• Our Partners:

ThinkPad X13S, Laptop Pertama Lenovo Dengan Snapdragon 8cx Gen 3

ThinkPad X13S, Laptop Pertama Lenovo Dengan Snapdragon 8cx Gen 3

NESABAMEDIA.COMLaptop pertama yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3 baru saja diumumkan. ThinkPad X13s adalah PC clamshell baru yang ingin menghadirkan fitur keamanan pertama Lenovo dan sistem TrackPoint yang familiar bagi pekerja lapangan. 

Windows on ARM bukanlah hal baru bagi Lenovo, yang sebelumnya telah meluncurkan perangkat seperti laptop mmWAve 5G pertama, Flex 5G 2020, dan Lenovo Yoga C630 sejak tahun 2018 silam. Namun X13s adalah yang pertama mendapatkan branding ThinkPad. Artinya, selain adanya titik merah TrackPoint yang familiar di keyboardnya, laptop ini juga mendapatkan rangkaian lengkap fitur keamanan yang menjadikannya layak mendapatkan branding ThinkPad. 

Lenovo mengatakan bahwa laptop ThinkPad X13s telah lama dikembangkan selama empat tahun terakhir, dan itu dilakukan bersama Microsoft untuk bisa membawa keamanan perangkat lunak dan alat Lenovo secara native ke ARM, termasuk kemampuan VPN dan antivirus yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Laptop ini memiliki desain yang cukup familiar dengan layar berukuran 13,3 inci beraspek rasio 16:10 dan resolusi 1920×1200 FHD Plus berdaya rendah dan juga anti-silau. Penutup atas dan bawah laptop ThinkPad X13s terbuat dari 90% magnesium hasil daur ulang bersertifikat dan hadir dalam pilihan warna Thunder Black. 

Spesifikasi lainnya juga mengesankan, terutama untuk konektivitas. Ada Wi-Fi 6E terbaru dan tentu saja, jaringan 5G, termasuk mmWave dan Sub6. Dimasukkannya mmWave, yang selalu menjadi aspek menantang yang langka ditemukan di perangkat laptop lainnya, menjadi salah satu alasan Verizon bersama AT&T akan memasarkan laptop ini nantinya. 

Karena kebutuhan konferensi video sangat penting akhir-akhir ini, ThinkPad X13s pun dilengkapi dengan kamera web full HD 5MP dengan pembingkaian otomatis berbasis AI, Windows Hello IR untuk pengenalan wajah dan setelan tiga mikrofon dengan fitur peredam bising yang cerdas. Ada juga fitur-fitur modern seperti deteksi kehadiran manusia, yang mmeungkinkan login secara handsfree, mengunci PC dan meredupkan layar untuk menghemat daya.

Port dibuat sederhana dengan hanya dua port Type-C 3.2 (Gen 2) untuk transfer data, display, dan pengisian daya, bersama dengan port headset standard 3.5mm dan mic.

Namun, resep rahasia untuk laptop ini adalah prosesor ARM Snapdragon 8cx Gen 3 yang baru, yang pertama kali diumumkan pada bulan Desember tahun lalu. CPU ini akan memberikan peningkatan 40% untuk single-core dan 85% untuk multi-core dan 60% untuk GPU dibandingkan 8cx Gen 2.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend