang tidak memiliki dukungan sistem dan bahkan jauh dibawah permintaan dukungan sistem dari Microsoft.

Salah seorang pengguna yang bernama @NTDev melakukan uji coba menjalankan Windows 7 di permintaan sistem yang dibawah rata-rata, walaupun Windows 7 meminta sistem yang jauh lebih rendah namun dia mencoba menjalankannya di spesifikasi yang malah lebih rendah lagi.

Diketahui, Windows 7 memiliki permintaan sistem seperti minimum 1GB RAM, sedangkan untuk versi 64-bit menggunakan 2GB RAM dan Single Core GHz Processor. Tetapi, permintaan ini ternyata bisa diabaikan sekilas dan dijalankan di sistem yang lebih rendah.

Dalam uji coba yang dia lakukan, Windows 7 bisa berjalan dengan lancar di prosesor Pentium-S 5MHz. Jika dihitung maka ukuran ini 200x lebih rendah dibandingkan dengan spesifikasi yang diberikan oleh Microsoft, juga RAM yang dia gunakan hanya sebesar 128MB.

Tahukah Kamu? Pentium 5Hz dan 124MB RAM Bisa Jalankan Windows 7 2

Awalnya LogonUI sendiri sempat menolak untuk memuat, namun setelah dia mencoba untuk melakukan modifikasi secara besar-besaran dengan mengubah OOBE dan Registry yang telah di Tweak agar sesuai dengan tiruan konfigurasi Boot dan Pseudo-OOBE.

Tahukah Kamu? Pentium 5Hz dan 124MB RAM Bisa Jalankan Windows 7 3

Pada akhirnya, NTDev berhasil melakukan Boot dan sistem yang dia jalankan kini sudah stabil. Hasil dari WCPUCLK dan Real Clock Checker juga memperlihatkan bahwa Windows 7 sedang dijalankan di Pentium 5MHz.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend