Task Manager di Windows 11 Dapatkan Mode Gelap Dan Fluent Design

Task Manager di Windows 11 Dapatkan Mode Gelap Dan Fluent Design

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah berupaya untuk melakukan modernisasi aplikasi sistem dengan Windows 11. Sejak sistem operasi baru itu dirilis untuk publik pertama kalinya pada Oktober lalu, Microsoft telah menguji Media Player baru, aplikasi Notepad yang didesain ulang, dan bahkan mendesain ulang slider volume lawas. Dalam versi Build Insider yang baru, Microsoft terlihat sedang menguji Task Manager yang didesain ulang dengan Fluent Design dan mode gelap. 

Pengembang bernama Gustave Monce, yang sebelumnya terkenal dengan menjalankan Windows 10X dan Windows 11 di perangkat smartphone Lumia, adalah yang pertama kali membagikan desain ulang Task Manager di Insider Build 22538 ke Discord. Melalui desain ulang ini, Microsoft telah mengganti tab Task Manager yang ada dengan sidebar untuk beralih di antara beragam bagian.

Berikut adalah tangkapan layar seperti apa Task Manager yang mengalami perubahan desain tersebut:

Seperti yang dijelaskan oleh akun Twitter FireCube, untuk bisa menggunakan Task Manager dengan mode gelap yang baru ini, pengguna harus mengaktifkan perintah tertentu. Anda akan membutuhkan ViveTool untuk mengaktifkannya. 

Untuk menggunakan ViveTool, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh ViveTool dari halaman Github berikut ini dan pasang.
  2. Saat proses pemasangan, anda akan mendapatkan kotak dialog File Picker UI dan anda diharuskan memilih folder Windows → System32. 
  3. Setelah terpasang, anda sudah mulai bisa menggunakan ViveTool melalui Command Prompt dengan izin admin untuk mengaktifkan Task Manager baru dengan mode gelap.

Kemudian untuk mengaktifkan Task Manager dengan mode gelap tersebut, salin dan tempel kode berikut ini ke Command Prompt:

  • “vivetool addconfig 35908098 2”
  • “vivetool addconfig 37204171 2” 
  • “vivetool addconfig 36898195 2”
  • “vivetool addconfig 36898195 2”

Setelahnya tekan tombol enter dan lakukan restart perangkat komputer anda untuk menerapkan perubahan tersebut. 

Perlu dicatat bahwa mode gelap ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga tidak disarankan jika anda tidak memahami resiko yang mungkin akan ditimbulkan. Sebab, beberapa pengguna yang mencoba mencicipi Task Manager yang baru itu, melaporkan adanya error crash ketika beralih tab. Tentunya, lebih baik untuk menunggu pihak Microsoft melakukan perbaikan, atau menunggu versi yang lebih stabil.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend