Untuk PC Windows, Xbox Game Pass Kini Bernama PC Game Pass

Untuk PC Windows, Xbox Game Pass Kini Bernama PC Game Pass

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengumumkan layanan berbayar PC Game Pass, untuk pengguna gamer Windows di PC. Layanan ini, pada awalnya bernama Xbox Game Pass, yang kemudian dibranding ulang oleh Microsoft. Microsoft juga menambahkan beberapa judul game baru ke layanan gaming berbayar tersebut.

Microsoft dilaporkan baru saja melakukan rebranding atas layanan Xbox Game Pass for PC, yakni sebuah layanan gaming berbayar untuk perangkat berbasis Windows 10 dan 11. Layanan itu kini memiliki nama baru yakni, PC Game Pass, menghilangkan istilah Xbox, karena perusahaan memiliki rencana untuk memposisikan layanan itu sebagai layanan gaming berbayar di masa depan, mirip yang dilakukan oleh Netflix dengan konten film-nya. 

Langkah ini sepertinya menjauhkan upaya Microsoft Xbox Game Pass dari penawaran konsol Xbox mereka, yang kemungkinan juga untuk membantu mengurangi kebingungan yang ditimbulkan oleh bisnis Xbox dan perangkat keras fisik Xbox. Meskipun ini adalah sebuah brand baru, ikonografi Xbox masih tetap menonjol dalam layanan tersebut sampai sekarang. 

Microsoft sendiri memang telah lama berupaya untuk menghapus penggunaan nama Xbox dari pemasaran produk dan layanan berbasis PC mereka, namun baru diumumkan secara resmi sekarang. 

Microsoft juga terus mencoba memperluas branding Xbox-nya melampaui layanan konsol rumahan, dengan berbagai fitur dan layanan tambahan, ditambah dengan dukungan cloud gaming di iOS dan Android. Namun, Xbox One dan Xbox Series X/S tetap menjadi dasar bagi bisnis gaming Microsoft. Ini juga membuat Xbox Game Pass lebih identik dengan konsol Xbox-nya.

Dalam cuitan di akun resminya, Xbox Game Pass PC menyampaikan beberapa hal mengenai sejumlah perubahan dan apa yang tetap sama terkait rebranding layanannya itu. Perubahan itu seperti penggunaan logo baru, dan detail layanan yang sedikit diubah.

Tahun ini sepertinya menjadi tahun yang cukup sibuk bagi PC Game Pass, dengan beberapa proyek baru Xbox Game Studios seperti Halo Infinite dan Forza Horizon 5 yang ditambahkan ke layanan tersebut.

Microsoft juga mengumumkan proyek lainnya seperti Redfall dan Starfield yang juga kabarnya akan diluncurkan tahun depan, ditemani juga dengan Total War: Warhammer III, STALKER 2, dan sejumlah judul game dari pengembang pihak ketiga lainnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend