Lightroom apps on iOS phone iPhone and iPad hapus foto preset secara permanen

Update Lightroom Hapus Foto dan Preset Secara Permanen di iOS

NESABAMEDIA.COM – Tanpa memberi sinyal apa pun, Adobe merusak kerja keras banyak pengguna Lightroom yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahu, mereka tidak akan pernah mendapatkannya kembali foto dan preset – dan semua yang ditawarkan perusahaan sebagai balasannya adalah maaf. Blunder ini terjadi lantaran update terbaru versi iOS dan iPadOS mengalami kendala hapus otomatis.

Pembaruan pada aplikasi Lightroom untuk iPhone dan iPad secara permanen menghapus sebagian besar foto, prasetel, dan data pengguna lainnya yang belum disinkronkan ke awan, sebagaimana dilansir dari laporan PetaPixel. Adobe sejak itu mengonfirmasi masalah tersebut dan meminta maaf atas pengawasan tersebut, menambahkan bahwa tidak mungkin untuk mengambil data yang hilang.

“Kami menyadari bahwa beberapa pelanggan yang memperbarui Lightroom 5.4.0 di iPhone dan iPad mungkin kehilangan foto dan preset yang tidak disinkronkan ke cloud Lightroom,” kata perwakilan dukungan pelanggan Adobe dalam sebuah forum. “Versi baru ponsel Lightroom (5.4.1) untuk iOS dan iPadOS kini telah dirilis yang mencegah masalah ini memengaruhi pelanggan tambahan. “

“Menginstal versi 5.4.1 tidak akan mengembalikan foto atau preset yang hilang,” kata perwakilan itu lebih lanjut.

Masalah ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna yang bersangkutan di forum umpan balik Photoshop pada 18 Agustus 2020, tetapi keluhan serupa lainnya telah muncul di Reddit sejak saat itu.

“Setelah saya memperbarui aplikasi […] semua gambar dan preset saya [hilang],” tulis seorang pengguna. “Saya sangat membutuhkan ini untuk [diperbaiki] secepat mungkin. Tolong bantu saya karena saya benar-benar membutuhkan semua gambar dan preset itu. ”

“Saya telah berbicara dengan layanan pelanggan selama [lebih dari 4] jam selama 2 hari terakhir dan semenit yang lalu mereka memberi tahu saya bahwa masalahnya belum ada perbaikan dan foto yang hilang ini tidak dapat dipulihkan,” tulis pengguna lain. “[Lebih dari 2] tahun pengeditan foto hilang begitu saja karena Adobe dan yang mereka berikan hanyalah permintaan maaf.”

Adobe sejak itu telah mengatasi masalah ini dengan respons yang lebih formal, sebagian besar mengulangi pernyataan perwakilan layanan pelanggan dan mengingatkan pengguna bahwa mereka masih dapat memulihkan beberapa pekerjaan yang hilang dengan menggunakan cadangan mereka sendiri – yaitu, jika pengguna menyimpannya untuk memulai (yang mana banyak yang tidak).

Menurut beberapa Redditor, Adobe telah menawarkan langganan gratis selama 7 hari sebagai kompensasi bagi pengguna yang terpengaruh.

Adobe bukanlah satu-satunya perusahaan di sektor fotografi yang salah mengelola data pengguna. Baru-baru ini, Canon harus meminta maaf kepada pengguna setelah bug mengakibatkan hilangnya banyak gambar dan file yang disimpan di layanan cloud-nya.

Leave a Reply

Send this to a friend