Teman Pertama Meta di Metaverse Adalah Microsoft

Teman Pertama Meta di Metaverse Adalah Microsoft

Meta dikabarkan bekerjasama dengan sang rival, Microsoft untuk mengintegrasikan alat Workplace mereka dengan aplikasi Teams, sebagai bagian dari masa depan metaverse yang sangat potensial itu. Kerjasama itu akan mengembangkan fitur silang antara kedua aplikasi.

Pengguna Workplace misalnya, mulai awal tahun 2022 nanti akan bisa melakukan streaming konferensi video secara langsung Teams di grup Workplace. Sementara pengguna Teams akan memiliki akses konten yang ada di Workplace, tanpa harus beralih antar aplikasi.

Secara visual, Workplace akan muncul sebagai tab yang disematkan di aplikasi Microsoft Teams. Dalam sebuah pernyataan ke media, Kepala Workplace Meta, Ujjwal Singh mengatakan bahwa kemitraan tersebut ditujukan terutama untuk kalangan bisnis atau organisasi yang sudah menggunakan Teams dan Workplace, guna memecahkan sejumlah masalah yang berbeda. 

“Saya akan mengatakan bahwa kami saat ini yang terbaik di kelasnya dalam hal komunitas, koneksi, people-first, dan melayani semua pekerja. Teams bisa dibilang yang terbaik di kelasnya dalam hal produktivitas, jadi ini benar-benar dua produk terbaik di kelasnya yang bersatu guna memecahkan masalah pengalaman pekerja,” kata Singh. 

Di saat Meta dan Microsoft sama-sama mendapatkan manfaat dari integrasi tersebut, Meta tentu saja yang akan paling diuntungkan dalam hal ini. Workplace baru saja menembus 7 juta pelanggan berbayar di bulan Mei, di mana ini adalah angka yang signifikan, namun masih kurang jika dibandingkan dengan pengguna Teams yang telah mencapai 250 juta pengguna aktif bulanan. 

Perlu dicatat, bahwa ini bukan pertama kalinya Meta bekerjasama dengan Microsoft, di mana sebelumnya juga bermitra dengan layanan Office 360 Suite, Share Point dan OneDrive. Integrasi antara Workplace dan Teams hadir di saat yang tepat, ketika kedua raksasa teknologi itu bersiap untuk saling berhadapan di segmen metaverse, yang saat ini sedang berkembang. 

Di bulan Agustus lalu, Meta mengumumkan kolaborasi VR Workplace yang bernama Horizon Workrooms. Ini masih dalam tahap beta sampai sekarang, dan telah menunjukkan seperti apa tampilan VR office metaverse nantinya.

Kemudian pekan lalu, Microsoft juga mengumumkan persiapan integrasi antara AR dan VR dari platform Mesh mereka ke aplikasi Teams, sebagai bagian dari upaya pengembangan metaverse perusahaan. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend