Mengenal Twixtor: Plugin untuk Memberikan Efek Slow Motion pada Video

Mengenal Twixtor: Plugin untuk Memberikan Efek Slow Motion pada Video

Jika anda mendalami dunia editing video, mungkin sudah tidak asing dengan software seperti final Cut, Adober Premier ataupun After Affects. Tentu kamu mengetahui bahwa software ini dapat menerapkan visualisasi yang sangat baik dan keren pada objek video, salah satunya dengan efek Slow Motion.

Slow Motion dapat memberikan efek yang keren dan canggih pada sebuah video, mungkin sebagian dari kita mengetahui bahwa fitur ini berada pada kamera smartphone kelas menengah.

Tahukah anda bahwa Slow Motion tidak melulu menggunakan Hardware sebagai perangkatnya? Kini fitur Slow Motion bisa digunakan dengan hanya menggunakan Plugin saja. Walaupun tidak menghasilkan video Slow Motion selayaknya kamera mahal, namun video yang dihasilnya dengan menggunakan software ini sudah dapat menghasilkan Slow Motion yang baik.

Twixtor adalah software plugin dengan keunggulan yang diberikan berupa fitur yang dapat menghasilkan Slow Motion pada sebuah video, anda bisa menggunakan Plugin ini dibeberapa software editing video yang mendukung Twixtor seperti After Effects sampai dengan Adobe Premier Pro.

Twixtor

Persiapan Memakai Twixtor

Video

Persiapkan video anda dengan minimal memiliki 30-60 fps agar video yang dihasilkan lebih Smooth dan tidak terkesan patah-patah. Untuk anda pengguna kamera DSLR, usahakan untuk mengatur Shutter Speed agar gambar yang dihasilkan cukup detail dengan objek aslinya.

Tripod

Direkomendasikan untuk menggunakan tripod agar video yang dihasilkan menjadi stabil dan tidak goyah, menggunakan Stabilizier juga dapat menjadi alternatif kedua jika ingin merekam Slow Motion dengan tambahan beberapa Movement.

Resolusi Video

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, disarankan untuk mengatur kualitas resolusi video diatas 720p agar gambar terlihat jernih.

Setelah bahan-bahan video telah tersedia, selanjutnya anda dapat merekam video dengan konsep Slow Motion yang unik. Anda dapat merekam objek yang sedang jatuh ataupun meloncat, jika sudah selesai mari kita simak langkah selanjutnya.

Cara Menggunakan Twixtor

Anda dapat menggunakan Twixtor diberbagai software editing video yang mendukung Plugin Twixtor, disini kami mengambil After Effects sebagai contoh penggunaan Twixtor. Berikut penjelasannya:

  1. Jalankan After Effect.
  2. Buka Effect & Preset.
  3. Ketikan “Twixtor” kemudian cukup klik Twixtor.
  4. Drag video yang akan di edit ke komposisi, akan muncul pengaturan di tab Effects Control.
  5. Carilah durasi awal video yang ingin di Slow Motion. Perhatikan indikator merah (Current Time), arahkan ke durasi yang anda inginkan untuk memulai Slow Motion.
  6. Ubah pengaturan Twixtor di tab Effects Control. Ubah Frame Rate 59,94 untuk video 60 fps dan 29,970 untuk video 30 fps. Centang pada bagian Smart Blend, ubah Frame Interp menjadi Motion Weighten Blend, Motion Sensitivity bisa anda ubah ke 100.

Setelah pengaturan telah selesai, nantinya kecepatan video akan turun secara perlahan selayaknya fitur Slow Motion, namun dengan efek yang lebih halus/smooth.

Sebelumnya, anda telah menggeser Current Time Indikator yang berwarna merah, selanjutnya anda harus meng-klik Keyframe pada Speed di pengaturan Twixtor. Anda bisa mengubah Speed ini sesuai keinginan dengan catatan semakin tinggi Fps maka semakin baik pula hasilnya. Selanjutnya anda bisa menyimpan hasil video dengan merender video dengan format MP4.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend