7 Unsur-Unsur Kebudayaan Beserta Contoh dan Penjelasannya, Sudah Tahu?

Istilah kebudayaan pasti sering Anda temui dimana saja, termasuk pada pelajaran sosial budaya. Perlu Anda ketahui istilah kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta, yakni Buddhaya.

Buddhaya adalah suatu bentuk jamak dari istilah buddhi, yang memiliki arti sebagai hal yang memiliki kaitan dengan budi dan juga akal manusia.

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang kompleks, yang mana di dalamnya telah berisi kepercayaan, kesenian, hukum, pengetahuan, adat istiadat, moral, sekaligus keahlian maupun ciri khas yang lainnnya yang dihasilkan seseorang sebagai anggota dalam kelompok masyarakat.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Kebudayaan juga memiliki unsur-unsur yang terdapat didalamnya, yang mana unsur-unsur tersebut dibagi menjadi 7 bagian. Berikut adalah 7 unsur-unsur kebudayaan beserta contohnya :

1. Unsur Religi

Unsur-Unsur Kebudayaan

Unsur kebudayaan yang pertama yaitu unsur religi. Unsur ini merupakan dimana setiap manusia mengakui adanya Tuhan sebagai yang maha pencipta, di Indonesia saat ini ada beberapa macam agama yang terdapat didalamnya dan mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam.

Agama juga merupakan unsur yang harus dimiliki dan dilakukan pada kehidupan sehari-hari setiap manusia, karena apabila seseorang tidak mempunyai agama atau kepercayaan, maka bisa terjadi seluruh manusia tidak akan hidup dengan teratur.

Hal tersebut dikarenakan mereka tidak memiliki peraturan yang membatasinya. Dan perlu kita ketahui bahwasanya fungsi dari sebuah agama yaitu untuk dapat mengatur jalannya kehidupan seseorang dalam hubungannya dengan sang maha pencipta.

Contoh dari unsur religi atau agama yaitu agama Islam, agama Kristen, agama Hindu, agama Budha, agama Katolik, dan lain sebagainya.

2. Sistem Kemasyarakatan

unsur kebudayaan

Sistem kemasyarakatan sendiri timbul karena adanya kesadaran manusia, dan sengaja diciptakan dengan paling sempurna tetapi tetap mempunyai kekurangan atau kelemahan dan kelebihannya masing-masing antara setiap orang.

Hal tersebut nantinya akan berguna untuk kegiatan keorganisasian dan akan bersatu dikarenakan pada dasarnya setiap orang bukan suatu makhluk yang individualis, karena mereka juga masih saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya agar dapat berkembang di masyarakat.

Contoh dari unsur sistem kemasyarakatan yaitu suatu organisasi yang telah dibentuk oleh sejumlah masyarakat untuk menjadi perwakilan maupun sekelompok orang yang berorganisasi untuk kepentingan bersama dan juga akan saling menguntungkan.

3. Sistem Peralatan

unsur kebudayaan

Sistem peralatan dimaksudkan sebagai suatu peralatan yang sering digunakan oleh setiap orang untuk dapat menopang kehidupan mereka sehari-hari sebagai manusia.

Pada era sekarang ini  atau biasa disebut dengan era globalisasi, manusia sangat membutuhkan peralatan yang dapat memudahkan mereka ketika melakukan tugas apapun pada kesehariannya, hal tersebut diartikan agar dapat menghemat waktu maupun mempermudah mereka dalam bersosialisasi dan juga berkomunikasi.

Contoh dari unsur sistem peralatan yaitu suatu alat komunikasi misalnya handphone, alat transportasi misalnya mobil dan sepeda motor dan juga yang lainnya.

4. Sistem Mata Pencaharian

Unsur-Unsur Kebudayaan adalah

Sistem mata pencaharian adalah suatu sistem yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam kesehariannya, hal tersebut dikarenakan setiap manusia mempunyai tuntutan hidup contohnya seperti sandang, pangan, konsumsi, dan lain sebagainya. Itulah mengapa manusia haris dituntut atau diharuskan untuk bekerja agar tetap bisa bertahan hidup dan juga dapat memenuhi segala kebutuhannya setiap hari.

Contoh dari sistem mata pencaharian yaitu guru, pekerja kantoran, petani, buruh, dosen, pengusaha, penjual pakaian, dan lain sebagainya.

5. Sistem Bahasa

unsur kebudayaan

Sistem bahasa merupakan suatu cara seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, ada banyak bahasa yang ada di seluruh dunia tergantung pada kebudayaannya sendiri. Dan di Indonesia sendiri terdapat satu bahasa pedoman yaitu bahasa Indonesia, bahasa tersebut selalu dijadikan bahasa sekaligus cara untuk dapat berkomunikasi sehari-hari.

Tetapi ada banyak bahasa-bahasa dari segala macam suku yang ada di Indonesia. Bahasa dari berbagai suku yang ada di Indonesia juga memiliki banyak perbedaan, hal tersebutlah yang membuat Indonesia menjadi negara yang unik karena memiliki kebudayaan bahasa daerahnya yang berbagai macam jenis.

Contoh dari unsur sistem bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inddris, bahasa Korea, dan lain sebagainya. Sedangkan di Indonesia sendiri, berbagai bahasa daerahnya yaitu seperti bahasa Batak, bahasa Jawa, bahasa Padang, bahasa Sunda, bahasa Ambon, dan bahasa daerah lainnya.

6. Sistem Pengetahuan

unsur kebudayaan

Sistem pengetahuan atau ilmu pengetahuan adalah suatu hal yang sangat identik dengan adanya manusia, karena manusia mempunyai pikiran dan akal yang sudah dikaruniakan kepada setiap individu dari sang maha pencipta. Terlebih di negara Indonesia sendiri,  seluruh masyarakatnya sudah diharuskan atau diwajibkan untuk dapat mengenyam bangku sekolah hingga 9 tahun lamanya, yaitu pada bangku SD, SMP, dan SMA.

Hal tersebut dikarenakan mereka sadar seberapa pentingnya ilmu pengetahuan di dalam perkembangan zaman pada era globalisasi ini, dan persaingan setiap orang pun akan semakin sengit, terlebih lagi pada segi profesi dan lain sebagainya.

Contoh dari sistem pengetahuan yaitu masyarakat diwajibkan untuk dapat mengenyam pendidikan selama 9 tahun lamanya yang sesuai diterapkan pada pemerintah Indonesia.

7. Seni

unsur kebudayaan

Di dalam kehidupan ini, manusia pasti tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya seni. Seni merupakan suatu hal yang bersifat menghibur dan dapat memanjakan mata seseorang ketika melihatnya.

Sesuai dengan pengertian seni yaitu merupakan sebuah ekspresi dari perasaan manusia yang mana didalamnya mempunyai unsur-unsur keindahan dan dapat diungkapkan dengan sebuah media yang bersifat nyata, seperti dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, serta juga bisa dirasakan oleh kelima indera manusia.

Nah, dengan adanya seni tersebut membuat setiap manusia dapat dengan bebas mengeluarkan ekspresinya dan kreatifitasnya sendiri pada kehidupannya sehari-hari. Dan manusia tidak akan bisa lepas dari seni karena seni merupakan bagian dari manusia itu sendiri.

Contoh dari seni yaitu seperti musik, lukisan, fotografi, tarian, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai 7 unsur-unsur kebudayaan beserta dengan contohnya, semoga dengan adanya artikel ini Anda dapat dengan mudah mengerti apa saja unsur-unsur yang terdapat di dalam kebudayaan. Contoh dari unsur-unsur kebudayaan tersebut pun telah dijelaskan diatas agar Anda dapat lebih memahaminya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend