Valve Dan AMD Bicarakan Kompatibilitas Steam Deck Dengan Windows 11

Valve Dan AMD Bicarakan Kompatibilitas Steam Deck Dengan Windows 11

NESABAMEDIA.COMValve mengatakan bahwa tidak ada kemungkinan yang menyebut bahwa pengembangan Steam Deck tidak akan kompatibel untuk Windows 11 saat diluncurkan nanti. Mengingat mereka juga telah membicarakan soal generasi sistem operasi Windows berikutnya yang bisa berfungsi dengan baik di Steam Deck. Namun meski demikian, ada sejumlah masalah kompatibilitas potensial yang bisa saja muncul sejak Microsoft mengumumkan Windows 11. 

Masalah utamanya adalah kebingungan soal versi Trusted Compatibility Module (TPM) mana yang diperlukan untuk memasang Windows 11 di perangkat pengguna. Health Check Tool sebelumnya menunjukkan banyak sekali perangkat pc yang tidak kompatibel dengan Windows 11.

“Ada upaya untuk meninjau kembali TPM sekarang. Kami sangat fokus pada Windows 10 sejauh ini, sehingga kami belum benar-benar melakukannya untuk Windows 11. Harapan kami adalah kami bisa memenuhi persyaratannya,” ungkap desainer Steam Deck, Greg Coomer. 

Namun semua itu tidak hanya bergantung pada Valve saja selaku pembuat Steam Deck, tapi juga tergantung pada pihak AMD. Sebab mereka adalah pembuat silikon kostum yang menjadi jantung Steam Deck, yakni Zen 2/RDNA 2 APU. AMD sendiri sudah memastikan sampai dengan ke tingkat fundamental bahwa teknologi barunya telah siap untuk Windows 11. 

“Sebelumnya juga sudah ada pembicaraan dengan AMD. Untuk memastikan, pada tingkat BIOS, kami mampu. Jadi tidak ada indikasi bahwa nanti akan ada masalah tertentu dengan Windows 11,” tambahnya. 

Ini adalah sebuah kabar baik, bagi para pengguna Steam Deck yang ingin mengganti Steam OS 3.0 dengan sistem operasi baru dari Microsoft yakni Windows 11. Namun dari apa yang terlihat sejauh ini, dan dari apa yang dijelaskan Valve sebelumnya, secara personal memang tidak yakin mengganti sistem operasi tersebut adalah hal yang bijak. 

Jika Valve memiliki tujuan utama yakni menyediakan konsol gaming yang bisa bekerja dengan baik dengan Steam, maka lebih baik untuk tetap menggunakan Steam OS sebagai sistem operasinya karena masalah kompatibilitas. 

Terlebih, Steam OS versi 3.0 sendiri juga memiliki antarmuka dan suasana yang baik dan nyaman dalam sebuah konsol gaming. Itu adalah pengalaman yang sangat sulit ditemukan jika menggunakan Windows 11.

Leave a Reply

Send this to a friend