• Our Partners:

Tingkatkan Keamanan Windows 10, Microsoft Rilis Kernel Data Protection

NESABAMEDIA.COM – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Microsoft tidak cepat puas terhadap produk yang sudah dikeluarkannya. Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat itu baru saja melakukan upgrade keamanan pada Windows 10.

Tak tanggung, Microsoft menghadirkan fitur keamanan tersendiri yang dinamai Kernel Data Protection (KDP). Fitur ini tergolong sebagai teknologi berupa platform keamanan untuk pencegahan data supaya tidak corrupted. Peristiwa ini dapat menyebabkan kehilangan data baik saat menulis, membaca, maupun memroses data.

KDP dirancang oleh tim khusus bernama Security Kornel Core. Nantinya, KDP menyetel API (Application Programming Interface) untuk mengamankan kernel Windows bagian tertentu dan driver melalui mode Read-only. Pengaturan API dapat dilakukan secara bebas oleh developer. Hal ini akan mencegah peretas atau hacker yang berniat mengubah memori serta memblokir malware.

Di balik kinerja KDP, terdapat beberapa aplikasi penunjang keamanan seperti software anti-cheat dan software digital rights management (DRM).

KDP bahkan memiliki manfaat tambahan di balik tujuan keamanan.

Pertama, implementasi KDP dapat meningkatkan performa dengan cara mengurangi beban persyaratan komponen. Artinya, sistem tidak lagi melakukan proses verifikasi secara berkala terkait variabel data yang sudah terlindungi selama ditulis (write-protected).

Kedua, sistem akan menjadi lebih andal karena mampu menganalisis bug atau corruption pada memori khususnya pada masalah keamanan yang kurang terlihat atau kurang rentan namun masih tetap berpotensi menimbulkan masalah.

Ketiga, KDP dapat mendorong para developer dan vendor supaya dapat menciptakan sistem yang kompatibel dengan fitur keamanan yang menjawab tantangan yang ada.

Windows Security (Sumber: Forbes)

Melalui KDP, pihak Microsoft berambisi untuk mewujudkan integrasi antara identitas, upaya virtualisasi, sistem operasi, serta proteksi hardware dan firmware. Penyetelan read-only pada kernel akan terisolasi dari sistem operasi oleh VBS (virtualization-based security).

Hingga saat ini, KDP dapat dicoba melalui Windows 10 Insider Build. Program Insider dari Windows merupakan sarana untuk menjajal atau menguji coba fitur terbaru Windows 10 sebelum diluncurkan dalam skala besar.

Bagaimana dengan Anda, apakah mulai tertarik untuk mencoba fitur keamanan Windows 10 lewat program Insider Build?

Leave a Reply