Aplikasi TikTok Video Berdurasi Panjang

TikTok Akan Hadirkan Konten Video Berdurasi Panjang

NESABAMEDIA.COMTikTok dikabarkan tengah memulai sejumlah eksperimen dan pengujian fitur video yang lebih panjang. Video ini nantinya bisa berdurasi hingga 3 menit lamanya, yang sangat kontras dengan tujuan awal dibuatnya TikTok yang berupa konten singkat dan mudah dicerna.

Selama ini banyak sekali layanan media sosial yang menjadikan TikTok sebagai rujukan dalam menghadirkan fitur video pendek. Sehingga sangat menarik, ketika TikTok yang selama ini dijadikan rujukan, justru bergeser ke cara lain. Twitter misalnya, yang menghadirkan fitur Fleets yang kemudian justru tidak mendapatkan sambutan hangat dari penggunanya. Sementara itu Instagram cukup sukses hingga menghadirkan Reels.

Mengingat banyaknya kendala dan kesulitan yang dihadapi TikTok pada tahun ini, mereka pun belum bisa menghadirkan banyak fitur baru. Permasalahan hukum dengan pemerintah Amerika Serikat, membuat fokus mereka terhadap pengembangan fitur terganggu. Namun banyak pihak mengatakan jika pun tanpa kehadiran video berdurasi panjang ini, TikTok sebenarnya masih akan tetap baik-baik saja.

Oleh karenanya, fitur video berdurasi panjang ini pun menghasilkan tanggapan yang cukup beragam dari para penggunanya. Banyak yang merasa jika langkah yang diambil TikTok ini menyimpang dari identitas yang selama ini dibangun. 

Fitur ini akan menjadikan durasi video yang sebelumnya terbatas satu menit, menjadi lebih lama sampai dengan tiga menit. Sehingga menghasilkan perbedaan yang sangat signifikan dari bagaimana platform tersebut selama ini beroperasi. Secara teori, hal ini akan memberi pengguna lebih banyak ruang dan juga peluang untuk membuat konten. Namun kritik yang mengarah menyebutkan bahwa fitur tersebut melemahkan visi dari TikTok.

TikTok mengatakan bahwa fitur ini masih berada dalam tahap awal pengembangan. Artinya, sebagian besar pengguna tidak akan melihat adanya perbedaan, hingga mereka akhirnya menemukan video yang berdurasi lebih panjang dari biasanya.

Adapun teori yang melatar belakangi TikTok menghadirkan fitur ini adalah agar pengguna bisa membuat video yang lebih panjang untuk kanal mereka. Dalam artian, memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan konten yang lebih rapi, daripada menjadikan video-video mereka seperti konten-konten kejutan. Terlebih, dari data yang ada, video yang lebih panjang bisa menjadi langkah pendekatan yang lebih baik kepada audiens. 

Leave a Reply

Send this to a friend