Teknologi Canggih Masa Depan Yang Segera Hadir di Mobil Biasa

Teknologi Canggih Masa Depan Yang Segera Hadir di Mobil Biasa

NESABAMEDIA.COMTeknologi pada mobil mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dalam waktu dekat, mungkin anda tidak harus membeli mobil mewah untuk bisa mendapatkan fitur canggih yang biasanya ada di sana. 

Pabrikan mobil kini telah berupaya menambahkan fitur berteknologi tinggi pada mobil biasa. Misalnya, 91% mobil yang diproduksi mulai tahun 2019, sudah memiliki starter tanpa kunci. Saat fitur itu pertama kali diperkenalkan, itu hanya menjadi fitur eksklusif untuk supercar saja. 

Selain fitur tersebut, diyakini akan ada beberapa fitur canggih lain yang akan segera bisa hadir di mobil biasa dalam waktu dekat.

Perintah Suara

Banyak mobil standar saat ini sudah memiliki fitur perintah suara. Fitur ini bekerja seperti asisten Alexa atau Siri yang ada di smartphone. Ini memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan kendaraan, lewat memberitahukan langsung apa yang anda inginkan. Misalnya, jika anda ingin menemukan tempat parkir atau SPBU terdekat, anda bisa mengatakan sesuatu seperti “cari SPUB terdekat” atau “cari tempat parkir terdekat”.

Mobil anda akan dengan segera mencari SPBU terdekat, tergantung pada pengaturan yang telah anda terapkan. Kebanyakan mobil memungkinkan anda untuk mengaktifkan perintah suara dengan menekan sebuah tombol yang ada di tengah kemudi. 

Kamera Depan

Kamera depan sudah menjadi hal yang umum di kendaraan saat ini. Pakar roda empat mengatakan kebanyakan mobil yang diproduksi tahun 2014 ke atas, bisa dipasangi kamera depan. Meski kurang begitu diapresiasi, kamera depan ini merupakan fitur keamanan yang bagus, yang menawarkan pengendara pandangan 180 derajat dari jalan yang ada di depan.

Kamera ini ditempatkan di posisi strategis untuk memungkinkan pengendara mendeteksi pejalan kaki, rambu jalan, dan kendaraan lain dengan cepat untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Beberapa kamera modern bahkan mampu merekam aktivitas atau kejadian di jalanan. 

Komunikasi Antar Kendaraan

Teknologi komunikasi antar kendaraan memungkinkan kendaraan untuk saling berinteraksi dengan kendaraan lain dari jarak jauh.

Teknologi ini bahkan memungkinkan pertukaran data dan informasi penting di jalan lainnya, seperti kecepatan dan lokasi dari kendaraan terdekat. Pengendara bisa mendapatkan peringatan mengenai potensi bahaya dan menghindari kecelakaan. 

Dasbor Pintar

Ini biasanya ada dalam bentuk Augmented Reality, yang pertama kali diperkenalkan pada mobil seperti BWM, Mercedes Benz dan Landrover. Namun ahli kendaraan mengatakan 70% kendaraan akan memiliki dasbor pintar mulai tahun ini.

Dasbor pintar ini menggunakan layar sentuh LCD yang menampilkan beragam parameter kendaraan seperti kecepatan, belokan di depan, dan informasi penting lainnya langsung di layar. 

Dasbor ini juga memungkinkan pengendara untuk bisa fokus lebih baik tanpa harus mengalihkan pandangan mereka dari jalan raya di depannya. Karena pabrikan mobil semakin fokus pada masalah keamanan, mereka pun memasang teknologi ini di banyak mobil modern.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend