Taskbar di Windows 10 Nantinya Akan Jadi Proses Terpisah Dari Explorer

Taskbar di Windows 10 Nantinya Akan Jadi Proses Terpisah Dari Explorer.exe

NESABAMEDIA.COMApapun tujuan pengguna dalam menggunakan perangkat komputer berbasis Windows 10 mereka, bagian Taskbar merupakan salah satu bagian dari sistem yang paling sering berinteraksi setiap harinya. Taskbar merupakan komponen yang menjadi inti dari Windows 10, dan Microsoft pada akhirnya membuat perubahan yang sangat penting, yang diharapkan akan bisa mendapat sambutan hangat dari para pengguna. 

Dengan dirilisnya pembaruan Windows 10 Build 21343 beberapa waktu yang lalu, terlihat adanya beberapa perubahan tampilan visual yang dibawa Microsoft ke File Explorer. Namun di Windows 10 21H2, Microsoft juga akan menjadikan Taskbar sebagai komponen yang terpisah dari proses explorer.exe ke pustaka tersendiri. 

Tentunya, ini akan menjadi langkah yang berarti bahwa pembaruan Sun Valley untuk Windows 10 akan membantu meningkatkan stabilitas dan menghilangkan masalah dengan Explorer yang seringkali menyebabkan Taskbar turut mengalami crash, seperti yang terjadi selama ini. 

Perubahan ini, terungkap dan pertama kali disebarkan oleh akun Twitter bernama Albacore, yang menjelaskan bahwa mereka “melihat perangkat lunak secara terbalik dan menemukan sesuatu yang penting”. Mereka menyoroti fakta bahwa Microsoft kini telah mengimplementasikan Taskbar dalam pustaka mereka sendiri yakni taskbar.dll, meskipun saat ini perubahan itu masih dalam tahap pengembangan dan pengujian atau belum benar-benar selesai. 

Begitu selesai diterapkan secara sepenuhnya, pemisahan Taskbar dari Explorer akan membantu mencegah terjadinya crash atau macet saat salah satu entah itu File Explorer atau Taskbar yang bisa mempengaruhi satu sama lain turut mengalami crash juga. 

“Taskbar sedang dipindahkan dari Explorer.exe ke Taskbar.dll. Sungguh menarik melihat ini dipindahkan setelah beberapa dekade. Saat ini Explorer masih berisi kode, tetapi dimungkinkan untuk beralih ke implementasi dll. Masih ada beberapa bug aneh seperti antarmuka kotak pencarian yang rusak,” ungkap Albacore dalam cuitan akun Twtiter-nya.

Kemudian dalam cuitan berikutnya, Albacore mengatakan bahwa bagian dari Explorer juga sedang dipindahkan ke pustaka yang terpisah. Perubahan semacam ini akan membantu kode internal dan kemampuan untuk mengulang dengan cepat.

Perubahan ini mungkin tidak hanya akan terkait pada masalah stabilitas saja. Faktanya, Explorer juga akan mendapatkan penyegaran tampilan berbasis framework yang berbeda, mungkin juga memerlukan adanya perubahan.

Leave a Reply

Send this to a friend