Facebook Messenger Bisa "Dikunci" Dengan Face ID

Tingkatkan Keamanan, Facebook Messenger Bisa “Dikunci” Dengan Face ID

NESABAMEDIA.COM – Facebook menambahkan satu layer keamanan lagi. Saat ini pengguna sudah bisa mengunci percakapan mereka di Facebook Messenger dengan menggunakan Face ID atau Touch ID.

Sederet fitur keamanan sebenarnya sudah diberikan Facebook untuk aplikasi ini. Saat membuka Messenger di iPhone atau iPad, aplikasi akan ini terkunci beberapa waktu setelah ditutup. Untuk membukanya bisa menggunakan metode Face ID atau Touch ID. Fitur ini pastinya meningkatkan penggunaan aplikasi Facebook Messenger.

Facebook menyebut fitur ini sebagai App Lock. Fitur perubahan yang mulai dilakukan demi meningkatkan keamanan pengguna saat mengaplikasikan Messenger. Terutama dari tangan-tangan iseng yang berusaha mengakses percakapan mereka.

Aplikasi ini juga menambahkan section Privacy pada Pengaturan. Memberikan keleluasaan pada pengguna untuk sepenuhnya mengontrol App Lock. Serta pengguna Facebook yang mereka blokir tanpa perlu akses ke aplikasi Facebook lebih dulu.

Fitur App Lock saat ini bisa digunakan untk pengguna Facebook Messenger iOS. Sedangkan fitur ini digadang-gadang akan bisa digunakan pengguna Android dalam beberapa bulan kedepan.

Selain pembaharuan untuk fitur App Lock, Facebook menyebut akan ada fitur tambahan lain yang akan dirilis dalam waktu dekat. Salah satu fitur ini memberi kendali untuk pengguna mengontrol siapa yang bisa mengirimkan pesan kepada mereka. Selain itu juga akan memburamkan foto dari pengirim pesan yang tidak disetujui.

Untuk fitur tambahan satu ini, Facebook rupanya ingin memastikan pengguna benar-benar nyaman sebelum membuka gambar dengan potensi mengganggu. Terutama bila pengguna hanya ingin melihat pesan baru tersebut.

Keamanan sebelum melihat gambar dari pengirim pesan yang tidak disetujui, atau diterima memang penting. Terutama saat ini dimana banyaknya pengguna media sosial yang kurang bertanggung jawab.

Fitur yang sama sebelumnya sudah digunakan Facebook untuk WhatsApp dan Instagram. Sayangnya tidak disebutkan kapan fitur tambahan in akan ada di Messenger.

Keamanan yang semakin ditingkatkan Facebook pada pengguna aplikasi Messenger memang menjadi sebuah poin plus tersendiri. Baik itu untuk App Lock, dengan pilihan membuka dengan Face ID atau Touch ID. Sampai fitur untuk menyaring pesan yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Send this to a friend