Universal Control Milik Apple, Tak Jauh Berbeda Dengan Aplikasi Microsoft Satu Ini

Universal Control Milik Apple, Tak Jauh Berbeda Dengan Aplikasi Microsoft Satu Ini

NESABAMEDIA.COMKemarin dalam event WWDC, Apple mengumumkan Universal Control sebagai fitur baru yang akan hadir di macOS Monterey. Universal Control memungkinkan pengguna untuk mengontrol banyak perangkat dengan sebuah keyboard dan mouse, termasuk iPad dan juga MacBook. Pengguna bahkan bisa melakukan drag and drop lewat iPad, MacBook dan iMac. 

Pengguna sistem operasi Windows sepertinya langsung menyadari bahwa fitur yang baru diperkenalkan Apple itu sebenarnya sudah dimiliki oleh Microsoft terlebih dahulu dengan aplikasi Mouse Without Borders. 

Tidak seperti Universal Control, aplikasi Mouse Without Borders itu memungkinkan pengguna untuk menggunakan sebuah mouse dan keyboard di semua jenis perangkat. Ini juga bisa untuk melakukan drag and drop item antar banyak PC sekaligus. Aplikasi tersebut sangat bagus, di mana ketika pengguna memiliki sebuah mouse terbaik, pengguna bisa menggunakannya untuk banyak perangkat. 

Namun ada beberapa perbedaan antara Universal Control milik Apple dengan aplikasi Mouse Without Borders buatan Microsoft itu. Pertama, Mouse Without Border muncul lebih dulu. Kedua Microsoft rupanya belum melakukan cukup banyak hal dengan aplikasi itu untuk menjadikannya bisa bersaing dengan Universal Control. Bahkan Microsoft pada akhirnya memutuskan untuk meninggalkan begitu saja aplikasi tersebut. 

Tidak ada alasan jelas kenapa Microsoft meninggalkan aplikasi Mouse Without Border begitu saja. Mungkin mereka menganggap aplikasi itu tidak menunjukkan kinerja yang memuaskan. Padahal, banyak pengguna yang menganggap aplikasi tersebut sangat cocok dan berguna apabila diintegrasikan dengan baik ke Windows 10. Di mana aplikasi itu akan sangat membantu pengguna yang memiliki perangkat tablet semacam Surface Go, yang ingin disambungkan dengan perangkat PC lainnya. 

Aplikasi tersebut pada dasarnya juga memiliki proses konfigurasi yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan Universal Control milik Apple. Pengguna diharuskan memasukkan kode keamanan dan menghubungkannya ke perangkat PC. 

Memang sejauh ini masih belum terlihat seperti apa kinerja dari Universal Control, namun banyak pihak yakin bahwa fitur itu akan jauh lebih mudah dan sederhana untuk digunakan, seperti banyak aplikasi lainnya yang ditujukan untuk menghubungkan perangkat iPad dan Mac.

Leave a Reply

Send this to a friend