Twitter Ingin Jadikan Tab Explore Mirip Feed TikTok

Twitter Ingin Jadikan Tab Explore Mirip Feed TikTok

NESABAMEDIA.COMTwitter merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang kerap mengikuti kepopuleran TikTok dengan beragam fitur baru yang mereka tawarkan ke pengguna. Kali ini, Twitter mencoba meniru TikTok yang menerapkan antarmuka sederhana yang menempatkan satu cuitan atau video di saat yang sama, ketimbang menampilkan feed yang terlihat ramai. 

Meskipun Twitter tidak benar-benar menjelaskan bagaimana cara kerja fitur baru di halaman Explore ini, tampaknya itu adalah sebuah feed pengguliran vertikal, di mana setiap cuitan akan memenuhi layar, yang memungkinkan anda untuk menggesernya satu per satu untuk beralih antar cuitan lainnya. Tidak jelas juga apakah nantinya halaman Explore di Twitter itu akan berfokus pada cuitan video atau GIF, atau jika anda akan melihat cuitan teks biasa. 

“Memeriksa tab Explore. Jika ini terlihat berbeda, maka anda sedang berada dalam pengujian terbaru kami, yakni sebuah pengalaman Explore yang baru yang akan membantu anda menjelajahi konten terbaik yang sedang trending. Tersedia di beberapa negara tertentu untuk sejumlah pengguna terpilih baik di perangkat Android maupun iOS,” bunyi cuitan yang diunggah oleh akun Twitter Support itu.

Ini memang terlihat seperti TikTok. Teks pada halaman Explore baru di Twitter itu menggunakan jauh lebih sedikit bagian di layar, dan kehilangan beberapa opsi pembuatan dan video TikTok, ditambah dengan metadata TikTok yang biasanya anda temukan di konten video. Yang membedakan adalah itu merupakan feed Twitter biasa, sehingga mungkin beberapa pengguna TikTok akan familiar dengan tab Explore yang baru ini. 

Explore versi beta ini sekarang sudah tersedia untuk beberapa perangkat Android dan iOS yang menggunakan bahasa Inggris, namun tidak diketahui seberapa luas jangkauan atau kriteria untuk bisa mendapatkan pembaruan tersebut. 

Sebelumnya Twitter juga mulai melakukan pengujian terhadap fitur ujung ke ujung untuk video dan foto beberapa bulan yang lalu, yang membuat konten multimedia lebih mudah untuk terlihat di ruang yang berbentuk horizontal. Kini, Twitter ingin memperluas bentuk konten mereka yang akan menghabiskan seluruh layar smartphone, yang sepertinya sebuah progress yang bagus. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend