Yuk Kenali Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Resmi + Gambarnya

Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Karena permainan sepak bola dapat dilakukan dan dinikmati oleh siapa saja baik itu anak – anak sampai orang dewasa.

Lapangan permainan sepak bola atau biasa disebut lapangan hijau atau bahasa inggrisnya adalah football field adalah permukaan tanah yang lapang untuk melakukan permainan sepak bola.

Biasanya lapangan sepak bola ditanami rumput alami atau rumput buatan/sintetis. Permainan sepak bola juga memiliki peraturan dan ketentuannya sendiri. Dalam permainan sepak bola, jumlah pemain setiap regunya adalah 11 orang, salah satunya menjadi kiper, dan 10 orang lainnya merupakan pemain.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Setiap lapangan sepak bola pasti memiliki ukurannya yang berbeda – beda. Namun, untuk ukuran lapangan epak bola internasional sudah diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Semua peraturan dan tata tertib yang ada didalam permainan sepakbola juga sudah diatur dan ditetapkan oleh FIFA.

Tetapi, untuk di Indonesia semua kegiatan, peraturan, dan tata tertib dalam permainan sepakbola diatur dan ditetapkan oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). Berikut ini beberapa penjelasan mengenai ukuran dari lapangan sepak bola yang berskala internasional, berstandar nasional, dan juga lapangan sepak bola mini.

A. Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Untuk ukuran lapangan sepak bola internasional pasti sudah mempunyai ukurannya sendiri dan pasti ukurannya lebih luas dari ukuran lapangan sepak bola berskala nasional. Ukuran lapangan sepak bola internasional dibuat lebih luas karena permainan sepak bola pada skala internasional dibuat untuk lebih memberi tantangan kepada pemainnya dengan ukuran lapangan yang lebih luas dari ukuran lapangan sepak bola nasional.

Pada dasarnya sepak bola adalah cabang olahraga yang bermain menggunakan bola. Bola yang digunakan biasanya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan sebanyak dua tim. Yang mana pada setiap tim permainan sepak bola beranggotakan 11 orang pemain inti dan juga ada beberapa orang sebagai pemain cadangan.

Adapun beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk membuat lapangan sepak bola berskala internasional. Berikut ini beberapa ciri dan kriteria ukuran lapagan sepak bola berskala internasional, yaitu :

  • Ukuran panjang dari lapangan sepak bola internasional yang memenuhi syarat dan kriteria adalah 100 meter sampai 110 meter.
  • Ukuran lebar dari lapangan sepak bola internasional yang memenuhi syarat dan kriteria adalah diantara 64 meter sampai 75 meter.
  • Ukuran gawang atau biasa disebut dengan kotak kiper dari lapangan sepak bola internasional adalah tinggi 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.
  • Untuk ukuran kotak pinalti pada lapangan sepak bola internasional sama dengan ukuran lapangan sepak bola berskala nasional yaitu 40,3 meter x 16,5 meter.

B. Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional Untuk ukuran lapangan sepak bola berstandar nasional biasanya mempunyai ukuran yang lebih sempit dibandingkan dengan ukuran lapangan sepak bola berskala internasional. Lapangan sepak bola nasional biasanya digunakan untuk pertandingan yang diadakan berskala dalam negeri saja.

Bola yang digunakan pada permainan sepak bola yang berskala nasional juga terbuat dari bahan kulit sama seperti pertandingan berskala internasional.

Adapun beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi untuk membuat lapangan sepak bola berstandar nasional. Berikut ini beberapa syarat dan kriteria pada ukuran lapangan sepak bola bertarah nasional, yaitu :

  • Ukuran keseluruhan dari lapangan sepak bola berstandar nasional yang harus memenuhi syarat adalah diantara 90 meter hingga 120 meter.
  • Untuk ukuran panjang dan lebar dari lapangan sepak bola berstandar nasional yang harus memenuhi syarat adalah diantara 45 meter hingga 90 meter. Ukuran tersebut sudah merupakan ketetapan dan ketentuan yang diberlakukan sejak lama.
  • Ukuran lingkaran tengah lapangan sepak bola berstandar nasional adalah 9,15 meter.
  • Untuk ukuran gawang atau biasa disebut kotak kiper yang memenuhi syarat adalah 18,30 meter x 5,5 meter.
  • Ukruan kotak pinalti yang berada didepan gawang harus mempunyai ukuran 40,3 meter x 16,5 meter.

C. Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

ukuran lapangan sepak bola mini

Sepak bola tidak hanya ada yang berukuran untuk standar nasional ataupun internasional. Ada juga permainan sepak bola yang dimainkan lebih sederhana lagi, biasanya disebut dengan sepak bola mini. Permainan sepak bola mini ini biasa dimainkan di sekolah atau di perkampungan atau di desa. Ukuran lapangan sepak bola mini tentunya lebih kecil lagi dari ukuran lapangan sepak bola yang berstandar nasional.

Jumlah pemain pada sepak bola mini ini tidak sebanyak permainan sepak bola berstandar nasional yang mana biasanya berjumlah 11 orang dalam satu regu, tapi permainan sepak bola mini hanya memiliki jumlah 7 hingga 9 orang pemain saja dalam satu regu.

Permainan sepak bola mini ini adalah hasil modifikasi. Untuk ukuran bola mengikuti standar pada permainan sepak bola berstandar nasional.

Ada beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi dalam bermain sepak bola mini. Berikut ini beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi dalam permainan sepak bola mini, yaitu :

  • Untuk ukuran keseluruhan lapangan sepak bola mini yang harus dipenuhi adalah 60 meter x 40 meter.
  • Ukuran gawang atau kotak kiper yang harus dipenuhi adalah tinggi 2 meter dan lebar 5 meter.
  • Untuk ukuran jarak tendangan pinalti yang harus dipenuhi adalah 9 meter.
  • Ukuran daerah pinalti yang harus memenuhi kriteria adalah 12 meter x 13 meter

Adapun beberapa peraturan dalam permainan sepak bola mini, yaitu :

  • Waktu pertandingan selama 2 x 20 menit dan waktu istirahat selama 10 menit.
  • Bola yang dipakai berukuran nomor empat.
  • Jumlah pemain sepak bola mini adalah 7 orang pemain inti dan 3 orang pemain cadangan.
  • Pemain bebas saling bergantian, tidak ditentukan jumlahnya.
  • Lawan pemain sebanyak 7 orang lawan 7 orang pemain.
  • Jika selama pertandingan terjadi drae, maka langsung dilakukan tendangan pinalti, tanpa memperpanjang waktu lagi.
  • Kartu merah dan kartu kuning tidak digunakan dan tidak berlaku juga. Jikalau ada pemain yang melanggar, ia hanya diberi peringatan saja.
  • Tidak ada offside.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai ukuran lapangan sepak bola baik internasional, nasional, ataupun lapangan sepak bola mini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend