Yuk Kenali Unsur-Unsur Manajemen Beserta Contoh dan Penjelasannya

Dalam dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dari yang namanya Manajemen. Mulai dari mengelola, menjalankan dan merancang bisnis untuk mencapai target yang di rencanakan baik dalam manajemen sederhana dalam bisnis dengan skala kecil maupun dengan skala besar didalam sebuah perusahaan.

Untuk memastikan proses penjualan, produksi dan distribusi dapat berjalan dengan baik dalam sebuah perusahaan dibutuhkan pula sistem manajemen yang baik.

Agar fungsi dalam manajemen dapat berjalan dengan baik dibutuhkan yang namanya suatu unsur-unsur manajemen. Untuk lebih jelasnya mengenai unsur-unsur manajemen, anda dapat menyimak ulasa dibawah ini.

Unsur-Unsur Manajemen

unsur-unsur manajemen

Tiap-tiap unsur dalam manajemen saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu dengan menerapkan unsur-unsur manajemen dalam sebuah perusahaan dapat berguna untuk peningkatan dalam mencapai tujuan yang telah di rencakan dalam sebuah perusahaan. Unsur-unsur manajemen terdiri dari 6 unsur, yaitu sebagai berikut:

1. Man (sumber daya manusia)

Unsur-Unsur Manajemen - Man (sumber daya manusia)

Man merupakan faktor yang paling penting dan menentukan didalam manajemen. Dalam hal ini manusialah yang merencanakan dan melaksanakan proses tersebut agar tercapai tujuan yang direncanakan.

Jika manusia tidak dilibatkan dalam hal ini maka perencanaan dan proses kerja pada manajemen tidak akan pernah terjadi. Bahkan dapat dikatakan tanpa adanya sumber daya manusia maka organisasi manapun tidak akan berkembang di dunia yang serba otomatis seperti saat ini.

Sumber daya manusia memiliki beberapa unsur, yaitu:

  1. Komposisi, seperti pelaksana, pimpinan, bagian teknis, pelaksana,administrasi dll
  2. Persyaratan, seperti kemampuan, keahlian, pendidikan, ketrampilan dan pengalaman
  3. Jumlahnya, harus sesuai dengan formasi dan kebutuhan

2. Money (uang)

Money (uang)

Manajemen membutuhkan biaya dalam menjalankan aktivitasnya, baik untuk perawatan alat-alat, pembelian, pembayaran gaji tenaga kerja, pembelian bahan baku / material, dan lainnya.

Sukses atau tidaknya sebuah manajemen yang dilakukan tergantung dari Pengelolaan uang yang baik. Maka dari itu, agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai perlu adanya pengelolaan uang yang harus dilakukan secara rasional.

3. Materials (bahan baku)

Unsur-Unsur Manajemen - Materials (bahan baku)

Perusahaan membutuhkan bahan baku dalam memproduksi suatu barang. Persediaan bahan baku sangat penting dalam proses produksi, baik berupa bahan jadi ataupun bahan setengah jadi.

selain dibutuhkan manusia yang ahli di bidangnya untuk dapat memproduksi barang yang baik sesuai dengan apa yang di inginkan maka juga harus menggunakan bahan- bahan atau materi-materi yang baik dan berkualitas.

4. Machines (mesin)

Machines (mesin)

Diperlukan mesin yang dapat digunakan untuk proses pengelolaan bahan mentah menjadi barang jadi. Selain itu, dibutuhkan mesin dan peralatan kerja lainnya untuk memudahkan pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah (efisien) dan lebih cepat sehingga dapat meningkatkan hasil dan keuntungan.

Penggunaan mesin yang semakin canggih dan modern pada era dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini dapat lebih meminimalisir kesalahan selama proses produksi dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat dengan hasil yang banyak dibandingkan dengan cara manual.

5. Methods (metode)

Methods (metode)

Diperlukan adanya beberapa untuk dalam menentukan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan dalam manajemen. Seperti menetapkan serangkaian prosedur dengan mempertimbangkan fasilitas yang tersedia, waktu, kegiatan bisnis, uang dan tujuan yang ingin dicapai.

Untuk meningkatkan penggunaan semua sumber daya dan faktor-faktor produksi perlu adanya peranan dari metode-metode tersebut yang ditetapkan sebagai standar operasional yang baku (SOP), sehingga semua pekerjaan dapat berjalan lebih efisien dan efektif.

6. Minute (waktu)

Unsur-Unsur Manajemen - Minute (waktu)

Sebuah perusahaan harus bisa mengatur dan mengalokasikan waktu dengan sumber daya yang ada supaya target dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan maksimal. Untuk melakukan memanajemen waktu dengan baik dan benar. Kita harus mengatur porsi waktu untuk masing-masing aktivitas secara terstruktur.

Kenapa manajemen waktu begitu penting? Hal ini dikarenakan karena waktu bersifat terus berjalan, tidak dapat disewa, tidak dapat dibeli dan tidak dapat diputar ulang. Maka dari itu, untuk mencapai visi misi perusahaan, manajemen waktu sangat perlu diperhatikan.

7. Market (pasar)

Market (pasar)

Perusahaan wajib memahami dunia pemasaran dengan baik agar dapat memasarkan hasil produksinya dengan baik pula. Untuk kelangsungan proses produksi pentingnya di lakukan pemasaran produk dari perusahaan itu sendiri.

Apabila barang-barang yang diproduksi tidak diminati oleh konsumen atau tidak laku itu maka proses produksi barang tersebut akan terhenti yang mana artinya pemasaran barang tersebut telah gagal. Maka dari itu demi kelangsungan proses produksi perusahaan pentinya untuk menguasai pasar atau dunia pemasaran.

Apabila pemasaran dari barang yang diproduksi dilakukan dengan baik maka memungkinkan barang atau jasa yang dihasilkan memilki pangsa pasar. Agar barang atau jasa dapat didistribusikan ke seluruh konsumen dengan tetap menjaga dan memperhatikan kualitas dan harga maka peranan penguasaan pasar yang baik sangat penting dalam hal ini untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Biasanya barang atau jasa dengan kualitas yang rendah dan harganya yang relatif mahal tidak akan laku di pasaran dan tidak akan dibeli konsumen.

Penerapan Unsur-unsur Manajemen

1. Dalam Manajemen Strategik

Manajemen strategik adalah suatu rancangan kegiatan yang komprehensif dan mendasar dalam mengambil keputusan, serta cara penerapannya yang dibuat oleh pimpinan manajemen dan dilaksanakan oleh seluruh pihak-pihak yang terkait di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Unsur-unsur manajemen ini digunakan sebagai satu kesatuan yang saling mempengaruhi dan saling berkaitan serta bergerak secara bersamaan menuju arah yang sama pula dalam hubungannya dengan manajemen strategik..

Penerapan unsur unsur manajemen strategik dilakukan secara bersamaan dengan cara menggabungkannya dengan seluruh aspek manajemen dalam mencapai keberhasilan di bidang organisasi.

2. Dalam Bidang Pendidikan

Manajemen yang diterapkan dalam bidang pendidikan berkaitan dengan keberhasilan lembaga pendidikan, dalam menjalankan fungsi pengendalian,perencanaan, pengorganisasian, pengawasan , profesionalitas dan personalia.

Proses pengawasan perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian dilakukan untuk mengelola sumber daya yang berupa man, money, material, machine, methode, minute dan market dalam mencapai tujuan dibidang pendidikan yang efisien dan efektif.

Manajemen pendidikan beda dengan pendidikan, karena tidak semua aktivitas untuk mencapai tujuan dalam pendidikan termasuk manajemen pendidikan. Perlu diketahui bahwa manajemen pendidikan adalah untuk mengelola semua unsur pendidikan sebagai usaha untuk pencapaian tujuan pendidikan dengan cara-cara yang efisien dan efektif.

Leave a Reply

Send this to a friend