Windows 10 Antarmuka Baru

Tampilan Antarmuka Baru Hadir Di Lebih Banyak Aplikasi Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dipercaya saat ini tengah melakukan uji coba pada tampilan desain baru untuk aplikasi di Windows 10. Kini, tampaknya Microsoft juga tengah melakukan pengujian pada tampilan antarmuka aplikasi Your Phone yang menghadirkan sudut membulat. Hal ini semakin mendekatkan pada konsep desain WinUI yang akan datang.

Sumber dari pihak Microsoft menyebutkan bahwa hampir seluruh aplikasi bawaan Windows 10 akan memiliki tampilan sudut membulat serta sejumlah peningkatan lain sebelum perilisan pembaruan Windows 10 21H2 Sun Valley

Dalam beberapa bulan belakangan, elemen antarmuka yang membulat telah muncul di sejumlah aplikasi Windows 10 seperti Calculator dan Kalender. Sangat jelas bahwa di sini Microsoft tengah berencana untuk menghadirkan tampilan sudut membulat sebagai desain standar dari Windows 10 di tahun depan. 

Tampilan Membulat di Aplikasi Your Phone

Tampilan Membulat di Aplikasi Your Phone

Sebuah pembaruan dari aplikasi Your Phone, yang dirilis untuk para tester di program Insider, menunjukkan tampilan membulat pada tombolnya. Perlu dicatat bahwa aplikasi Your Phone sebelumnya telah memiliki menu yang membulat, namun Microsoft memperluas tampilan tersebut untuk sejumlah halaman lain yang ada di aplikasi itu.

Tampilan Membulat di Menu Windows 10

Tampilan Membulat di Menu Windows 10

Selain aplikasi Your Phone, Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa Edge 88 nantinya akan dirilis dengan icon membulat dan peningkatan antarmuka yang lebih halus. Tentu saja, perubahan ini jauh dari kata pembaruan utama, namun mereka benar-benar tengah berfokus pada tampilan sudut membulat di Windows 10.

Pada bulan lalu, pengguna menemukan bahwa Microsoft tengah bereksperimen dengan tombol dan menu membulat di aplikasi Alarm & Clock. Begitu juga dengan tampilan pada Taskbar, Search Bar dan Start Menu

Sejauh ini tampilan sudut membulat telah memberikan kesan yang modern dan fresh di antarmuka Windows 10 dibandingkan dengan tampilan sudut tajam, namun di saat yang sama hal ini juga menimbulkan adanya ketidak-konsistenan. 

Dari sejumlah sumber didapatkan bahwa pembaruan paket desain Windows 10 21H1 ini dijadwalkan akan dirilis ke pengguna pada musim semi 2021 mendatang. Di sisi lain, pembaruan utama antarmuka akan hadir pada musim gugur tahun depan namun tidak disebutkan akan dimasukkan bersamaan dengan pembaruan 21H2.

Leave a Reply

Send this to a friend