Tamagotchi Kini Hadir Dalam Jam Tangan Pintar, Nostalgia Masa Kecil

Tamagotchi Kini Hadir Dalam Jam Tangan Pintar, Nostalgia Masa Kecil

NESABAMEDIA.COMMeskipun saat ini sudah banyak aplikasi hewan peliharaan virtual yang bisa dengan mudah diunduh di smartphone, Tamagotchi masih tetap bertahan dengan membuat perangkat fisik khusus. Tamagotchi telah mengalami perkembangan selama 25 tahun terakhir, dan baru-baru ini mereka meluncurkan evolusi terbarunya. Situs resmi Bandai Jepang baru saja mengungkap produk terbaru yakni jam tangan pintar Tamagotchi. 

Tamagotchi pertama kali dipasarkan pada tahun 1996 silam, dan mereka telah menjadi ikon legendaris dalam cerita nostalgia anak-anak 90-an sejak saat itu. Itu adalah sebuah perangkat kecil berbentuk telur yang didalamnya terdapat hewan peliharaan virtual yang disebut Tamagotchi. Tugas penggunanya adalah untuk merawat makhluk kecil imut itu agar bisa tumbuh dan menelurkan generasi berikutnya. Namun, jika tidak telaten merawatnya, maka makhluk imut itu bisa mati. 

Kini, 25 tahun setelahnya, muncul sebuah faktor bentuk jam tangan pintar baru untuk Tamagotchi. Jam tangan tersebut sendiri tidak berupaya untuk terlihat lebih ramping dan elegan, seperti jam tangan pintar yang ada di pasaran sekarang ini. Tamagotchi mencoba mempertahankan karakter dengan bentuk besar, bergelembung dan penuh warna. Mereka tetap menonjolkan estetika berbentuk telur dari perangkat aslinya, sehingga sesuai dengan tema bran Tamagotchi.

Sejauh ini, hanya ada dua warna yang tersedia, yakni Light Pink dan Light Blue. Layarnya menggunakan panel LCD yang menampilkan gambar penuh warna. Bentuknya persegi panjang, meninggalkan bezel yang cukup luas untuk tombol di bagian bawah. Tampak juga balutan lapisan luar silikon tebal untuk perlindungan, yang meluas hingga ke pitanya. 

Jam tangan pintar Tamagotchi ini telah ditambahkan sejumlah fitur pendukung yang tidak ada di perangkat aslinya. Pertama adalah panel LCD yang digunakan itu adalah layar sentuh. Dengan layar sentuh itu, pengguna bisa membelai hewan peliharaan dan membuatnya bahagia. Sementara fungsi utama tetap menggunakan tiga tombol yang berada di bagian bawah. 

Terdapat juga fitur real-to-life yakni yang bisa menghitung langkah pengguna. Sayangnya, informasi untuk fitur ini masih belum banyak diketahui, dan pihak Tamagotchi sendiri tidak menjelaskan mengapa fitur penghitung langkah itu diimplementasikan ke dalam perangkat tersebut.

Selain itu ada juga mikrofon internal yang bisa menangkap kata-kata dari pengguna. Namun inputnya sangat terbatas. Sejauh ini yang diketahui, perangkat hanya dapat mendeteksi kapan seseorang berbicara dan satu-satunya hal dilakukannya adalah untuk membangunkan Tamagotchi. 

Kemudian ada fitur Tama-Smart yang berupa kartu kecil berbentuk telur yang bisa dimasukkan ke dalam jam tangan. Fungsinya adalah untuk mengunduh konten baru ke jam tangan pintar itu untuk mengubah tampilan. 

Diketahui, harganya dibanderol sekitar Rp800 ribuan. Sementara untuk kartu Tama-Smartnya dibanderol sekitar Rp150 ribuan. Sementara ini, jam tangan pintar Tamagotchi hanya tersedia untuk pasar Jepang saja, dan pasar global akan menyusul berikutnya.

Leave a Reply

Send this to a friend