Kenali Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton + Tinggi Net

Bulu Tangkis adalah salah satu permainan yang paling terkenal di dunia. Cabang olahraga yang satu ini juga selalu masuk dalam perlombaan olahraga, baik dalam maupun luar negeri.

Banyak orang yang memainkan permainan ini, hanya sekedar hobi saja atau untuk mengisi waktu luang. Sebelum Anda memainkan permainan bulu tangkis ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal dasar dalam badminton, seperti ukuran lapangannya dan tinggi net yang digunakan. Berikut ini adalah ulasannya:

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar + Tinggi Net

Olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang membutuhkan lapangan sebagai tempat untuk melakukan permainan. Lapangan bulu tangkis ini bisa di dalam ruangan atau indoor dan bisa juga di luar ruangan atau outdoor. Namun, tidak semua lapangan bulu tangkis yang digunakan untuk bermain adalah lapangan yang sesuai dengan standart.

Tidak jarang ada pemain yang melakukan pertandingan di lapangan yang terkesan seadanya dan jauh dari standart ukuran lapangan yang ditetapkan. Bermain di lapangan yang memiliki ukuran standart akan membuat Anda lebih terbiasa untuk bermain secara professional dan akurat dalam pertimbangan smash.

Ada beberapa hal yang harus dibahas mengenai ukuran lapangan bulu tangkis (badminton), seperti:

1. Bentuk Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang. Di bagian tengah, akan diletakkan sebuah net untuk memisahkan daerah pemain satu dan pemain dua. Para pemain akan saling berhadapan satu sama lain.

Ada beberapa garis permainan yang digunakan, yakni garis servis depan, tengah, samping kiri dan kanan untuk permainan tunggal dan belakang bagi permainan ganda. Untuk permainan ganda, ada tiga jenis ganda yang diperbolehkan dalam permainan bulu tangkis, yakni ganda putri, ganda putra dan ganda campuran yang terdiri atas satu orang putra dan satu orang putri.

Masing-masing garis permainan lapangan bulu tangkis ini sekitar 40 mm dan harus memiliki warna yang kontras dengan warna lapangan. Biasanya, lapangan bulu tangkis akan berwarna hitam dan area garis akan diwarnai warna putih.

Permukaan lapangan badminton disarankan untuk terbuat dari bahan sintetis yang lunak dan kayu. Bahan sintetis yang keras dan terbuat dari beton dilarang untuk digunakan lapangan badminton, tentu karena bisa menyebabkan pemain menjadi cidera karena terlalu keras.

2. Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standard

Siapa yang mengesahkan ukuran lapangan bulu tangkis (badminton) secara internasional? Yang mengesahkannya adalah Federasi Badminton Internasional atau International Badminton Federation yang biasa disingkat IBF. Secara internasional, federasi inilah yang mengesahkan dan menetapkan berapa ukuran valid untuk pertandingan ganda maupun tunggal.

Di Indonesia, organisas yang menaungi semua pemain bulu tangkis dan menetapkan semua aturannya adalah PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. Ukuran Internasional yang ditetapkan untuk lapangan bulu tangkis memiliki panjang sebesar 13,40 meter dengan lebar sebesar 6,10 meter.

Jarak garis servis di bagian depan adalah 1,98 meter dari net, sedangkan jarak garis servis di bagian tengah dihitung 3,05 meter dari garis samping lapangan. Khusus untuk permainan ganda, federasi menetapkan bahwa jarak garis servis belakangnya dihitung 0,76 meter dari garis belakang lapangan. Yang terakhir, garis samping lapangan untuk permainan tunggal dihitung 0,46 meter dari bagian garis pinggis lapangan. Tinggi tiang net yang standart adalah 1,55 meter dengan tinggi net setinggi 1,52 meter.

Ada lapangan khusus yang digunakan untuk anak-anak yang ada di bawah 9 tahun. Ukurannya sedikit berbeda, yakni dengan lebar sepanjang 10,05 meter dengan lebar 4,40 meter. Lapangan ini adalah lapangan untuk anak-anak yang sudah disahkan secara internasional.

3. Bidang Permainan

Dalam lapangan bulu tangkis, ada beberapa garis yang wajib ada dalam setiap pertandingan. Di bagian samping, ada dua jenis garis yakni garis bagian dalam dan garis bagian luar. Garis selanjutnya ada di bagian belakang yang juga terdiri dari dua jenis, yakni garis bagian luar dan dalam. Garis-garis ini memiliki fungsi untuk menentukan panjang dan lebar lapangan, serta batas area servis yang diperbolehkan selama permainan.

4. Lapangan Pertandingan Tunggal

Secara umum, banyak orang yang berpikir bahwa lapangan pertandingan tunggal dan ganda memiliki ukuran lapangan yang sama. Padahal, ukuran lapangan tunggal dan ganda memiliki perbedaan.

Untuk panjang lapangan permainan tunggal adalah 13,40 meter dengan lebar 5,18 meter. Panjang penerimaan servis yang digunakan dalam lapangan permainan tunggal adalah 4,72 meter dengan lebar 2,59 meter.

Bagian lebar lapangan permainan menggunakan garis di samping bagian dalam, sedangkan untuk ukuran panjangnya menggunakan garis belakang di bagian luar.

5. Lapangan Pertandingan Ganda

Lapangan Pertandingan Ganda

Lebar area permainan bulu tangkis yang ada di dalam pertandingan tunggal menggunakan garis lapangan di sisi dalam. Sedangkan untuk garis belakang sisi luar digunakan sebagai panjang. Ukuran panjang dan lebar yang ada di dalam pertandingan ganda ini tentu berbeda dengan yang ada di pertandingan tunggal.

Panjang bidang permainan yang digunakan dalam pertandingan ganda adalah 13,40 meter. Sedangkan lebar bidangnya adalah 6,10 meter. Ukuran selanjutnya adalah panjang dan lebar bidang penerima servis yang masing-masing 3,96 meter dan 3,05 meter. Ukuran ini adalah ukuran standart yang harus dipatuhi apabila ingin mengadakan sebuah perlombaan badminton yang pemainnya ganda, baik ganda putri, putra maupun campuran.

6. Garis Lapangan Badminton Daerah Servis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton)

Karena ada dua jenis pertandingan, maka garis lapangan badminton untuk daerah servis juga ada dua yakni untuk pertandingan tunggal dan ganda. Untuk pertandingan tunggal, batas servis adalah garis yang ada di bagian belakang luar. Sedangkan untuk pertandingan ganda, batas servisnya ada di garis bagian dalam dan samping luar.

Area servis lapangan bulu tangkis untuk pertandingan tungal memiliki panjang dan lebar masing-masing 13,40 meter dan 5,18 meter. Sedangkan untuk pertandingan ganda, memiliki panjang 11,88 meter dan lebar 6,10 meter. Lapangan untuk pertandingan ganda memang memiliki area servis yang lebih besar, karena memiliki dua pemain di tiap sisinya.

Ketentuan tentang lapangan bulu tangkis diatas sudah disepakati secara internasional, sehingga ukuran lapangan (badminton) dan batas-batasnya tidak akan berubah dimanapun atlet bertanding.

Itu dia yang harus Anda ketahui tentang ukuran-ukuran dalam lapangan bulu tangkis. Selain lapangan, ada juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam permainan bulu tangkis, seperti shuttle kock, raket dan juga net. Net adalah sebuah tiang berjaring yang dipasang di bagian tengah lapangan untuk membedakan area masing-masing tim.

Ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh seorang atlet agar shuttle tidak tersangkut di net dan menyentuh area lawan. Shuttle kock yang umum digunakan dalam permainan bulu tangkis adalah shuttle yang menggunakan bahan sintetis atau gabus.

Jumlah bulu yang ada dalam satu shuttle adalah 16 bulu dengan berat keseluruhan seberat 4,74 hingga 5,50 gram. Sedangkan untuk raketnya, bisa terbuat dari besi atau fiber. Ada lima bagian dari raket, yakni pegangan, area yang bersenar, kepala, batang dan juga leher raket. Hal-hal tersebut haruslah Anda ketahui apabila ingin melanjutkan karir di dunia bulu tangkis.

Leave a Reply

Send this to a friend