• Our Partners:

Terdapat Fitur Energi Eficiency di Windows 11 Insider Dev

Terdapat Fitur Energi Eficiency di Windows 11 Insider Dev

Hari ini, Microsoft telah memberikan pembaruan terbaru untuk mereka yang menggunakan Insider Dev Channel dan juga memberikan beberapa peningkatan dan perbaikan sistem. namun, ternyata ada fitur tersembunyi untuk penghematan energi, Jumat (04/11).

Insider Dev Channel tercatat menjadi salah satu versi Insider yang mendapatkan pembaruan lebih awal pada minggu ini, kemungkinan hari ini akan diberikan juga untuk beberapa pengguna Insider lainnya.

Microsoft juga banyak memberikan perbaikan dan peningkatan fitur melalui pembaruan ini, di mana ada lebih dari 10 perbaikan yang diberikan oleh Microsoft. Bukan hanya itu saja, untuk beberapa negara juga diberikan peningkatan fitur seperti Search di Taskbar.

Nampaknya ada satu fitur yang tidak tercatat di Changelog Microsoft mengenai penggunaan energi yang lebih hemat, ialah pilihan Energi Eficiency yang ternyata ada di laman Settings di Windows 11 22H2.

Hal ini akhirnya didapatkan oleh salah satu pengguna Reddit yang membagikan pengalamannya, dia menyatakan bahwa fitur ini terdapat pada menu Settings tepatnya pada bagian Power.

Settings, System Power, kemudian pilih Energy Recomendation.

Setelah mengakses laman ini, kemudian kita akan dibawa menuju laman pengaturan penggunaan energi di sistem Windows 11. Dengan menggunakan fitur ini, maka sistem akan bekerja dengan cara menghemat penggunaan baterai laptop.

Windows 11 Energy Eficiency

Windows 11 Energy Eficiency

Misalnya, dengan mengatur maksimal layar hidup jika tidak digunakan, kita bisa mengaturnya menjadi 1,2 dan 3 menit yang secara otomatis layar akan masuk ke mode Sleep. Juga sistem akan menyarankan akan menggunakan fitur Dark Mode.

Dark Mode memang telah hadir di Windows 11, setidaknya kita mengetahui pasti bahwa ketika menggunakan fitur ini maka penggunaan baterai akan semakin maksimal. Baterai bisa bekerja dengan lebih hemat, karena penggunaan cahaya yang tidak banyak digunakan.

Ada juga pilihan untuk mematikan Screen Saver yang memungkinkan baterai dapat beristirahat bahkan ketika laptop sedang tidak digunakan, dan yang terakhir ada pilihan untuk menggunakan baterai dengan energi yang paling hemat.

Sayangnya, fitur ini kemungkinan baru akan dirilis beberapa minggu kemudian. Namun, bisa langsung diaktifkan dengan menggunakan ViveTool. Setelah membuka program ViveTool maka Anda bisa langsung memasukkan perintah berikut:

vivetool /enable /id:39427030
vivetool /enable /id:41249924

Tetapi, jika Anda salah satu orang yang bisa sabar menunggu, maka hanya perlu menunggu hingga Microsoft akan merilis versi Stable beberapa minggu ke depan tanpa harus menggunakan ViveTool.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend